9 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Hubungan Cintamu Tak Lagi Sehangat yang Dulu

Sebagai sepasang kekasih, kamu dan pasanganmu tentu pernah mengalami masa-masa sulit dalam hubungan yang kalian jalani. Ada saat dimana kamu merasa bahwa hubungan yang kalian lakoni tak lagi seindah atau sebahagia dulu. Kamu sibuk mempertanyakan kelanjutan hubungan kalian. Tak jarang, terbersit pula keinginan untuk putus dan mengakhiri hubungan.

Namun, setiap keputusan tentulah harus dipikirkan matang-matang. Bukankah kelak kamu akan menyesal jika saat ini tak berusaha maksimal mempertahankan pasanganmu? Daripada buru-buru meminta putus, tidakkah lebih baik berusaha mengulang kenangan-kenangan bahagia di masa lalu?

1. Hubungan yang hangat akan terjalin ketika kalian sering bersama. Sejenak tinggalkan pekerjaan dan luangkan waktu untuk bicara atau melakukan berbagai aktivitas berdua

Melakukan hobi bersama via www.kaskus.co.id

Seorang kekasih sepatutnya juga bisa menjadi sahabat terbaik dalam hidupmu. Selain waktunya yang tak kurang-kurang untukmu, dia pun bisa memahami dan mengerti maumu. Ketika hubungan kalian mulai renggang, mulailah mengulang kenangan-kenangan indah yang dulu pernah kalian punya.

Advertisement

Mulailah dengan luangkan waktu untuk melakukan berbagai aktivitas bersama. Memasak, jalan-jalan, atau mengakrabi hobi berdua. Kalian pun bisa sekadar duduk berdua dan bicara tentang apa saja; soal film, musik, olahraga, atau hewan peliharaan misalnya. Yang pasti, berbagai aktivitas yang dilakoni berdua pasti membuat kalian lebih dekat dengan kekasihmu.

2. Kalian memang tak harus mengumbar kata-kata mesra yang picisan. Tapi sesekali memuji pasangan bisa jadi cara mudah mengembalikan kehangatan hubungan kalian

Lebih romantis via vk.com

Sikap-sikap yang menghargai pasangan sudah tentu sangat penting bagi sebuah hubungan. Sederhana saja, kamu bisa mulai memuji penampilannya yang memang terlihat sempurna di depanmu. Katakan kalau dia terlihat cantik atau tampan. Tunjukkan sikapmu yang menghargai keberadaannya sebagai seorang pasangan.

Sampaikan pula rasa terima kasihmu padanya karena sudah bersedia jadi pendampingmu dan melewatkan hari-harinya bersamamu. Hal-hal kecil semacam inilah yang akan mengembalikan percikan api kasih sayang dan kehangatan di antara kalian

3. Saling memberikan perhatian adalah tanda paling kentara bahwa kalian sama-sama punya perasaan sayang dan cinta

Dengarkan ceritanya via twitter.com

Kasih sayang dan cinta ibarat modal utama ketika kalian ingin punya hubungan cinta yang berhasil. Perasaan sayang dan rasa cinta yang dalam itu biasanya diwujudkan dengan cara memberikan perhatian pada pasangan. Bagi mereka yang benar-benar mencintai, tentu haram hukumnya meremehkan atau mengabaikan kebutuhan pasangan.

Tak harus kamu bertemu dengannya setiap hari, tapi perhatianmu tetap bisa diwujudkan dalam berbagai cara. Sekadar mengirim SMS menanyakan apakah dia sudah makan atau mengucapkan selamat tidur pun bisa jadi bentuk perhatian yang nyata. Saat dirinya butuh teman berbagai keluh kesah dan cerita, usahakan kamu punya waktu untuk jadi pendengarnya yang paling setia.

4. Perselisihan bisa jadi hal yang wajar dalam sebuah hubungan. Setelahnya, pasti ada pelajaran berharga yang bisa kalian resapi bersama

Pahami kekasihmu via www.youtube.com

Tak ada suatu hubungan yang mulus tanpa masalah atau perselisihan. Sebagai manusia, wajar saja jika kamu dan pasanganmu pernah terbawa emosi sampai bertengkar hebat. Tapi dibalik pertengkaran kalian, coba pikirkan kembali pelajaran apa yang bisa kamu dapatkan. Di balik emosinya yang meledak hebat, sebenarnya apa yang ingin disampaikan pasanganmu.

Dia mungkin pernah marah saat tahu kamu sering keluar malam dan kumpul dengan teman-temanmu. Dia pula yang menuduhmu macam-macam, menganggapmu punya selingkuhan atau semacamnya. Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya dirinya sedang begitu ketakutan kehilangan kamu?

