Hubungan yang sehat jelas menjadi tujuan setiap pasangan. Tetapi hal ini hanya bisa terwujud jika kamu dan dia sama-sama berusaha untuk mewujudkannya. Terkadang, dua kepribadian yang berbeda membuatmu merasakan hal yang tidak semestinya menurut sudut pandangmu sehingga timbul ketegangan diantara kalian berdua. Rasa sayanglah yang dapat membantu kalian menghadapi kesulitan, dan kesabaranlah yang meyakinkan kalian bahwa hubungan ini memang masih layak diberi kesempatan.

Karena itu, memelihara hubungan yang sehat bukanlah hal yang mudah. Jadi jika hal-hal ini yang kamu rasa, berilah ucapan selamat pada diri kalian berdua. Selamat, karena hubungan yang sehat sudah berhasil kalian ciptakan bersama.

1. Saat orang pada umumnya lebih bahagia saat menerima, kamu dan dia selalu ingin saling memberi.

Tak mengharap imbalan via www.etchdwallpapers.com

Hubunganmu dan dia diisi dengan kegiatan saling memberi. Hubungan yang sehat memang bersumber dari kasih sayang pada satu sama lain, dan hal ini membuat kalian merasa tak perlu berpikir panjang dalam memberikan sesuatu atau bersikap baik pada pasangan. Bukan hanya itu, kalian pun percaya bahwa satu sama lain tak akan mengkhianati atau melupakan apa yang sudah diberikan pasangannya padanya. Dengan begitu, kalian bisa lebih legawa untuk saling memberi dan menerima.

Tak ada tuntutan timbal-balik yang tak rasional. Kasih sayang yang ia berikan padamu tulus, hal utama yang diharapkan hanyalah bahagiamu saja.

2. Versi terbaik dari dirimu mampu ia hargai. Tak pernah ia membujukmu berubah menjadi siapa yang bukan dirimu.

Advertisement

Dia menerimamu apa adanya via picslist.com

Dalam hubungan yang sehat, kamu akan bisa menjadi seutuhnya dirumu, tak ada yang ia ingin paksakan darimu untuk berubah menjadi yang ia mau. Karena cinta yang sesungguhnya bukan mengutamakan penguasaan di atas pasangannya. Kamu tak akan merasakan keegoisan dirinya untuk selalu menuruti permintaannya yang bahkan hingga mengubah jati dirimu yang sebenarnya. Semua yang dijalani dalam hubungan yang sehat merupakan penerimaan dalam damai terhadap kelebihan dan kekurangan masing-masing pasangan.

3. Dalam hubungan yang sehat, tak ada rasa bersalah jika tidak melakukan sesuatu. Semua perhatian yang kamu berikan padanya murni buah dari ketulusan hatimu

Tulus dari hati via www.hdwallpapersin.com

Pada hubungan yang tidak sehat, kamu akan dipaksa untuk melakukan sesuatu dengan keterpaksaan hanya karena rasa bersalah yang akan datang jika kamu tak melakukan hal tersebut. Rasa bersalah mendadak menjadi pengontrol sikapmu dan dia dalam menjalankan hubungan cinta. Berbeda jika kamu dalam hubungan cinta yang sehat, kamu akan merasa bahwa melakukan kebaikan atau memberikan sesuatu pada kekasihmu merupakan sesuatu yang kamu inginkan dari hati. Memang kamu ingin menyenangkan hati kekasihmu yang sangat kamu sayangi itu. Hubunganmu akan terisi dengan ketulusan dalam sikap dan tak ada keterpaksaan dalam melakukannya.

4. Rahasiamu aman di tangannya. Ada bagian dari dirimu yang selamanya bersemayam dengannya — dan ia menghormatinya.

Dia akan selalu menjaga rahasiamu via udn.com

Kamu dan dia saling memperlakukan rahasia masing-masing selayaknya dokumen rahasia negara. Semua rahasiamu akan ia lindungi bahkan kepada orang-orang terdekatnya. Tak ada satupun pula privasi hubungan kalian yang jatuh ke telinga orang lain. Akan berbeda jika kamu dalam hubungan yang tidak sehat, rahasiamu bukanlah suatu hal yang penting baginya, bahkan sekali waktu ia pernah menjadikannya lelucon di depan orang lain. Tak hanya itu, tak jarang pasanganmu pun menceritakan hal pribadi hubunganmu pada orang lain seperti bagaimana kalian berpelukan pertama kali dan sebagainya.

5. Tak ada rasa dendam usai pertengkaran. Masalah diusut tanpa harus saling menyalahkan.

Pertengkaran salah satu cara untuk mempererat hubungan via www.nanaye.blogfa.com

Dalam hubungan yang sehat, pertengkaran antara pasangan justru merupakan jalan bagi mereka untuk makin memperbaiki diri masing-masing demi mempererat hubungan di masa depan. Tak ada rasa dendam ingin membalas menyalahkan atau bahkan permusuhan yang membuatmu tak berhenti marah padanya. Semua pertengkaran dijalani dengan santun tanpa melukai satu sama lain, dan memanfaatkannya menjadi bahan bakar penguat cinta kalian berdua.

6. Kamu tak perlu mengorbankan mimpi pribadimu untuk membuatnya cinta. Hubungan yang sehat justru akan membantumu dan dia meraih mimpi bersama

Meraih mimpi bersama via fr-fr.facebook.com

Cinta yang murni akan menyatukan dua orang yang berbeda menjadi satu kesatuan yang utuh. Sepasang kekasih dalam hubungan yang sehat akan mendukung satu sama lain dalam meraih semua mimpi dan cita-cita pribadi demi kebaikan masing-masing. Serta memberikan energi yang besar agar orang tercintanya bisa meraih apa yang ia inginkan. Berbeda jika kamu dalam hubungan yang tidak sehat, didalamnya kamu akan merasa dituntut untuk melepas semua mimpimu demi keberlangsungan hubunganmu di masa depan. Bukan tak mungkin sekali waktu kamu akan membatalkan niatmu untuk mendaftar di pekerjaan impianmu yang jauh di luar kota untuk tetap berada di dekat kekasihmu.

7. Kamu dan dia saling percaya, dan tidak mengedepankan prasangka buruk yang berujung cemburu buta

Kamu percaya sepenuhnya padanya via ficbook.net

Kepercayaan dalam hubungan memang sangat penting demi menjaganya tetap dalam jalur hubungan yang sehat. Kamu tak akan mudah terserang prasangka buruk bahwa dirinya melakukan hal yang tidak semestinya di belakangmu. Kamu percaya dia sepenuhnya bahwa dia tidak akan membuatmu kecewa dan sedih. Begitu pula dia yang percaya padamu dan kalian sama-sama saling menjaga sikap agar tak menyakiti satu sama lain. Tak seperti hubungan yang jauh dari kata sehat, di mana prasangka buruk akan dijadikan senjata untuk membuat pasangannya takut dan cenderung mengurung satu sama lain.

Jika kamu sudah merasakan hal-hal di atas, selamat sekali lagi. Tetap bertahanlah dalam hubungan yang saat ini kalian jalani.