PNS alias Pegawai Negeri Sipil jadi salah satu profesi yang tetap diminati sampai hari ini.  Tingginya antusiasme pendaftar setiap ada pembukaan lowongan calon Pegawai Negeri Sipil baru jadi bukti betapa masih menggiurkannya profesi ini. Maklum, selain trek hidup yang sudah pasti, status PNS juga membuat si empunya dilimpahi berbagai fasilitas

Namun, sebenarnya bukan cuma kemapanan dan kenyamanan yang membuat profesi satu ini berbeda. Ada banyak kualitas yang dimiliki mereka para pelayan masyarakat yang membuat mereka layak dicinta. Ketika seorang cewek PNS singgah di hatimu, kamu patut bersuka cita karena ia memiliki sekian kelebihan yang membuatmu merasa beruntung sudah mendapatkannya…

1. Proses tes CPNS membutuhkan keuletan dan kesabaran. Mendapatkan cewek macam ini artinya kamu mendapatkan dia yang tak mudah patah semangat

Gigih dalam mengejar impian dan mencapai tujuannya via www.sisidunia.com

Jika kamu memilih dia, itu artinya kamu memilih wanita yang kuat dan gigih. Ia pantang menyerah dalam memperjuangkan hidupnya dan hal-hal yang dicintainya. Terlihat dari keuletannya mengikuti ujian CPNS yang bertubi-tubi, bahkan mungkin tidak hanya sekali.

Demi impiannya ia rela terus bertarung dengan ribuan peserta lain dari satu periode ujian ke periode berikutnya jika perlu demi cita-cita dan masa depannya. Nampak bahwa ia adalah wanita yang ulet dan gigih.

2. Perjalanan dari CPNS ke PNS juga panjang dan berliku. Kesabaran dan ketabahannya gak perlu lagi membuatmu ragu

Advertisement

Ia mengerti bahwa hidup melalui sebuah proses termasuk dalam karirnya via www.harsindo.com

Cewek PNS telah terlatih untuk menjadi pribadi yang tabah dan sabar. Cobaan yang panjang tidak membuatnya mudah patah arang dan mengeluh. Buktinya adalah kekuatan batinnya saat menunggu proses CPNS.

Tidak hanya ujian yang sulit dan saingan yang berat, ia masih harus menghadapi proses yang luar biasa panjang dan bahkan bisa memakan waktu lebih dari 1 tahun. Apalagi mereka yang mulai dengan menjadi tenaga honorer, beuuuh kesabaran dan dedikasinya tak bisa kamu sepelekan.

3. Kalau sama negara aja setia, bukankah kemungkinan besar dia juga setia sama pasangan yang dipilihnya?

Setia mengabdi kepada apa yang sudah dia percayai via www.setneg.go.id

Tak usah kamu ragu dengan kesetiaan cewek PNS. Ia adalah wanita yang menghargai komitmen dan janji. Lihat saja dedikasinya setelah dilantik menjadi Pegawai Negeri, ia akan mengabdi pada negara sesuai dengan sumpahnya di hadapan kitab suci.

Bayangkan kesetiaannya ketika kalian berdua sudah mengikat janji suci.

4. Jadi PNS berarti masuk ke institusi yang jauh dari kata serampangan. Hidupnya teratur dan penuh kedisiplinan

Disiplin dan patuh pada peratuan tertanam dalam dirinya via m.tribunnews.com

Kamu akan sulit menemukan sisi urakan dan sembrono dalam dirinya. Ia adalah gadis yang telaten dan patuh. Sifat baik ini tertanam juga selama menjadi bagian dari aparat negara. Sebagai PNS, tentu ia harus terbiasa untuk menjadi tekun, disiplin dan taat peraturan.

5. Menghadapi beragam orang dari berbagai latar belakang dan usia, cewek PNS dilatih jadi mudah berbaur di berbagai suasana

Membaur dengan berbagai lapisan masyarakat bukan problem buatnya via humas-pemkabhsu.com

Sehari-hari mengabdi dalam sektor pelayanan masyarakat otomatis membuat dia menjadi pribadi yang terbuka dan ramah. Mudah bersosialisasi untuk menjangkau rakyat, dan juga terlatih untuk bekerja dalam sebuah tim besar. Tidak heran kalau akhirnya manfaat itu terbawa dalam wataknya, menjadikannya wanita yang santun dan supel. Tak lupa cocok juga sebagai partner tim-mu dalam menyongsong masa depan kalian.

