Setiap kisah cinta seseorang, selalu punya jalan yang berbeda-beda. Ada yang berjalan mulus, namun banyak yang berbelok-belok tanpa kejelasan serta ada yang langsung menikah. Dan, setiap kisah cinta dari seseorang yang kita temui pasti banyak inspirasi yang menghiasi.

Berangkat dari sini, Hipwee Hubungan mengajakmu untuk belajar dari perjuangan pasangan-pasangan ini. Mereka adalah orang-orang yang mau tetap bertahan dan setia, meski cobaan datang mendera. Jika selama ini Hipwee Hubungan banyak menulis tentang arti mempertahankan hubungan dengan orang yang tepat atau bertahan demi berjuang bersama pasangan, maka mereka adalah bukti nyata.

1. Kamu harus belajar banyak dari kesetiaan Habibie. Hingga akhir hayat setia menemani Ainun

Kangen Bu Ainun. Yang sabar ya Pak Habibie via idntimes.com

Ainun, dasar kamu gendut, hitam. Kayak gula Jawa!

BJ Habibie, Presiden ke-3 Republik Indonesia yang patut diacungi jempol kesetiaan cintanya pada pasangan, yaitu Hasri Ainun Habibie. Menikah pada 12 Mei 1962 dan dikaruniai 2 orang putera Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie. Hasri Ainun setia pada Habibie dari masa Habibie hanya seorang pegawai biasa di H Messerschmitt-B lkow-Blohm, sebuah perusahaan penerbangan yang berpusat di Hamburg, Jerman. Hingga menjadi Presiden.

Advertisement

:((( via idntimes.com

Namun, kesetiaan cinta mereka juga teruji saat Ainun terkena kanker ovarium stadium 4 dan harus dirawat di Jerman. Selama Ainun koma, dan harus menjalani 12 kali operasi. Habibie tidak pernah sekalipun tidak menemani Ainun. Saat Ainun berpulang dan hingga sekarang, Habibie masih tetap setia datang ke makam Hasri Ainun Habibie setiap hari Jumat hanya sekedar mengganti bunga dan menyirami air untuk makam Ainun.

Yassin :(( via tribunnews.com

2. Kisah cinta legenda musik Indonesia, Iwan Fals-Yos. Terbilang cinta nekat dari sang ‘Bento’

Saya masih ingat, waktu itu Yos pakai topi kayak Pak Tino Sidin. Dia kan anak Seni Rupa. Topinya juga banyak benderanya, senang aja lihat dia kayak laki-laki. Ditambah lagi, sejak pertama bertemu, dia sudah memberi perhatian pada saya. Iwan Fals via dadooishop.blogspot.co.id

Pada tahun 70’an, saat Iwan Fals sedang mengikuti Festival Musik Humor di IKJ (Institut Kesenian Jakarta). Ia tampil solo memainkan gitar dan harmonika. Sementara Yos, yang mahasiswi jurusan Seni Rupa di kampus tersebut, adalah salah seorang panitia festival. Saat melihat wajah Yos pertama kali, Iwan langsung jatuh cinta. Uniknya, saat sedang dilanda mabok asmara pada Yos, dengan sigap Iwan segera memperjuangkan cintanya. Meskipun saat itu Iwan masih duduk dibangku SMA, tak masalah baginya memacari anak kuliahan atau lebih tua. Begitu lulus, Iwan langsung mengikuti jejak Yos yang kuliah di IKJ. Niat Iwan justru bukanlah untuk kuliah, namun hanya ingin memacari Yos.

Setelah 2 semester berjuang mendekati Yos, akhirnya Yos pun luluh dan mau menerima Iwan yang saat itu masih penyanyi panggung-panggung kecil. Akhirnya, setelah 3 tahun berpacaran, tahun 1980 Iwan dan Yos memutuskan untuk menikah. Pernikahan merekapun dikaruniai 3 orang anak. Galang Rambu Anarki, Annisa Cikal Rambu Bassae, dan Raya Rambu Rabbani.

Perjuangan rumah tangga mereka diuji, saat anak sulung mereka Galang Rambu Anarki meninggal pada 25 April 1997. Masa itu merupakan masa paling berat bagi Iwan Fals dan Yos. Namun mereka memilih untuk tidak larut dalam kesedihan tersebut. Kini keluarga kecil mereka bisa kembali bahagia dengan kehadiran dua buah hati, adik-adik Galang.

Keluarga yang paling berharga, adalah keluarga via 3.bp.blogspot.com

3. Reny mengajarkan para wanita untuk tak pantang menyerah menemani pasangan berbenah diri. Seperti dia yang setia pada Bimbim Slank saat berjuang keluar dari jerat narkoba

Duh, yang sayang istri~ via kompas.com

Bimo Setiawan Almachzumi atau akrab dipanggil Bimbim Slank, adalah pentolan grup musik Slank. Slank merupakan band besar Indonesia, karya-karya Slank sedari 1980-an banyak mempengaruhi musik rock n roll di Indonesia era itu. Hingga tahun 90’an peredaran narkoba masuk ke Indonesia di kalangan pemusik, tak terkecuali band Slank. Bimbim pun salah satu penggunanya.

Sementara kala itu, Reny adalah salah satu Slankers die hard. Suatu hari, Reny mengunjungi markas besar Slank di gang potlot untuk minta tanda tangan personil Slank. Begitu melihat Reny, Bimbim langsung terpikat. Kemudian mengajak Reny untuk liburan bersama Slank. Nah, dari sanalah cinta mereka bersemi.

Menikah dengan Bimbim, menjadi cobaan bagi Reny. Mengapa? Karena Bimbim pengguna narkoba yang akut. Tidak bisa hidup tanpa narkoba. Hari awal-awal menikah dengan Bimbim, membuat hidup Reny seperti di neraka. Namun, karena keteguhan cinta dan ketegasan Reny agar Bimbim bisa keluar dari jerat narkoba, maka dengan sekuat tenaga, Reny melakukan apapun, termasuk menyembunyikan obat-obatan terlarang dari kamar Bimbim. Patut diacungi jempol!

4. Cinta beda budaya dan beda bahasa. Presiden pertama kita pernah lho!

Kalau jaman Bung Karno mah, ini cantik banget via old.uniknya.com

Bung Karno adalah satu-satunya Presiden Indonesia yang pernah menikah dengan warga negara lain, yaitu Jepang.

Yes. Naoko Nemoto atau Ratna Sari Dewi adalah istri ke-5 Bung Karno. Dewi menikah dengan Bung Karno pada tahun 1962 ketika berumur 19 tahun dan mempunyai anak yaitu Kartika Sari Dewi Soekarno. Dewi berkenalan dengan Bung Karno lewat seorang relasi ketika Bung Karno berada di Hotel Imperial, Tokyo.

Menjelang redupnya kekuasaan Soekarno. Nah, dari sini kita bisa menyadari, bahwa Bung Karno sudah ngajarin kita kalau menikah dengan warga negara lain bukanlah hal haram, Justru saling menguatkan kedua budaya negara tersebut.

5. Zaskia Sungkar dan Irwansyah adalah salah satu dari sekian pasangan yang tak juga dikaruniai anak setelah bertahun-tahun menikah. Mereka mengajarkan kita tentang makna berjuang bersama pasangan

Menikah sejak tahun 2011, pasangan seprofesi ini hingga sekarang belum juga dikaruniai seorang anak. Namun meski begitu, hal tersebut tidak mengurangi kemesraan Zaskia Sungkar dan Irwansyah. Mereka tetap menjadi pasangan yang layak dijadikan relationship goals anak muda. Tak banyak drama, namun mampu mempertahankan keharmonisan.

Masa 5 tahun menikah yang tak juga ada tanda-tanda kehadiran buah hati, membuat mereka memiliki lebih banyak waktu untuk berkarya. Saat ini Zaskia lebih banyak dikenal sebagai desainaer pakaian muslim, yang karya-karyanya sudah mulai mendunia. Terbukti pakaian rancangannya sudah banyak yang dipamerkan dalam beberapa kali event peragaan busana di London dan Paris.

Hingga kini, mereka tak putus asa. Segala upaya pun tetap mereka lakukan untuk mendapatkan momongan. Dan yang lebih bikin salut lagi, Irwansyah begitu setia terhadap istrinya ini. Salut!

Perjuangan kisah cinta masing-masing orang memang tidak bisa disamakan. Setiap pasangan memiliki perjuangannya sendiri-sendiri. Namun pasangan-pasangan ini sudah mampu membuktikan, seberat apapun cobaan yang menerpa tak akan mampu menggoyahkan pondasi cinta yang kuat.