“Aku nggak pinter-pinter banget masak sih, tapi kalau disuruh, ya nggak bakal nolak.”

“Ada tas lucu, beli ah… Eh tapi sayang uangnya, mending ditabung aja kali ya?”

“Mulai banyak debu di kamar, saatnya bersih-bersih!”

Kategori istri idaman itu memang relatif. Nggak semua cowok suka cewek yang hobi masak, dan hanya karena seorang cewek punya hobi full makeup, dia nggak bakal ditinggal sama cowoknya juga.

Tapi, 10 poin di bawah ini tentu bakal membuat seorang cewek jadi pribadi yang lebih baik dari rata-rata. Semoga 10 poin di bawah ini juga mewakili pemikiranmu tentang kriteria istri idaman, ya. Eh, dari 10 poin ini, mana saja yang sudah kamu atau pasanganmu punya?

1. Jika kamu melihat orangtuamu sibuk di dapur, tanganmu “gatal” ingin membantunya.

suka masak bareng ibu via popsugar.com

Mungkin kamu memang belum begitu pandai memasak, tapi rasa ingin tahumu sangat tinggi dan kamu suka mencari-cari resep baru di majalah untuk dieksekusi bersama orangtua atau teman-temanmu weekend ini. Saat sudah menjadi istri nanti, kamu adalah partner memasak yang menyenangkan di dapur. Kalian nggak akan mengandalkan mie instan dan makanan penuh pengawet karena kamu dan suami selalu bisa menyajikan makanan yang sehat untuk rumah tangga!

2. Melihat anak kecil menangis adalah “bencana” buatmu! Kamu ingin langsung menggendongnya dan bilang, cup…cup…cup…

Advertisement

cup…cup…cup jangan nangis ya dek.. via huffingtonpost.com

Saat kamu sedang di jalan atau di dalam mall, kamu gusar sendiri saat melihat anak kecil menangis tanpa henti. Walaupun kamu tahu anak kecil tadi sedang digendong ibunya, tapi tetap saja, kamu berniat untuk menenangkan dan menggendongnya. Ada insting keibuan yang membuatmu penasaran untuk merawat anak tersebut hingga dia merasa nyaman. Teman atau saudaramu melahirkan buah hati baru? Kamu yang paling semangat jadi Tante baru mereka!

3. Kalaupun kamu tidak suka anak kecil, kamu selalu tidak tega melihatnya menangis.

nggak tega deh ngeliat bayi nangis! via uscatholic.com

“Nggak suka sih sama anak kecil, suka ngompol sembarangan, tapi nggak tega banget ngeliat dia nangis gitu.”

Banyak cewek yang nggak langsung suka sama anak kecil. Tapi kalau ngeliat anak kecil nangis, duh, rasanya langsung pengen menghampiri si anak dan menggendongnya sampai dia tenang, deh! Kamu belum siap jadi ibu sekarang, tapi di masa depan, punya anak adalah sesuatu yang sangat kamu impikan, kok.

4. Sifat penyabarmu sudah terlihat sejak dini, kamu terbiasa menyikapi permasalahan dengan kepala dingin.

hadapi apapun dengan kepala dingin, udah biasa tuh via virtualshelley.com

Lain dengan teman-temanmu yang melulu update status di sosial media tentang hubungannya yang baru putus atau pasangannya selingkuh. Kamu justru lebih kalem dalam menyikapi hal-hal semacam itu, kamu bukan tipe pengumbar masalah dan curhat sana-sini soal kegalauanmu.

Sifat ini sangat dibutuhkan ketika kamu sudah menjadi seorang istri. Malu dong kalau berantem dikit sama suami, langsung update status dan nyebarin isu rumah tanggamu ke sana-sini? Apalagi, kalau sudah tinggal satu rumah begitu, hal-hal kecil aja bisa jadi masalah lho!

5. Pergi ke supermarket, matamu langsung tertuju pada deretan buah-buahan dan sayuran segar di sana.

bukan beli parfum, malah belinya buah-buahan via gettyeimages.com

Tujuanmu ke supermarket mau membeli parfum dan body lotion, tapi saat deretan buah-buahan dan sayuran terpampang, kamu langsung ke sana dan malah lupa membeli parfum serta body lotion yang menjadi tujuan utamamu. Hehe.

6. Tidak ada kata “manja” dalam kamus hidupmu! Mandiri adalah sebuah keharusan.

manja, no way! via tellyouall.com

Jika masih bisa melakukan sesuatu sendiri, kamu anti meminta bantuan orang lain. Kamu bukan tipe cewek yang…

“Sayang, anterin aku beli makan yuk…”

Padahal jarak warung makan dan tempatmu hanya 2 rumah saja.

7. Ruangan yang kotor dan berantakan adalah musuh terbesarmu!

ruangan berantakan? Iyuuh banget! via www.mirror.co.uk

Kamu yang menganggap bahwa ruangan yang kotor dan berantakan adalah musuhmu, berarti kamu menyadari betul bahwa kuman dan penyakit bisa bersarang di ruangan yang demikian. Kan nggak lucu, kalau tiba-tiba kamu atau orang-orang terdekatmu gatal-gatal gara-gara tungau yang ada di sofa. Iyuuuhh!

8. Kamu siap keluar rumah dengan dandanan praktis dan rapi. Yang penting pantas dilihat orang.

terbiasa tampil sederhana via eharmony.com

Walaupun pergi kondangan atau acara resmi, kamu bukan tipe orang yang ribet. Cukup mix and match dress dan tas yang kamu punya, kamu sudah merasa percaya diri tanpa berlama-lama di ruang makeup.

9. Daripada buat melengkapi koleksi tas dan sepatu, kamu lebih senang jika uangmu ditabung.

daripada beli tas mending buat nabung deh via classyratchet.com

Kamu selalu bijaksana dalam mengatur keuanganmu sendiri. Kamu selalu bisa menahan diri untuk membeli barang-barang yang tidak begitu kamu perlukan. Prinsipmu adalah, “kebutuhan dan keinginan itu berbeda.”

10. Jika kamu sudah memiliki pasangan dan pasanganmu sudah bekerja, kamu bersedia dengan tulus untuk menjadi partner-nya.

jadikan pasanganmu sebagai partner dari sekarang! via huffingtonpost.com

Menjadi partner bukan berarti membantunya bekerja di luar dan berada di satu kantor. Kamu bisa memposisikan peranmu sebagai tempat ia berbagi dan penemu solusi terbaik baginya. Kamu adalah tempatnya meminta pendapat tentang dilema-dilema yang dia hadapi setiap hari. Dan hingga tua nanti, kamu siap jadi partner hidup terbaik untuk dirinya. Menjadi seseorang yang membuatnya jatuh cinta, lagi dan lagi.

Dari 10 hal di atas, yang mana saja yang sudah kamu miliki?