6. Gak perlu takut dia gak punya waktu untuk keluarga. Profesi PNS cukup fleksibel untuk menyeimbangkan antara karir dan kewajiban sebagai wanita

Meski bekerja, tetap ada waktu untuk keluarga via inet.detik.com

Jangan salah, meskipun dia adalah wanita yang memilih karir namun bukan berarti dia tidak akan sempat mengurus keluarganya. Jam kerja PNS yang relatif lebih singkat dan tak terlalu banyak waktu lembur dibanding dengan perusahaan swasta atau bisnis di sektor lain, memberinya cukup banyak waktu baginya untuk mengurus rumah tangga atau orang-orang yang dicintainya.

Dia adalah wanita yang dapat menyeimbangkan antara cita-cita dan cinta.

7. Sekarang lembaga negara mulai berbenah jadi makin bersih dan terbuka. Akuntabilitas yang diyakini juga pasti terbawa ke hubungan kalian berdua

Jujur dan terbuka adalah salah satu keunggulannya via riauone.com

Jujur adalah salah satu kualitas utama yang dituntut untuk ada dalam diri setiap pengabdi negara. Selalu amanah dan transparant dalam menjalankan kewajiban adalah kunci utama sebagai seorang PNS yang teladan. Tidak heran kalau akhirnya dia juga merupakan sosok yang sangat menghargai kejujuran. Kepada lembaga negara dan masyarakat aja dia jujur, apalagi sama kamu?

8. Penghasilan sebagai PNS itu cukup sih…tapi gak berlebihan. Cewek-cewek PNS biasanya ulet kalau suruh cari sumber pemasukan tambahan

Punya usaha mandiri di samping kesibukan utama adalah bukti dia tak mudah putus asa via skpd.batamkota.go.id

Kita semua tahu bahwa gaji pegawai negeri memang tidak (seharusnya) berangka fantastis, tetapi cukup untuk menyokong kehidupan sang pegawai dan keluarga. Namun tidak bisa dipungkiri, beberapa dari kita memang memiliki kebutuhan yang berbeda dengan orang lain.

Cewek PNS biasanya tidak pendek akal; untuk menunjang pemasukan tak jarang mereka juga mengembangkan bisnis sampingan yang bersih, jujur dan tidak menghabiskan terlalu banyak waktu. Berdagang kecil-kecilan atau kegiatan koperasi sering mereka tunaikan. Selain menunjukkan semangatnya, wanita seperti ini juga menunjukan bakatnya dalam berwira usaha.

9. Gak perlu takut dia susah diajak hidup sederhana. Digodok di dalam institusi negara bikin matanya terbuka untuk menjalani hidup yang bersahaja

Sederhana dan menghargai setiap usaha adalah jalan hidupnya via www.bsn.go.id

Sebagai pengabdi masyarakat, PNS selalu dihimbau untuk hidup sederhana dan merakyat. Diingatkan untuk tidak dibutakan oleh glamornya kehidupan yang didapat dengan merugikan orang lain.

Tak heran kalau akhirnya cewek PNS sudah terbiasa untuk tidak berpikiran tamak, tidak neko-neko dan menghargai segala sesuatu yang bisa didapatkan dengan kerja keras. Meski sederhana yang penting bahagia, karena kemewahan dunia bukanlah segalanya.

10. Punya penghasilan, waktu kerjanya fleksibel, tetap punya kesempatan berkembang — apa lagi coba yang kurang?

Meski hidup sederhana namun kesejahteraan keluarga tetap dijamin negara via bolmonghumas.wordpress.com

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, gaji PNS memang bukanlah gaji dengan angka yang istimewa. PNS juga diminta untuk selalu hidup sederhana. Namun bukan berarti ia tidak dapat menjamin kesejahteraan orang-orang yang disayanginya.

Sebagai PNS ia mendapatkan tunjangan yang cukup untuk kesehatan dan kesejahteraan anak-anaknya. Suami juga dibantu dengan jaminan kesehatan dari pemerintah. Semua dapat dimanfaatkan ketika keluarganya benar-benar membutuhkan. Jadi meskipun hidup apa adanya, namun keselamatan dan kesejahteraan keluarga tetap terjaga.

Itulah tadi sekelumit kebaikan yang bisa kamu buktikan dalam diri seorang cewek PNS. Ternyata selain karena karir yang relatif lebih stabil, ada banyak sifat-sifat baik yang patut dikagumi dari sosok Pegawai Negeri Sipil.

Nah tuh….cewek PNS jangan sampai lepas!

Kredit gambar andalan: sekdiluk38anggaan.wordpress.com