Memiliki pasangan hidup adalah impian setiap orang. Dengan memiliki orang tersayang yang selalu setia berada di sisi, hidup akan terasa lebih nyaman dan hari-hari menjadi indah, kamu juga lebih semangat untuk meraih cita-cita.

Tapi, berubahnya status jomblomu dengan hadirnya sang kekasih di sisi tidak menjadi jaminan masa depanmu telah aman bersama dirinya. Setelah fase “jadian”, masalah akan datang silih berganti, menguji kesetiaan kalian untuk mempertahankan hubungan yang telah menjadi komitmen bersama. Tak jarang masalah sepele akan menghancurkan hubungan yang telah dibangun sekian lama.

“Putus”, “Break“, sampai berlaku seperti 2 orang asing yang tak pernah saling kenal kemudian sering terjadi. Padahal selalu ada solusi dalam setiap permasalahan, andai kamu mau berpikir jernih dan tenang. Kali ini, Hipwee akan membagikan tips tindakan preventif yang bisa kamu dan pasanganmu lakukan agar hubunganmu kelak bisa langgeng, walaupun masalah datang silih berganti. Yuk, kita bedah satu-persatu.

1. Rasa sakit dan kesal adalah hal yang biasa. Tapi setiap kali dua rasa itu melanda siapkanlah cadangan maaf sebanyak-banyaknya

Memaafkan adalah senjata ampuh mengusir sakit via start2finish.org

Hidup selalu terbagi menjadi rasa senang dan sakit, begitu pula dalam sebuah hubungan. Ketika kalian memutuskan untuk berkomitmen menjalin sebuah hubungan, tidak hanya kebahagiaan yang akan kamu dapat. Rasa cinta juga akan menghadirkan rasa sakit, kebencian, kesedihan, keputusasaan, dan malapetaka. Tetapi rasa cinta dalam hubungan kalian akan memberikanmu kekuatan untuk bertahan dari itu semua.

Advertisement

Memaafkan adalah sebuah tindakan berani yang kelak akan menjadi pondasi keutuhan hubungan kalian. Dengan saling memaafkan hubungan kalian akan semakin sehat dan selalu memancarkan aura yang positif.

2. Berjanjilah untuk selalu jujur mengungkapkan segala perasaan yang menyapa. Kebohongan hanya akan membuat hubungan yang dijalani tak berjalan kemana-mana

Jangan mulai dengan kebohongan via kazinidaily.com

Hati yang jujur adalah hal langka yang dapat kita temui saat ini, padahal sikap jujur adalah kunci dari segala kebenaran yang ada di dunia. Kebohongan yang kamu utarakan di awal hubungan kelak akan menjadi bumerang yang akan menghancurkan hubungan kalian, suatu kebohongan akan ditutup lagi dengan kebohongan baru di depannya, begitu seterusnya, bagaikan lingkaran setan.

Jujur adalah obat dari segalanya. Ketika masalah sedang begitu berat dirasa kejujuran akan membuat kebenaran tampak terang di hadapan mata. Mengatakan perasaanmu apa adanya pada pasangan kadang akan terasa menyakitkan. Tapi hanya dengan kejujuran pula kamu akan selalu terjaga untuk terus berjalan di track yang benar.

3. Lupakan keinginan untuk membicarakan kekurangan teman di belakang. Selain buang-buang waktu, tidakkah kalian sayang pada quality time  berdua yang mahal harganya?

membicarakan orang lain tak akan melanggengkan hubunganmu via www.presenttruthmission.com

Jangan pernah menghabiskan waktu kencanmu dengan membicarakan kejelekan orang lain. Selain buang-buang waktu sebenarnya dengan melakukan hal tersebut kalian justru telah kehilangan waktu yang seharusnya dapat kalian gunakan untuk membicarakan hubungan yang sedang dijalani bersama.

Lagian, apa untungnya sih bergunjing di belakang? Bergosip, tidak serta merta akan menjadikan kalian lebih baik daripada orang yang bicarakan. Bersikaplah seperti ksatria. Jika memang tidak suka pada seseorang, katakan langsung di hadapannya. Membicarakan orang lain di belakang adalah sikap seorang pecundang.

4. Hanya karena mencintainya bukan berarti kamu bisa mengatur seluruh sisi kehidupannya. Hargai keputusan pasanganmu, berikan ruang dan dukungan sebesar yang kamu mampu

Jangan menilai orang lain dari sudut pandangmu via sandysandmeyer.wordpress.com

Seperti halnya membicarakan orang lain di belakang mereka, jangan pernah menilai pasanganmu dari sudut pandang yang kamu miliki. Sejarah hidupnya tentu berbeda denganmu, jadi belum tentu hal yang berjalan di kehidupanmu bisa sesuai dengan kehidupannya.

Mungkin hal yang kamu anggap salah dan tidak berguna, terkadang untuk menjadikan kehidupannya menjadi lebih baik. Bukalah gerbang komunikasi, ketika dihadapkan dengan masalah, jangan pernah menyelesaikan permasalahan dari satu pihak, berikan ruang dan waktu untuk berfikir sejenak agar dia memiliki kesempatan untuk mengungkapkan perasaannya.

