Cinta mengajarkanmu banyak hal tentang kehidupan. Salah satu proses belajar bisa kamu dapatkan dari putus cinta yang menjadi salah satu fase dalam kehidupan yang pasti dialami banyak orang. Di kata ‘putus’ itulah kamu baru menyadari arti mencintai seseorang. Setelah putus pun kalian harus melewati proses yang tidak mudah. Ada aktivitas yang biasanya kalian habiskan bersama, kini harus berjalan sendiri-sendiri.

Dibalik putus cinta itu, ada banyak pelajaran yang bisa kamu pahami. Mungkin kamu tidak sadari, tapi lewat proses itu kamu belajar banyak hal tentang arti kehidupanmu. Apa saja?

1. Dari proses patah hati, kamu belajar ikhlas melepaskan orang yang kamu sayangi

Ikhlas melepas dia

Ikhlas melepas dia via galleryhip.com

Sulit rasanya melawan fakta bahwa kamu dan dia sudah tidak bersama. Biasanya setiap hari kamu berkomunikasi dengan dia, tapi kini kamu harus menjalani hari-hari tanpa dia. Berat rasanya, tapi ini fase yang harus kamu hadapi: belajar untuk merelakan perpisahan ini.

Memang susah untuk merelakan hubungan asmara yang sudah kamu bina. Tapi, apa daya, kalian sepakat untuk berpisah dan kalian harus belajar untuk merelakan keadaan yang ada.

 2. Kamu jadi sadar hidupmu bukan hanya tentang dia, life must go on

Advertisement
Life goes on!

Life goes on! via www.lovethispic.com

Hidup itu terus berputar seperti roda. Jangan habiskan waktumu hanya menyesali keadaan yang ada. Menghabiskan waktu meratapi putusnya hubunganmu bisa membuatmu lupa dengan sekitarmu. Ingat, hidupmu bukan hanya tentang mantan kekasihmu, masih ada sahabat dan keluarga yang membutuhkanmu.

3. Putus cinta membuatmu lebih bijak untuk menjalin hubungan selanjutnya

bijak membina hubungan selanjutnya

bijak membina hubungan selanjutnya via www.lovewallpaperhd.net

Sadarkah kamu bahwa putus dari kekasih membuatmu lebih bijak?

Menyudahi hubungan dengan dia, itu sudah menjadi salah satu langkah terberani yang kamu lakukan dalam hidupmu. Ada rasa yang harus dibayar dari perpisahan itu. Galau berbulan-bulan, nangis di depan teman, dan mengenang semua kenangan bersama si mantan, menjadi suatu pengalaman yang harus kamu hadapi. Selanjutnya, kamu bisa lebih bijak dalam memilih pasangan hidupmu. Kamu tidak mau mengalami kegagalan cinta untuk kesekian kalinya.

4. Karena dia belum digariskan untuk hidupmu,kamu jadi tahu bahwa masih banyak hal-hal baik lain yang tengah menunggu

masih ada yang menunggumu

masih ada yang menunggumu via sadmanstongue.com

Untuk menemukan siapa yang pantas untuk mu, ada kalanya kamu harus menjalin hubungan dengan dia yang rasaya tidak pantas untukmu. Setelah putus, kamu pun tersadar ternyata masih ada yang lebih baik dari dia yang dulu. Masa lalu menjadi pengalaman hidupmu dan ada saatnya kamu bertemu dengan masa depanmu.

5. Pengalaman gagal dalam bercinta sesungguhnya kembali menumbuhkan kepercayaan dirimu

gagal menjalin cinta bisa membuatmu semakin percaya diri

gagal menjalin cinta bisa membuatmu semakin percaya diris via www.popularphotographybiz.com

Ada satu pertanyaan yang harus kamu tanyakan ke dalam dirimu: Selama kami bersama, apakah aku bebas menjadi diriku sendiri?

Jangan pernah untuk merubah dirimu hanya untuk kesenangan orang lain. Menjadi diri sendiri adalah hal yang paling penting dalam hidupmu. Jangan biarkan putus dari mantan kekasih merubah dirimu menjadi pribadi yang tertutup dan kamu malah menjauhi teman-temanmu.

kegagalan dalam berhubungan akan membuatmu sadar ada banyak kesempatan yang belum bisa kamu ambil saat kamu dan dia bersama. Ini saatnya kamu raih segala kesempatan yang ada. Tidak ada lagi orang yang akan melarangmu ini-itu. Ini waktunya kamu fokus membahagiakan dirimu sendiri. Memperbaiki penampilan atau mulai mencari teman baru bisa menolongmu untuk mengembalikan self-esteem yang sempat pudar. Pada akhirnya, kamu sadar kamu menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

6. Kesendirian membuatmu sadar, sendiri ternyata tidak selalu sama dengan kesepian

masih ada sahabat yang menemanimu

masih ada sahabat yang menemanimu via www.vergemagazine.co.uk

Ini saatnya kamu untuk berjalan sendiri tanpa kekasih hati. Nikmati kesendirianmu! Jangan pernah merasa bersalah karena kini kamu berstatus single. Toh, sendiri juga bukan suatu yang menakutkan. Tidak ada hukum yang mengatur tentang status kesendirianmu. Kalau banyak orang mempertanyakan kesendirianmu, abaikan saja. Nantinya mereka akan berhenti mempertanyakan itu.

Bepisah dari dia juga membantumu untuk belajar menjadi pribadi yang mandiri. Kalau sebelumnya kamu selalu meminta tolong dia untuk mengantarkanmu ke tempat kerja, kini tidak ada salahnya kamu pergi sendiri. Nikmati perjalanan kesendirianmu. Lakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan sebelumnya!

Sendiri bukan berarti kamu harus merasa kesepian. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengusir kesepianmu. Habiskan waktu bersama keluarga dan temanmu bisa jadi pengusir rasa sepi di hati. Kamu pasti merasakan kebahagiaan yang tiada tara saat melepas penat bersama mereka.

7. Dari putus cinta kamu menyadari, hidup selalu penuh kejutan. Masih ada hal-hal tak kalah baik yang menanti di depan.

hidup itu terus berputar dan berjalan

hidup itu terus berputar dan berjalan via www.twistingspokes.com

Putus cinta hanyalah salah satu kejutan yang terjadi dalam hidupmu. Awalnya kamu berharap hubunganmu bertahan untuk selamanya, tapi di tengah-tengah perjalanan, hubungan kalian harus berakhir. Harapan tinggi untuk terus bersama, runtuh seketika. Semuanya tinggal angan-angan, yang ada hanyalah kenangan bersama mantan.

Itulah hidup. Akan ada saatnya kamu merasakan romansa yang berbunga-bunga, tapi ada saatnya awan gelap melanda hubunganmu dan dia. Awan gelap berubah menjadi petir ketika kata ‘pisah’ atau ‘putus’ dilontarkan salah satu dari kalian. Bagai petir yang menyambar di siang bolong, kamu dan dia menatap hubungan kalian yang kini kosong.

8. Putus cinta memang menghancurkan, namun ia bukanlah akhir dari segalanya

akan ada akhir yang bahagia

akan ada akhir yang bahagia via www.borrowedandblue.com

Camkanlah: putus cinta itu bukan akhir dari segalanya. Gagal menjalin hubungan menjadi satu tahap yang harus kamu lewati untuk menemukan cinta sejati. Masih banyak di luar sana yang memperhatikanmu, mungkin ini belum waktu yang tepat untuk mu bersama dia. Akan ada saatnya kamu menemukan sosok yang pantas untuk mengisi hatimu dan menjadi pendamping hidupmu.

 “Sometimes we need to forget some people from our past because of one simple reason: they just don’t belong in our future.” —Anonymous

Setiap manusia akan merasakan yang namanya mencintai dan dicintai. Namun, manusia tidak bisa mengontrol apa yang akan terjadi di hubungan percintaannya. Kegagalan dalam bercinta jangan dijadikan alasan untukmu jatuh terpuruk dan melupakan dunia sekitarmu.

Justru dengan pernah merasakan perpisahan dengan dia yang kamu sayangi, kamu akan belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Ingatlah: DIA pasti sudah menyiapkan seseorang untukmu!