Pasca putus, ada beberapa hal yang sering dilakukan para cowok, meskipun putusnya hubungan dilakukan secara baik-baik. Salah satunya adalah stalking atau kepoin si mantan.

Bisa jadi ini dikarenakan kebiasaan yang masih belum bisa hilang, apalagi kalau kamu belum lama putus. Tapi, kalau satu tahun sudah lewat sejak kalian putus, pasti ada sesuatu di balik kebiasaan stalking si mantan yang tidak kunjung hilang.

Sebenarnya baik cewek ataupun cowok punya kebiasan yang satu ini. Kali ini kita obrolin alasan cowok dulu, yuk!

1. Kadang masih kangen aja. Padahal udah nggak cinta

Wajar kalau kadang tiba-tiba aja kangen pacar

Wajar kalau kadang tiba-tiba aja kangen mantan via www.jendelaberita.com

Kangen? Hmm, kemungkinan besar sih ini. Banyak cowok yang masih belum bisa melupakan si mantan, meskipun waktu sudah berlalu berbulan-bulan, atau bahkan sampai tahunan. Pastinya, memiliki seseorang untuk disayang-sayang dan bisa memberikan perhatian lebih karena cinta adalah sesuatu yang menyenangkan. Kalau mantanmu punya kualitas dan sifat seperti itu, tidak heran kalau kamu masih kangen dengannya meskipun hubungan kalian sudah tidak lagi bisa diteruskan.

Advertisement

Dulu, waktu kamu kangen, kamu tinggal kirim pesan lewat WhatsApp atau LINE, atau telpon si dia. Setelah putus, yang kamu bisa lakukan cuma memandangi foto-foto dia di Instagram, membaca kicauan dia di Twitter, atau mengirimkan pertanyaan secara anonim di akun Ask.fm punya si mantan. Aduh.

2. Ngakunya stalking cuma karena perasaan. Padahal sebenarnya masih sayang

Mungkin masih sayang tapi gak mau ngaku

Mungkin masih sayang tapi gak mau ngaku via baikhidupkita.files.wordpress.com

Alasan ini biasanya berhubungan dengan alasan sebelumnya: kangen. Mengapa kangen? Karena kamu masih sayang sama dia. Ini adalah salah satu alasan yang paling umum, apalagi kalau putusnya hubungan kalian masih segar di ingatan. Alasan ini makin diperkuat kalau bukan kamu yang minta putus, tapi si dia.

Karena kamu masih sayang itu lah mengapa kamu masih suka kangen sama si mantan. Pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti “Dia baru sibuk apa ya akhir-akhir ini?” atau “Dia sudah tidur belum ya?” adalah pertanyaan yang sering mendorong cowok untuk kepoin si mantan karena si cowok sudah tidak bisa lagi bertanya secara langsung seperti dulu waktu masih berpacaran.

3. Nggak terima diputusin, jadi sampai sekarang masih pengen tahu kabar

gak teriman karena pisahnya gak enak

gak teriman karena pisahnya gak enak via 1.bp.blogspot.com

Lho? Kok bisa?Iya, bisa. Ingatlah bahwa tidak semua akhir dari hubungan asmara dilakukan dengan baik-baik. Ada juga pasangan yang putus karena, misalnya, si cewek ketahuan selingkuh atau si cewek ternyata hanya ingin memanfaatkan si cowok karena uangnya alias matre.

Kalau seperti itu ceritanya, ya tidak mengherankan kalau kamu masih suka stalking si mantan. Biasanya sih, karena kamu penasaran seperti apa kehidupan si mantan setelah putus dari kamu. Pertanyaan semacam “Cowoknya dia sekarang siapa, sih? Cowok yang dipacarin waktu masih sama aku?” atau “Cowok mana lagi yang sekarang dia manfaatkan?” mungkin yang sering jadi motivasi buat kamu untuk kepoin si mantan lewat Instagram atau Twitter.

4. Ada cowok yang ngerasa salah karena udah nyakitin. Dia ngerasa harus ngecek terus 

Rasa bersalah kadang bikin kita pengen stalking mantan lo

Rasa bersalah kadang bikin kita pengen stalking mantan lo via media-sms.com

Ini justru kebalikan dari alasan yang sebelumnya: karena si cowok lah yang jadi penyebab berakhirnya hubungan percintaan. Apalagi kalau si mantan minta putus sambil menangis karena terluka hatinya atau sedih.

Duh, cowok mana sih yang tega kalau melihat cewek nangis? Apalagi kalau si cowok juga membayangkan bagaimana rasanya jika yang sedang menangis adalah adik atau kakaknya. Biasanya, alasan untuk stalking mantan karena perasaan bersalah dan khawatir apakah si cewek sudah baik-baik saja atau masih galau, dan si cowok merasa tidak enak kalau harus menghubungi si cewek.

Kalau begini kejadiannya,jangan ulangi kesalahan yang sama saat kamu sudah menemukan pasangan baru, ya!

5. Yang paling sering jadi alasan ya karena penasaran. Nggak abis-abis deh cowok kalau soal ini

Ya penasaran aja.....

Ya penasaran aja….. via www.shutterstock.com

Alasannya boleh bermacam-macam, tapi kalau disimpulkan, jawabannya adalah satu: penasaran. Kebiasaan stalking adalah salah satu penyebab kamu tidak bisa move on dari si mantan, apapun alasannya. Alangkah baiknya kalau kamu mau terima keputusanmu atau si mantan untuk mengakhiri hubungan dan fokuskan perhatianmu untuk menjalani kehidupanmu sendiri. Belajarlah dari kesalahan di masa lalu dan pastikan kamu tidak akan mengulanginya lagi nanti.

Nggak apa-apa kalau kamu begini. Banyak juga kok cowok yang merasakan hal yang sama….