5. Poros kehidupan tidak layak berhenti hanya karena kekasih di sisimu. Giatilah hobi, bergaullah dengan rekan-rekanmu — tetap temukan cara untuk membahagiakan dirimu

Lakukan hal-hal yang membahagiakan via worldoftravelusa.com

Jika kamu ingin hubunganmu dengan kekasihmu berjalan positif dan penuh dengan aura kebahagiaan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membahagiakan dirimu sendiri dengan melakukan hal yang kamu sukai. Jika kamu ingin menghilangkan penderitaan dalam hubungan yang kamu jalin, mulailah untuk mengeliminasi sisi negatif dan gelap yang ada dalam dirimu, bahagialah, kemudian sebarkan rasa bahagiamu ke dalam hubungan yang kamu jalin dengan kekasihmu. Sesungguhnya, kekuatan terbesar yang dimiliki setiap individu adalah, kekuatan untuk mengubah dirinya sendiri. Jadi, mulailah bercermin dan koreksi dirimu sendiri.

6. Hadiah semahal apapun tak bisa mengalahkan perhatian kecil yang diberikan saban hari. Lewat tindakan sederhana, tunjukkanlah kalau kamu memang benar cinta

Tunjukkan rasa cintamu setiap saat via freehighresolutionimages.org

Tidak pernah ada kebaikan yang sia-sia, walaupun itu hanya berupa senyuman yang terpancar dari wajahmu. Rasa cinta yang kamu tunjukkan kepadanya setiap hari walaupun kecil, mungkin akan lebih berharga daripada hadiah mahal yang kamu berikan ketika ulang tahunnya tiba. Kamu tidak tahu apa yang telah dilaluinya hari itu, terkadang dia tidak bercerita kepadamu karena takut aura negatif akan menyerang dirimu.

Berbuat baik kepadanya bisa menjadi hal terindah yang bisa dia dapat, berbuat baiklah karena baik adalah sifatmu, bukan karena orang lain telah berbuat baik kepadamu. Jangan pernah meremehkan kekuatan dari senyuman, pelukan, kata-kata yang baik, pujian, dan tindakan kecil yang menunjukkan perhatianmu kepadanya.

7. Berusahalah untuk selalu “ada.” Siapkan telinga, bahu, hingga tanganmu untuk jadi tempatnya meletakkan segala keluh-kesah yang ada

Lebih banyak mendengar daripada berbicara via www.academiccomposition.com

Membutuhkan keberanian yang besar untuk berbicara, tapi butuh lebih banyak keberanian untuk diam dan menjadi pendengar yang baik. Pasanganmu dan orang yang berada di sekitarmu terkadang lebih membutuhkan telinga yang banyak mendengar, daripada mulut yang akan menasehatinya. Mereka tidak membutuhkan jawaban darimu, mereka hanya ingin kamu mengerti tentang permasalahan yang sedang dia hadapi. Seindah cinta yang kamu berikan, sebijak keheningan yang kamu berikan untuk mendengarkan segala perkatannya.

8. Ketika rasa takut kehilangan tiba, putar kembali segala kenangan yang telah kalian lalui berdua. Setelah semua yang dihadapi bersama, masih kurangkah alasanmu untuk percaya?

Tumbuhkan rasa saling percaya via www.jordankranda.com

Dalam menjalin sebuah hubungan, perasaan takut pasti selalu ada, entah takut kehilangan, takut dikhianati, dan takut disakiti. Cinta dalam sebuah hubungan berarti memberi kesempatan orang lain untuk (bisa) menyakitimu, tapi di sisi lain juga mempercayai mereka untuk tidak menyakitimu, rasa percaya mampu mengalahkan rasa takut yang muncul. Mencintai seseorang tidak melulu berjalan manis dan bahagia, tetapi kalian dapat saling menyembuhkan luka satu dengan yang lain dengan cinta yang kalian bangun dalam hubungan itu.

9. Cinta adalah sebuah pekerjaan memberi. Berikan yang terbaik yang kamu miliki, biar semesta yang membalasnya nanti

Memberi tanpa berharap kembali via mightyinspiration.wordpress.com

Mengharapkan imbalan/balasan ketika memberi sesuatu ke orang merupakan tanda ketidak ikhlasan memberi. Jalinlah hubungan yang selalu berusaha memberi antara satu dengan yang lain, tanpa mengharap imbalan yang setimpal, karena mengharap balasan terkadang menimbulkan kekecewaan akibat imbalan yang diterima tidak sesuai dengan ekpektasi. Jangan mengharap ekspektasi orang lain kepadamu sama seperti yang kamu bayangkan, karena setiap orang diciptakan dengan karakter yang berbeda-beda dan unik.

10. Bersamanya yang baru dan sungguh mencintaimu, tak perlulah lagi mengungkit yang sudah lalu. Hubungan kalian terlalu berharga untuk dikorbankan demi sebuah luka lama

Relakanlah yang menyakitimu via www.huffingtonpost.com

Setiap orang itu berharga, tapi memberikan seluruh waktu dan tenaga untuk mencintai seseorang yang tidak menghormati kamu sama dengan membuang-buang waktumu selama ini.

Orang datang dan pergi silih berganti, setiap orang datang ke hidupmu untuk mengajarkan kamu tentang arti hidup dari berbagai perspektif, mereka yang telah pergi harusnya menjadi nilai positif bagi kamu, Sekarang, kamu akan memiliki banyak waktu untuk fokus pada hubungan yang tengah kamu bangun.

Bersyukur dan nikmatilah segala permasalahan yang muncul dalam hubungan kalian, ubah cara pandang kalian terhadap masalah yang datang menghampiri. Walaupun rasa yang muncul sekarang berbeda dengan perasaan ketika masa pendekatan dulu, dengan melaksanakan tips diatas diharapkan rasa cinta akan muncul lagi dalam hubungan kalian.

Seiring kalian sering menghabiskan waktu bersama, seharusnya akan membuat kalian saling jatuh cinta untuk kedua kalinya