5. Tak perlu meragukan kekasihmu, karena pikiran-pikiran negatif hanya akan membuat hubungan kalian semakin tak menentu

Positif saja, ya via www.kaskus.co.id

Terkadang perasaan tidak bahagia muncul lantaran dirimu sendiri. Kamu sibuk berpikir negatif tentang pasangan. Menganggap dirinya tak punya perasaan yang dalam dan kelak akan mengkhianatimu. Padahal, pikiran-pikiran buruk yang memenuhi kepalamu jelas belum tentu menjadi kenyataan.

Sayangnya, terus-menerus memikirkan hal buruk tentang pasangan justru semakin memperparah hubungan kalian. Rasa tidak percaya dan saling curiga membuat kamu dan pasanganmu mudah terlibat salah paham. Sebaiknya, buang jauh-jauh pikiran-pikiran negatif itu. Dengungkan dalam kepalamu perihal alasan-alasan logis untuk mengartikan segala tindakan kekasihmu. Berpikir positif juga akan memberikan ketenangan dan kebahagiaan pada dirimu dan juga kekasihmu, sehingga hubungan yang kalian jalani lebih terasa menenangkan.

6. Sebagai pasangan, kehadiran dirinya dalam hidupmu pantas kamu hargai. Saran atau pendapat dari dia pun layak kamu pertimbangkan dengan sepenuh hati

Saling menghargai itu penting via www.bloggr.no

Cobalah lebih melibatkan kekasih saat kamu mempunyai pilihan-pilihan yang sulit dalam hidupmu. Saat memilih hendak kuliah dimana atau akan bekerja di kota mana, selayaknya kamu mau mendengar pendapat dan saran dari pasanganmu.

Bahkan, sekadar perkara-perkara sederhana pun bisa kamu rundingkan dengannya. Ketika memilih akan makan dimana atau pergi kemana misalnya. Hal-hal seperti inilah yang menunjukkan bahwa kamu menghargai keberadaannya dalam hidupmu.

7. Demi hubungan yang bisa bertahan, kamu dan pasanganmu sepatutnya bisa menyamakan prinsip dan tujuan hidup di masa depan

Satu tujuan via imgkid.com

Jika kamu menjalani hubungan yang serius dengan pasanganmu, coba bicarakan tentang tujuan kalian di masa depan. Apakah kalian memang punya rencana masa depan yang sama? Sudahkah kalian menyamakan prinsip dan visi misi dalam hidup? Apakah pasanganmu bisa menghargai mimpi dan cita-citamu, ataukah kamu pun bisa melakukan hal yang sebaliknya? Saat tujuan dan impian kalian menjadi satu, disitu kamu akan menemukan hubungan yang lebih kuat dan ringan dijalani.

8. Masalah dalam hubungan bukanlah bencana, selama kamu dan dia bisa menyelesaikannya dengan bersikap dewasa

Bicarakan dengan santai via sanni.blog.pl

Kadang, menahan diri agar tak terpancing emosi juga bukan perkara yang mudah. Sebagai manusia normal, pasanganmu pun pasti merasakan hal yang sama. Saat ada masalah yang terjadi di antara kalian, sepatutnya kamu dan dia sama-sama bisa mengendalikan emosi dan perasaan.

Ada kalanya masalah tak harus terus diperdebatkan. Sesekali kamu dan dia pun butuh waktu untuk sejenak merenung dan menenangkan diri. Setelah kembali tenang, kamu dan dia pun pasti bisa menyelesaikan masalah dengan lebih baik tanpa harus bertengkar dan saling menyalahkan.

9. Saling melupakan semua kesalahan di masa lalu tidaklah buruk. Karena hal ini bisa menghindarkan kamu dari pertengkaran tentang hal yang itu-itu saja

Fokus pada masa depan hubunganmu via www.hdwallpaper201.com

Tak bisa dipungkiri, sebagai manusia, kekasihmu pun pernah berbuat kesalahan yang mungkin menyakitkanmu di masa lalu. Sekalipun dirinya sudah minta maaf dan kamu pun memaafkannya, bukan tidak mungkin kamu akan mengungkit masalah itu lagi di masa depan.

Cobalah untuk melupakan dan memaafkan segala hal yang sudah berlalu. Seperti halnya kamu, pasangan pun tak akan merasa nyaman jika kesalahan-kesalahan yang diperbuatnya dulu terus diungkit-ungkit. Berilah dirinya kepercayaan dan yakinlah untuk lebih melangkah bersamanya ke masa depan.

Naik turunnya hubungan yang kamu jalani adalah hal yang sangat wajar. Beragam momen yang pernah dilewati bersama pasangan layak kamu syukuri. Kamu pun hanya harus terus berusaha mempertahankan orang yang kamu cintai agar kelak tak menyesal di kemudian hari! 🙂