Komunikasi adalah salah satu pilar suksesnya suatu hubungan. Jika komunikasi berjalan lancar dan tepat, hubungan akan berjalan layaknya sungai yang mengalir teduh. Sebaliknya, jika komunikasi tersendat bahkan karena masalah salah ucap, miskomunikasi dan semacamnya bisa jadi membawa hubungan pada jurang yang paling dalam, atau kita biasa menyebutnya; putus. Kalau sudah begini lalu bagaimana sih mengeksekusi komunikasi biar hasilnya baik dan positif?

Jawabannya nggak semudah yang dibayangkan, namun secara praktikal bisa dilakukan oleh semua orang, terutama cowok. Kenapa cowok menjadi pelaku utama komunikasi ini, karena tak lain dan tak bukan, biasanya menariknya sebuah obrolan itu berakar dari topik yang dipilih cowok dan bagaimana dia melakukannya. Untuk berjaga-jaga biar komunikasi lancar dan nggak sering berseteru dengan pasangan, para cowok harus hindari beberapa hal ini. Karena cewek sering nggak suka dan bisa sakit hati karenanya. Simak yuk!

1. Jangan sekalipun menanyakan perubahan penampilannya, karena memang untuk hal ini lebih baik kamu memujinya

“Kamu tumben cantik? Dandan ya? Biar apa?” via unsplash.com

Setidaknya pujian buat bisa membuat hatinya senang. Karena dia bersolek pun ya memang untukmu seorang.

2. Mempertanyakan baju kesayangan yang sering dipakainya sah-sah saja, tapi jangan begini juga, “Kamu nggak ada baju lain apa? Pakai baju itu terus?!”

Baju yang itu-itu saja via unsplash.com

Advertisement

Kalau kamu bosan melihatnya sering mengenakan baju yang sama, kan diberi masukan baik-baik bisa. Bukan langsung mengatakan, dia tak punya baju lain.

3. Menyangsikan rasa sayangnya ke dirimu, cuma karena dia akrab dan baik hampir ke semua orang

“Kalau emang temen biasa, kenapa kamu seneng banget sih?” via unsplash.com

Toh selama dia menghargaimu sebagai pasangan, kenapa harus mempertanyakan perasaan atau rasa sayangnya. Dan kamu harusnya ikut membaur dengan orang-orang yang akrab dengannya.

4. Menasehati kebiasaan belanja cewekmu seperti membeli barang yang menurutmu sama pun jangan sampai buatnya terpojokkan

“Kamu beli barang ini lagi? Kayaknya sering banget beli kayak gini? Percuma” via unsplash.com

Namanya juga cewek, kadang kalau sudah belanja suka khilaf dan lupa segala sesuatunya.

5. Memintanya merubah penampilan, padahal harusnya kamu membimbing dia untuk memperbaiki. Sebab tomboi atau feminin itu bagian dari jati diri

“Ubah gayamu lah… jangan kayak cowok gitu lah” via unsplash.com

Terlalu egois kalau kamu memintanya mengubah penampilan demi kamu seorang. Terlalu egois pula dirinya kalau memintamu menerima dia apa adanya. Sebab hubungan yang baik itu memang harus ada usaha keduanya untuk selalu memperbaiki diri masing-masing.

6. Karena kecemburuan cewekmu yang kadang melipir ke teman-temanmu sendiri tak perlu ditanggapi dengan emosi, tak perlu juga membela salah satunya

“Mereka lebih tahu dan lebih kenal aku duluan ketimbang kamu lho…” via unsplash.com

Karena memang tak ada yang benar atau salah yang perlu dibela. Dan aslinya cewekmu sedang butuh perhatian lebih saja darimu.

7. Karena tak semua cewek itu materialistis, jadi buat apa mempertanyakan lagi alasan dia menerimamu walaupun kamu bukan ‘orang berduit’

“Kenapa kamu mau sama aku sih, aku kan nggak tajir, aku kayak gini doang” via unsplash.com

Lagipula mencintai atau menyayangi seseorang itu kadang tak perlu sebuah alasan.

8. Jangan sampai terlalu sering memuji wanita yang sama di depan cewekmu, kalau tak ingin dia berpikir yang macam-macam dan sedih diam-diam

“Pevita Pearce cantik banget ya, Yang?” via unsplash.com

Normal memang mengakui kecantikan seseorang wanita selain pasanganmu. Tapi jangan berlebihan juga, sebab ada perasaan yang harus kamu jaga.

9. Setomboi apapun cewek, dia tetap mengerti cara untuk merawat diri. Jadi kamu tak perlu repot memintanya untuk perawatan ini itu.

“Kamu nggak mau ke salon, nggak mau perawatan lucu gitu, Yang?” via unsplash.com

Jangan cuma karena jerawat satu lalu kamu menganggapnya tak peduli dengan kecantikan. Karena jerawat itu salah satu hal yang manusiawi, kalau cuma satu pun pertanda kalau kulit cewekmu ini sehat dan normal.

10. Saat cewekmu dalam proses belajar memasak, jangan pernah bilang makanannya tak enak, cari kata-kata lain seperti “Kayaknya ini kurang garam, Yang…”

“Rasanya kok beda sama yang biasa kita beli di jalan ya… ini asin banget, Yang. Kamu yang masak?” via unsplash.com

Biar cewekmu tak lantas minder atau menyerah, kamu pun jangan pernah mengatakan makanan buatannya tak enak.

11. Jangan pernah merenggut cita-citanya. Toh selama itu baik, kamu harusnya bisa jadi pendukung tebaik yang dia punya.

“Besok kalo kita nikah, kamu nggak usah kerja, jagain anak aja ya di rumah?” via unsplash.com

Karena cewekmu sama seperti kamu yang punya cita-cita selangit, yang berharap pasangannya bisa jadi pendukung terbaik untuk menggapai semua impiannya.

12. Jangan bandingkan dia dengan ibumu, mantanmu, temenmu atau bahkan siapa pun

Karena setiap orang itu berbeda, termasuk dia cewek yang katanya kamu sayang via unsplash.com

13. Jangan mengentengkan atau memandang masalah dengan sebelah mata. Kalau memang harus dibicarakan langsung, kenapa harus ditunda?!

“Kamu kalau ada masalah sepele aja pasti didramatisir deh…” via unsplash.com

Kamu pun harus bisa mendengar pendapat cewekmu. Karena menyelesaikan masalah itu perlu sebuah kesepakatan dari pendapat yang berbeda.

Kalau bukan karena komunikasi, nggak mungkin kalian bisa menjalin hubungan. Apalagi di zaman yang serba instan ini, kirim pesan ke pasangan aja cuma hitungan detik, beda banget sama zaman dulu. Pada intinya, dengan semua kemewahan gawai yang ada di zaman modern ini baiknya kalian gunakan untuk berkomunikasi dengan bijak.

Sering kali kalian menyepelekan walau sekadar chatting dan telepon, padahal dari situ kelihatan mana hubungan yang baik dan mana hubungan yang nggak ada geregetnya. Penting banget menjaga komunikasi bersama pasangan, bukan sekadar basa-basi tapi dilaksanakan dengan niat dan kenikmatan yang kamu yakini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya