Sebagai seorang cowok, kalian pasti mengenal dengan baik semua keletihan seorang Ayah. Kali ini, di masa-masa senja Ayah, dalam pikiranmu pasti sempat terlintas untuk memberikan sesuatu yang membanggakan untuk Ayah. Namun alih-alih memberikan sesuatu yang istimewa, kita kadang berpikir terlalu jauh, niat hati kasih kejutan malah kegagalan yang kita terima. Sebenarnya apa sih yang Ayah mau dari sosokmu? Apakah dalam bentuk bingkisan dan perhatian?

Padahal jika dinalar, sikap dan sifat Ayah yang sederhana itu nggak terlalu mengharapkan sesuatu yang berlebihan. Dia sebagai seorang pria pasti menginginkan anaknya ini bersikap dan berperilaku lebih baik darinya. Tapi apa daya? Kita hanya bisa kasih hal yang sederhana, dan semoga hal ini bisa membuat Ayah tercinta kita bangga. Mungkin Ayah memang suka sesuatu yang sederhana, walau nggak mudah kadang-kadang hal yang sederhana ini jauh lebih berharga.

1. Nggak perlu muluk-muluk, kemandirian dari seorang anak adalah anugerah terindah setiap Ayah

Kemandirian kita bikin bangga Ayah via unsplash.com

Dalam ingatan yang sudah rentan cendawan ini, mari kita mengingat kecerobohan dan kenakalan yang pernah kita lakukan. Kapan waktu kalau tak salah kita pernah manja sambil digendong Ayah keliling rumah tetangga. Kali ini, kita sebentar lagi dewasa dan tak ada lagi hal-hal manja yang pantas dilakukan. Sekarang hanya ada kemandirian yang harus dipupuk demi memberikan kado sederhana untuk Ayah paling keren sedunia.

2. Bisa jadi contoh yang baik untuk adik-adikmu, di hari tua Ayahmu hal ini sungguh sangat menenangkan dan membantu

Jadi contoh yang baik untuk adik-adik. via unsplash.com

Advertisement

Adik-adik di rumah memang super rewel, omelan Ibu sudah nggak lagi mempan. Syukurlah adik sekarang sudah mau nurut kalau kakaknya pulang. Mungkin nggak seberapa, tapi ikut ngurusin adik-adik yang rewel ini semoga bisa mengurangi beban Ayah Ibu.

3. Berani bertanggung jawab dan mengakui kesalahan, Ayahmu bangga kalau kamu bersikap dewasa

Berani bertanggung jawab atas kesalahan. via unsplash.com

Sebagai seorang lelaki, kami pernah nakal dan sering kali bikin Ayah murka. Tapi kami juga bukan pengecut yang lari dari masalah, kami bertanggung jawab dan selalu jujur akan kesalahan yang kami buat. Semoga Ayah masih sabar dengan kelakuan ini, semoga tanggung jawab ini juga bisa bikin Ayah bangga.

4. Tentu saja Ayah bangga jika kamu nggak hanya membahagiakan ibu dan adik-adik, tapi juga menjaga mereka dengan sebaik-baiknya

Membahagiakan Ibu, membahagiaakan Ayah juga. via unsplash.com

Kita bisa bikin bangga Ayah, nggak selalu harus secara langsung. Dengan membahagiakan Ibu, tentu Ayah akan merasa bangga dan nggak sia-sia mendidik kita sejak kecil. Semoga niatan baik ini bisa membantu Ayah selalu tersenyum di hari tuanya. Ibu bahagia dan Ayah akan bangga akan hal ini.

5. Meneruskan cita-cita Ayah yang belum tercapai, sebenarnya ini jadi harapan terbesarnya yang perlu kamu pikirkan lagi

Meneruskan cita-cita Ayah yang belum sempat terwujud. via unsplash.com

Ayah, kami tahu ada sekian cita-cita Ayah sebagai lelaki yang belum lunas. Semoga dengan niat dan usaha, kami bisa membantu melunaskan semua harapan itu. Ada sekian prestasi yang pernah kami raih, semoga saja esok kelak akan terus bertambah cita-cita Ayah yang bisa kami wujudkan.

6. Menjaga nama baik keluarga dengan sikap dan perilaku. Ayahmu bakal marah kalau kamu sampai memalukan keluarga di luar sana

Menjaga nama baik keluarga, senakal apapun jangan sampai mencemarkan nama keluarga. via unsplash.com

Kita merantau, sebagai lelaki di dunia perantauan, sudah jelas ancaman dan godaan bisa tiap hari muncul. Tapi, dengan segala usaha kami selalu berlindung di balik doa-doa Ayah. Kami malu kalau sampai mencemarkan nama baik keluarga ini. Doa dan segala usaha dari kami semoga berimbas baik bagi keluarga dan mengharumkan nama baik keluarga.

7. Punya niatan baik untuk memberi pengalaman Ayahmu rasanya gendong cucu, makanya segera cari jodoh kalau umur sudah cocok

Sabar ya, Pak! via unsplash.com

Dengan beribu maaf, kali ini soal jodoh kami belum bisa memberikan yang terbaik. Kami selalu berusaha, dengan segala siasat baik dan usaha lebih kami selalu berkelindan mencari pasangan yang cocok untuk kami dan cocok jadi menantumu. Kami selalu berdoa, semoga kelak kami berikan Ayah cucu paling lucu untuk digendong.

Semoga nggak ada sifat tercela kita yang membuatnya kecewa. Walau kadang kita nakal, pada dasarnya kita selalu memikirkan orang tua. Kita memang nakal, tapi soal keluarga dan untuk Ayah, kita selalu pertimbangkan segala perilaku yang akan kita ambil, semua demi kebanggaan dan nama baik keluarga. Semoga Ayah diberikan kesehatan dan umur panjang, maafkan kami juga yang belum sempat memberikan suatu hal yang baik untuk keluarga. Sebagai cowok sejati yang penuh kekurangan ini, kami sangat bangga memiliki Ayah, sosok pria yang paling tangguh yang pernah kamu kenal.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya