Hubungan yang terjalin di usia dewasa, rasanya terlalu naif kalau hanya membicarakan cinta saja. Cinta nyatanya tak cukup untuk membawa kenyamanan dalam hubungan. Apalagi jika kamu dan dia memang ingin hidup bersama selamanya.

Lebih dari rasa cinta, seharusnya ada hal-hal lain yang memang harus saling diberikan dengan sukarela. Supaya hubungan kamu dan dia tetap berjalan ‘aman’. Tanpa banyak upaya, kamu berhak mendapat hal-hal ini darinya. Kalau cowokmu sekarang sudah memberikan hal-hal ini tanpa diminta, maka kamu layak bertahan dengannya.

Setidaknya dia membuatmu mengerti apa yang sedang kamu perjuangkan.

1. Selalu ada rengkuh untukmu mengucap keluh. Bahkan di saat air matamu mulai luruh

Selalu ada rengkuh hangat via dylandsara.com

Kadang kamu terlalu keras menempa diri untuk menjadi mandiri. Sampai kadang lupa bahwa kamu punya batas kemampuan. Saat perjuangan yang kamu upayakan mati-matian terasa berkali-kali lipat lebih berat, disitulah kamu menemukan rengkuh darinya. Di sana, kamu dengan bebas mengucapkan keluh atas segala hal yang kamu rasakan.

Advertisement

Bahkan ketika air matamu mulai luruh. Dia bergeming mendampingimu. Sampai setidaknya beban di pundakmu sedikit demi sedikit menguar di udara, hingga tak ada lagi tersisa. Dia tak pernah keberatan kehilangan waktunya sebentar saja untuk memberikanmu pendampingan di saat kamu berada di titik terendah.

Dia jelas bukan pria yang akan memberimu permata. Namun penerimaan darinya yang membuat sosoknya jauh lebih berharga.

2. Dia membuatmu punya peran penting dalam hidupnya. Selalu pendapatmu yang pertama kali diminta

Menurutmu gimana Yang? via www.logancoleblog.com

Menurutmu gimana yang?

Kalimat ini yang selalu menjadi andalannya saat ia dihadapkan pada banyak pilihan. Pria ini tak gegabah dengan langsung mengambil pendapat sesuai dengan keinginannya. Dia selalu berupaya agar kamu terlibat disana. Pendapat darimu selalu yang ia pertimbangkan pertama kali, bahkan tanpa kamu paksa.

Dia sadar, hidup berdua nantinya adalah tentang saling berkompromi. Dia juga membuatmu menjadi pribadi yang kritis dengan berani menyuarakan pendapatmu sendiri. Pria ini jelas tahu betul cara membuatmu begitu berharga.

3. Dia yang mengajakmu istirahat sejenak. Saat kamu mulai payah menghadapi masalah

Sini duduk sama aku dulu.. via dylandsara.com

Masalah bagi dia kadang bukan menjadi hal yang harus dipikirkan hingga kepala hampir pecah. Ketika kamu sering tenggelam dalam kepanikan saat masalah menyerang, dia yang menggenggam tanganmu agar kamu tetap tenang. Lalu mengajakmu duduk sebentar menikmati senja, menyuruhmu istirahat sejenak. Setidaknya sampai isi kepalamu bisa tenang.

Dia tak ikut menjadi api saat kamu layaknya bom yang hampir meledak. Dia selalu menawarkan kenyamanan dan membuatmu tenggelam hingga terbuai ke sorot dalam matanya. Apa yang dia lakukan, kamu selalu menemukan ketenangan disana.

4. Kamu sering dibuat terpana, dia ingat semua detail cerita yang pernah kamu sampaikan

Dia mendengar cerita dengan saksama via dylandsara.com

Dia seringnya terlihat tidak mendengarkan setiap cerita yang kamu sampaikan. Sikapnya yang slengekan tak jarang membuatmu kesal. Kamu sudah panjang lebar dan penuh dengan semangat bercerita, namun dia hanya menanggapi sekenanya dengan menjawab “oh gitu”.

Tapi di lain hari kamu dibuat terkejut. Tiba-tiba dia menanyakan hal yang pernah kamu ceritakan berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan yang lalu. Tanpa kamu sangka dia ingat dengan baik detailnya. Membuatmu diam-diam menyesal pernah begitu kesal pada dia.

Karena sebenarnya, dia memperhatikanmu dengan saksama. Dia menghargaimu dengan cara berbeda.

5. Pria ini tak pernah sesumbar. Namun selalu berani datang dengan kepastian

Berani datang dengan kepastian via dylandsara.com

Ketika ditanya mau dibawa kemana hubungan kalian ini, dia memang selalu menjawab “nanti”. Tapi anehnya, kamu tak merasa digantung tak pasti. Kamu percaya, ada rencana besar yang memang sedang dia upayakan. Ia memilih berjuang tanpa banyak bicara. Dibandingkan sesumbar tanpa makna, pada akhirnya dia berani datang dengan kepastian.

Jawaban “nanti” yang dia berikan bukanlah jadi penghalang. Tapi menjadi caranya untuk membuatmu bersabar sedikit lagi saja.

6. Kamu boleh saja menyebalkan saat PMS datang, namun ia tetap mengecup keningmu mesra

Mengecupmu mesra bahkan saat kamu menyebalkan via laurenlovephotography.com

Kamu boleh saja berubah menjadi cewek menyebalkan saat PMS menyerang. Kamu merasa jadi punya alasan menyalahkan dia, hanya karena merasa tamu bulanan sebentar lagi datang. Dia yang tak salah apa-apa, tiba-tiba menjadi samsak tinju yang bebas kamu pukuli sekeras mungkin.

Namun dia memilih tak ambil pusing atas sikapmu yang menyebalkan setiap satu bulan sekali ini. Daripada harus balas mengomelimu, dia lebih memilih tetap mengecup keningmu mesra. Hingga membuatmu tersipu malu, di tengah hormon yang sedang tidak stabil. Dia sukses membuatmu melunak seketika.

7. Kamu dan dia sudah khatam dengan masing-masing kekurangan. Tapi memiliki lebih banyak alasan untuk bertahan

Punya beribu alasan untuk bertahan via www.logancoleblog.com

Mungkin menjadi hal yang mudah ketika jatuh cinta dengan seseorang setelah tahu seluruh kelebihannya. Namun tetap bertahan saat kamu dan dia saling khatam dengan kekurangan masing-masing, pada kenyataannya bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Dan ketika dia memilih bertahan setelah tahu kamu adalah pribadi yang gampang meledak saat emosi, mungkin cintanya sudah dalam sekali. Dia memang memiliki alasan untuk pergi meninggalkan saat merasa kekuranganmu tak lagi bisa ditoleransi. Tapi jika dia memilih tetap bertahan, itu artinya dia memiliki lebih banyak alasan untuk tetap berada di sisimu.

Kamu boleh tenang saat 7 hal ini sudah dapatkan dengan cuma-cuma. Hidup bersama selamanya dengannya, agaknya bukan keputusan yang berlebihan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya