Apa salahnya punya banyak mantan? Dengan segala kerendahan hati, punya banyak mantan berarti memiliki segudang pengalaman yang bisa dibagikan. Kadang kita curiga kepada orang-orang, terutama cewek yang memiliki begitu banyak mantan, orang-orang yang sempat mengisi hati. Sebenarnya nggak selamanya buruk, jangan dikira mereka senang dan bahagia, justru karena kegagalan-kegagalan ini terkadang hidup jadi semakin menyedihkan.

Tapi untungnya mereka yang memiliki banyak mantan dibekali jiwa yang ringan untuk merombak hati bersinar lagi, cepat pulih dari rasa sakit itu. Mereka adalah cewek yang butuh pendamping dalam hidup, sekalinya ditinggal, mereka mungkin bisa hidup tanpa arah dan itu cukup menakutkan. Meski begitu kadang mereka jadi korban kecurigaan pikiran cowok yang terlanjur skeptis karena punya banyak mantan. Daripada selalu menaruh curiga terus-terusan baiknya kita pahami mereka lewat beberapa curahan hati mereka ini di bawah ini!

1. Mencari pasangan untuk masa depan, bukan perkara mudah, harus ada kecocokan. Karena hati dan perasaan tak bisa dipaksakan

Nggak mudah, semua dilewati dengan beban, ganti pasangan pun perlu keberanian… via unsplash.com

Kalau memang sudah nggak cocok dan dipaksakan, bukan kebahagiaan yang akan mengakhiri namun hanya kelelahan dan waktu yang terbuang. Meski nggak semuanya sia-sia namun ada saatnya di mana kita harus rela berpisah dan membuka kesempatan untuk hati yang lain.

2. Mengenal lebih banyak karakter dan belajar banyak tentang kegagalan. Semua soal pelajaran hidup supaya kelak mantap jalani yang lebih serius

Sebuah petualangan yang berikan banyak pelajaran berarti… via unsplash.com

Advertisement

Memang di belakang sana, di waktu yang sudah berlalu itu ada banyak kegagalan dan kesalahan yang lahir dalam hubungan. Dari situ mata air pengalaman dan pelajaran hidup semakin menempa manusia berpikir lebih tajam dan lebih baik lagi. Bukan berarti ini semua soal hubungan dan asmara, barangkali para mantan itu telah memberikan pandangan beda dalam hidup, yang baiknya disimpan jika berguna untuk menjalani hidup ke depannya.

3. Jangan dihitung dari jumlahnya, tapi seberapa banyak kami berbagi kebahagiaan. Walau berakhir putus, toh semua pasti ada hikmahnya

Ada kebaikan meski harus berulang kali jatuh dan ditinggalkan… via unsplash.com

Apa yang salah dari berbagi kebaikan dengan sesama manusia, kalau pun berakhir menyakitkan, semua yang sudah dijalani tak akan sia-sia. Ada pahala yang tercatat, ada batu yang bisa jadi pijakan selanjutnya. Bukan nggak mungkin, cowok-cowok yang pernah menjalin hubungan dengannya bersyukur karena dapat pelajaran berharga.

4. Ini bukan tentang senangnya gonta-ganti pasangan, ada rasa sakit yang kami bawa terus menerus saat harus gagal mempertahankan hubungan

Beneran deh nggak semudah yang kalian bayangkan… via unsplash.com

Bukan berarti setiap menapaki hubungan yang baru, mereka bergitu saja melupakan kesedihan dan kegagalan sebelumnya. Justru nggak jarang ingatan akan kegagalan dan kesedihan itu terbayang jelas, sementara tanpa pasangan seolah hidup jadi tak tentu arahnya.

5. Paling tidak kami tahu penyebab kegagalan-kegagalan ini, dari situ kami belajar untuk memperbaiki

Untuk masa depan yang lebih baik lagi… via unsplash.com

Mereka yang pernah singgah di hati, masing-masing telah memberi kegagalan. Di situ ada pemantik semangat untuk mengubah diri jadi lebih berarti, mengubah sikap agar kesalahan serupa tak terulang lagi. Hari depan tentunya akan diisi dengan hubungan yang baru, di sini akan diuji seberapa besar pengaruh pelajaran-pelajaran yang didapat dari para mantan terkasih.

6. Suatu saat cinta dan perpisahan akan sangat lucu jika diingat, terkadang mantan juga jadi tempat terbaik untuk curhat dan menjalin persahabatan

Mantan yang selalu asyik buat persahabatan… via unsplash.com

Tak selamanya cinta dalam hubungan berakhir menikah dan berumah tangga. Mantan yang telah ditinggalkan sekarang menjelma jadi kawan-kawan yang lucu, tempat curhat paling menarik dalam naungan kenangan yang tak kalah lucunya. Meski kadang awalnya bermusuhan setelah berpisah, ada juga mereka yang baik hatinya dan selalu memberi perhatian, ya, layaknya sahabat terbaik.

7. Kami telah melalui semua masalah dan kesedihan, dengan senang dan hati terbuka kami ingin berbagi pengalaman ke kawan dan kerabat dekat

Untuk persahabatan, berbagi pengalaman biar semakin erat… via unsplash.com

Dengan ringan hati, semua pengalaman dan pelajaran berharga ini akan dibagikan. Bukan menggurui, tapi sekiranya pengalaman-pengalaman ini bisa membantu teman-teman dan saudara untuk jadi lebih sigap dalam hubungan. Bukan tak mungkin juga karena hubungan yang berulang kali gagal kita bisa jadi lebih dekat dengan Tuhan, keluarga dan kawan-kawan dekat.

Karena dalam hidup, dengan usaha manusianya, Tuhan akan menggariskan dan merestui seseorang untuk berjodoh dengan kita. Jadi, apa salahnya memilih selagi kita punya kesempatan? Umur masih teramat muda, sebelum terlanjur tua tanpa pilihan yang tepat, baiknya berusaha selagi dikasih kesempatan. Untuk mereka cewek-cewek yang punya banyak mantan, sudah saatnya melemahkan dendam menghapus kecurigaan negatif kepada mereka.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya