Selama ini banyak sekali artikel yang menulis tentang cowok yang harus menjaga perkataannya ke cewek. Karena hati cewek yang lembut dan cenderung sensitif. Seakan cewek adalah salah satunya makhluk yang harus dijaga perasaannya. Dan stigma tentang cowok adalah seseorang yang selalu bisa menyakiti perasaan cewek yang sensitif.

Semua orang lupa, bahwa cowok juga punya perasaan. Perasaan cowok juga bisa terluka jika ada kata-kata dari cewek yang menyinggungnya. Jadi daripada saling menuntut, bukankah lebih baik saling menjaga perkataan. Agar baik cowok maupun cewek tak saling menyakiti. Toh bukankah hubungan itu sesederhana saling menghargai?

1. Kalimat “Udahlah, kamu nggak bakal ngerti!” hanya akan membuat seorang cowok merasa kecil. Di matanya kamu dinilai nggak lagi menghargai

Kamu nggak bakal ngerti! via thoughtcatalog.com

Cewek selalu mempunyai alasan kenapa dia seharusnya bisa lebih dihargai ketimbang cowok. Namun kalau kamu ingin hubunganmu tetap terjaga, tolong hindari kalimat seperti ini. Kalimat ini bisa membuat cowok jadi rendah diri. Kamu akan dianggap merendahkannya sekali.

Padahal di sisi lain, cowok ingin tahu benar dan lengkap tentang apa yang sedang terjadi. Jika cowok banyak bertanya, itu tandanya ia ingin lebih mengerti. Jangan merendahan dengan mengatakan cowok nggak bakal ngerti.

2. Menyebut cowokmu dengan ucapan “Kayak cewek banget sih kamu” itu bisa dianggap sebagai pelecehan

Advertisement

Kayak cewek banget sih via www.eagerheartsphotography.com

Di mana pun nggak bakal ada cowok yang suka ketika dirinya disamakan dengan cewek. Penyamaan cewek dengan hal ini adalah bentuk pelecehan dari ceweknya. Ada sikap atau perangai dari si cowok yang dinilai ceweknya nggak mencerminkan cowok banget. Namun percaya atau tidak, cowok bisa sakit hati lho dengan ucapan ini. Sehalus apa pun cewek mengatakannya, cowok bakal merasa itu sebagai sebuah pelecehan.

3. Sekali dua kali bicara “Terserah!” mungkin bisa ditoleransi. Tapi ketika kamu keseringan bilang itu, cowokmu lama-lama bakal kesal sendiri

Kata ini sudah diketahui secara umum masuk dalam kamus bahasa kaum cewek. Saking sepelenya kata “terserah”, kamu bisa sangat mudah sekali untuk mengatakannya. Entah itu ketika mengalami kebingungan seperti saat ditanya “Mau makan di mana?”, “Mau jalan ke kemana?”, atau bisa saja menjadikannya jawaban dari ketidakpuasan atau kekesalan kamu terhadap cowokmu.

Tapi coba kurangi ngomong “Terserah”. Coba untuk sampaikan pendapatmu dengan baik. Semuanya bisa dibicarakan dengan baik-baik kan? Alih-alih sering ngomong “Terserah”, bukankah lebih baik kamu bilang apa yang sebenarnya kamu inginkan. Cowok bukan pembaca pikiran dan nggak bakal tahu apa mau cewek jika nggak pernah disampaikan.

4. Jangan bawa-bawa kalimat “Dasar anak mami!” ketika kamu marah sama cowokmu. Bisa jadi cowokmu sayang banget sama ibunya, dan nggak terima dengan ucapanmu

Anak mami banget sih via www.eagerheartsphotography.com

Cewek pasti suka cowok yang dewasa. Namun di sisi lain, cowok pasti punya sisi manjanya. Dan buat para cewek, semanja apa pun seorang cowok, jangan pernah menyebut dia “Anak mami”. Dia bisa dengan mudah tersinggung. Cowok punya sisi di mana dia sayang terhadap ibunya. Sehingga, ucapan ini akan beruju konflik.

5. Ini sudah jadi ilmu pasti kalau setiap cowok nggak senang kalau dibanding-bandingin. Cewek juga ngga suka kan kalau dibilang “Mantanku dulu nggak pernah gini kok,”

Mantanku nggak pernah kayak gini via laurenlovephotography.com

Membandingkan pacarmu dengan cowok lain jelas sebuah ide buruk. Hindari sebisa mungkin supaya nggak menyinggung cowokmu. Membandingkan dengan cowok lain saja bisa tersinggung, apalagi kalau dengan mantanmu, seperti “Mantanku dulu nggak begini”. Pasti sangat menyakitkan. Cowok mana sih yang senang mendengar kisah asmara masa lalu dari ceweknya.

Cewek juga nggak bakal mau kan kalau dibanding-bandingin sama mantannya cowoknya. Balik lagi, keduanya harus mau saling menghargai.

6. “Kamu bisanya apa sih?!” adalah ucapan yang meremehkan. Cowok bisa dengan mudah merasa direndahkan

Kamu bisanya apa? via laurenlovephotography.com

Sebagai manusia, kamu pasti mengerti kalau cowok pun sama kayak kamu. Ada kalanya dia kadang tak selalu paham atau selalu bisa menghadapi suatu hal. Kamu mesti menjaga ucapan yang meremehkan, seperti “Kamu tuh nggak bisa apa-apa!”. Di sisi lain, bisa jadi cowokmu sudah berusaha mati-mati dan memberikan yang terbaik.

7. Kalau konteksnya bercanda, cowok pasti bisa terima. Namun ketika dia sedang serius dan menjelaskan sesuatu padamu, jawaban “Bodo amat!” jelas bikin tersinggung

Bodo amat via www.logancoleblog.com

Ini merupakan ungkapan yang sangat umum bagi seseorang untuk mengatakannya dalam berbagai situasi. Dalam konteks bercanda, cowokmu mungkin bisa menilai biasa saja. Namun ketika cowokmu sedang berada dalam keadaan serius, dan kamu malah mengatakan hal tersebut, jangan bingung kalau mimik wajahnya berubah. Kata “Bodo amat” dan sejenisnya bisa dengan mudah menyinggung cowokmu. Nggak pernah ada yang senang ketika ada orang berkata nggak peduli tentang sesuatu atau seseorang yang sedang dibicarakan cowokmu.

Cewek sering memposisikan dirinya sebagai sosok yang selalu benar, dan di mata cowok, itulah hal yang menyebalkan. Menyakiti cowok ternyata bisa semudah lewat kalimat-kalimat sepele tersebut. Para cewek jangan lupa, di balik raganya yang kuat, cowok juga masih punya hati.