Pasangan nggak akan datang begitu aja. Seorang perempuan mau bersanding denganmu karena kamu punya sesuatu yang berharga untuknya. Karena itu, kita tak bisa mencari pasangan dengan mental tabula rasa alias blank slate. Kamu harus punya kualitas-kualitas tertentu, agar perempuan yang tepat bisa bersanding di sampingmu

Kualitas apa sajakah itu?

1. Cowok harus punya modal. Karena cinta dan rasa nyaman cuma bisa bikin keturunan, nggak cukup buat bikin kenyang

Harus punya modal

Jangan negatif dulu, modal itu tidak selalu berupa uang. Kamu bisa mengartikan bahwa modal disini ialah hal yang dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu yang dapat menambah kemapanan. Kamu harus tahu di mana letak sesuatu itu dalam dirimu. Kamu pasti tidak akan datang dengan tangan kosong saat mengajukan lamaran pekerjaan atau presentasi di kelas, bukan? Jadi kenapa berani melamar anak orang atau mengajak serius tanpa modal?

2. Berkepala dingin juga salah satu kualitas idaman. Saat ada salah paham, dia tetap bisa jadi “batu penenang”

Advertisement

Perempuan tidak semuanya pandai berbicara. Laki-laki pun tidak semuanya pandai mendengar. Karena itu, kesabaran dalam berkomunikasi mutlak dibutuhkan. Ketika ada salah paham, pihak laki-laki tidak lantas naik pitam. Sebaliknya, dia tetap bisa jadi batu penenang. Ketika situasinya sudah lebih reda, dia tahu bahwa diskusi sudah siap dilanjutkan.

3. Meski laki-laki, dia tak sembarang dalam berlaku. Tak bisa dibayangkannya untuk berkata tak sopan padamu

Masih banyak laki-laki yang merasa punya hak untuk berkata-kata tidak sopan tentang — atau kepada — perempuannya. Mentang-mentang lelaki, dia mungkin merasa paling punya kuasa. Saat sedikit marah atau bahkan hanya berbincang ringan, tiba-tiba kata-kata kotor atau ejekan keluar.

Ambil sedikit waktu untuk belajar kembali bagaimana caranya berbicara di depan perempuan. Jika kamu mendambakan perempuan yang berkelas, logis ‘kan untuk mulai berlaku sopan dari diri sendiri?

4. Gerak-geriknya menandakan bahwa ia hidup dengan tujuan. Ia bukan bocah kemarin sore yang masih tak tahu bagaimana dirinya bisa berkembang

Laki-laki yang tidak punya tujuan dalam hidupnya sama seperti jalan tol yang tidak juga menunjukkan plang bertuliskan ‘Exit’: lurus dan membosankan. Laki-laki yang menarik adalah yang punya tujuan hidup. Ia tahu untuk apa ia bekerja di tempatnya yang sekarang. Ia tahu kenapa ia mengambil jurusan kuliah yang ini, dan bukan yang itu. Ia tahu apa yang ingin ia wujudkan dalam waktu tiga, empat, lima bulan. Dan tentunya, ia tahu kenapa ia membutuhkan dan menyayangimu sebagai pasangan.

5. Rendah hati dan jujur jadi prinsip yang selalu dia junjung

Apakah pentingnya kualitas ini susah dimengerti? Seharusnya tidak, jika kamu sudah membaca dan sampai kepada tahap ini tandanya kamu sudah mengerti bahwa kedua hal ini ialah perlu. Perempuan membutuhkan suatu gambaran dalam hidupnya, kenapa ia harus percaya pada laki-laki yang mendampingi hidupnya. Dan hanya laki-laki yang menjunjung prinsip jujurlah yang layak dipercaya.

6. Ia tahu perempuan seperti apa yang tepat untuknya. Dan begitu menemukannya, ia tak akan mudah melepaskannya

Kedewasaan seorang laki-laki pun dapat dinilai dari bagaimana dia memilih perempuan. Cermat dan cerdaslah dalam hal ini, karena tidak semua perempuan akan menjadi pendamping serasi. Pilih perempuan yang kamu yakini dapat memberikan kamu harga yang pantas untuk semua kualitas yang sudah kamu bangun. Cukuplah mawas diri untuk tidak mendekati perempuan yang kamu anggap tidak memiliki hidup berkualitas, hanya karena kamu ingin mengubahnya menjadi (apa yang kamu pikir) “lebih baik”. Selain percuma (seseorang tak akan berubah kecuali dia mau sendiri, bukan?), bukankah dia juga yang lebih tahu apa yang baik untuk hidupnya?