Rindu itu manusiawi. Sebab rindu juga membuatmu lebih peka dengan banyak hal di sekitar. Kamu jadi bisa merasakan lamanya detak waktu saat rindu berkunjung. Kamu bisa tahu bagaimana rasa sepi di tengah keramaian membikin pikiranmu sedikit linglung. Bahkan kamu akan tahu bagaimana salah tingkahnya menyikapi perasaan sendiri, ingin marah tapi sendu juga melingkupi. Apapun yang kamu rasakan, rindu memang membuat sedikit frustasi. Mengingat sekali saja rindu hadir, pasti besok-besok pun akan ada lagi dan lagi.

Apalagi kalau kamu sudah lama sekali tak berjumpa dengan dia. Bahkan setiap sudut yang kamu temui bisa saja menghadirkan rindu yang buatmu hampir gila. Sebab rindu seperti hantu, datang di saat-saat tertentu dan dengan tiba-tiba pula. Tapi jangan terburu sedih sendiri, sebab yang merasakan rindu bukan kamu saja. Biar galau atau sendunya sama-sama, ini lho hal-hal sepele yang sering kali mendatangkan rindu kepada kamu, dia, dan semuanya. Sabar ya!

1. Klise, tapi mendung dan hujan memang selalu datang sepaket dengan rindu yang buatmu sendu

Hujan dan rindu via favim.com

Sudah banyak pujangga yang mengatakan, kalau mendung dan hujan paling bisa mempengaruhi suasana hatimu. Dan kata-kata mereka pun diamini oleh kamu serta mereka – para penikmat rindu. Setiap kali langit mulai mendung, kamu sendiri jadi sering termenung dengan pikiran yang mulai berkenalana ke masa-masa tertentu. Masa-masa yang rasanya ingin kamu ulang. Sampai akhirnya hujan datang, dalam ritme rintiknya lah kamu mulai hanyut dengan semua kenangan itu.

Rindu dia…. Kapan ya bisa segera jumpa dan melakukan banyak hal bersama? (sambil menatap jalanan basah, dan mendengar rintik hujan bersama angin dan kadang gemuruh atau petir)

2. Pasangan yang bercengkerama di tempat umum, membuatmu tak pernah bisa menapik rasa-rasa “Duh pengen, jadi rindu juga kan”

Advertisement

Pengen ketemu dia juga via www.logancoleblog.com

Bukannya iri, tapi melihat pasangan berbincang dan bercanda dengan seru di tempat umum selalu membuatmu ingat kebiasaan-kebiasaan saat bersama dia. Sama saja seperti pasangan di depanmu, kalian pun selalu punya obrolan seru yang membuat kamu dan dia tak pernah bosan bertatapan lama. Kalian selalu punya candaan yang bisa jadi wadah kemanjaan antah kamu atau dia. Dan punya momen di mana hanya diam dan cukup merasakan betapa nyamanya ada dia disisimu. Dan saat kamu sadar, kenyataanya dia sedang berada jauh di sana rasa ingin jumpa pun berubah jadi rindu yang sendu.

3. Sewaktu ketemu dengan hal-hal yang dia suka, seketika kamu ingat sekaligus rindu sosoknya

ini kan… :'( via favim.com

Ih, itukan vinyl band favoritnya Didit.

Wah ada mie ayam, jadi kangen Didit. Dia suka banget sama mie ayam, 🙁

Semua tentang dia muncul begitu saja, saat kamu melihat atau bertemu hal-hal yang disukainya. Dan kalau sudah begitu, rasanya kamu ingin sosoknya benar-benar ada di samping kamu sekarang. Biar kalian bisa saling tertawa membahas lagu-lagu yang ada di vinyl itu, atau makan dengan serunya menikmati semangkuk mie ayam hangat. Rindu….

4. Mendengarkan lagu sendu, pada akhirnya buat kamu lagi-lagi rindu

lagunya bikin kangen dia via kitschmix.tumblr.com

Ada yang bilang, kalau nggak mau sering didera rindu, ya jangan sering-sering dengar lagu sendu. Apalagi kalau kamu tahu itu lagu kesukaannya juga. Yah ini sih sama kayak sengaja menceburkan diri ke kolam yang isinya rindu dan rindu melulu.

5. Saat sendiri, dan kamu hanya berdiam diri. Jangan salahkan rindu kalau dia datang mengisi kekosonganmu ini

sepi dan sendiri aku benci! via www.logancoleblog.com

Sepi itu ancaman untukmu. Sebab saat sendiri dan tak sedang melakukan kegiatan apapun yang menyibukkan pikiran, kamu sering kali termenung. Pikiranmu pasti akan bercabang-cabang seenaknya, membuatmu harus melompat dari cabang yang satu ke cabang yang lain. Biasanya pun tak jauh-jauh dengan segala sesuatu tentang dia dan kalian.

Kamu bisa saja seketika berada di ingatan, saat kalian liburan bersama sebulan sebelum berjauhan. Atau saat sosoknya mengajakmu berbincang hal-hal serius tentang kalian kedepannya. Apapun itu, nyatanya kekosongan hanya terisi rindu dan rindu saja.

6. Pergi ke tempat favorit kalian berdua, akan selalu ada memori serta rindu yang terputar di sana

Coba ada dia… via candidkay.com

Kadang memang kamu sendiri yang mengajak rindu datang. Seperti saat kamu sengaja pergi ke sebuah pasar modern favorit kalian berdua. Di sana ada sebuah toko buku dan satu tempat makan yang saling berhadapan. di sudut itu biasanya kalian membicarakan banyak hal. Sambil memakan bakso langganan, kamu dan dia membahas entah buku yang baru saja dibeli, atau menimbang-nimbang setelah ini mau beli buku apa ya. Tapi sayangnya, kali ini kamu hanya duduk sendiri, makan sambil berpikir sendiri.

Ah, coba ada kamu, pasti segalanya lebih seru.

7. Lama tak bertemu, mendengar suaranya saja kadang buat kamu mendadak rindu

kagen…. via favim.com

Hallo, kok kamu diam An….

Iya hallo, aku rindu kamu, Dit.

Hahaha, sabar ya.

Mau bagaimana lagi, rindu memang aneh. Bahkan hanya medengar suaranya saja mendadak kamu rindu sosoknya. Padahal dengar suaranya lewat telepon pun bisa hampir setiap hari. Tapi ya namanya juga udah lama nggak ketemu. Wajar sih, suaranya akhirnya mendorong imajinasimu untuk membayangkan sosoknya.

8. Karena kadang rindu datang sesederhana kamu mengingat namanya

eh inget nama kamu jadi kangen via www.logancoleblog.com

Didit…..

Entah kenapa di tengah kerumunan penumpang kereta, nama itu terlintas begitu saja. Membuat hatimu hangat seketika, karena memang rindu sudah hadir tepat setelah namanya melintas. Sesederhan itulah rindu.

Mau sekuat atau setegar apapun sosokmu, akan tetap selalu ada masanya kamu tak berdaya mencegah rindu datang. Sebab selain manusiawi, rindu itu bagian proses untuk kamu belajar sabar. Bukankah semakin kamu sabar menghadapi rindu, dirmu sendiri akan semakin kuat dan tegar pula menjalani hubungan jarak jauh ini.

Tenang rindu pasti akan terbayar tuntas, saat kalian berjumpa kelak. 🙂

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!