Bertengkar atau selisih paham dengan pasangan sudah jadi hal yang lumrah. Mengingat cewek-cowok itu diibaratkan Venus dan Mars yang keduanya punya perbedaaan dalam banyak hal. Seperti misalnya cewek yang biasanya dikenal dengan kecerewetannya atau kata-katanya yang kadang agak nyelekit. Tapi, bagaimana kalau kali ini justru cowoknya yang berucap kalimat kurang menyenangkan kepada ceweknya?

Bukan dengan kalimat kasar, tapi sedikit menyinggung dan membuat cewek mendadak minder. Meski ada beberapa kalimat yang kesannya halus, tapi tetap saja ada muatan sindirannya. Kamu bisa mendadak murung, sebab sedih dan kesal dirasakan bersamaan. Mengingat cewek itu sensitif telinga dan perasaannya. Lalu kira-kira kalimat yang seperti apa saja yang berisiko bikin perasaan sekaligus kepercayaandirimu terusik?

1. “Kamu bisanya apa sih? Masa ngerjain begitu saja nggak bisa,”

cewek dianggap terlalu bergantung dengan cowoknya via www.logancoleblog.com

Cewek sesekali manja dengan cowoknya harusnya jadi hal wajar dan nggak perlu dipermasalahkan. Mengingat manjanya cewek ini bagian dari cara cewek mencari perhatian pasangannya. Selama manjanya tak memberatkan, kamu sebagai cowok harusnya tak langsung mengatakan kalimat yang sudah pasti menyinggungnya. Kan sebagai pasangan pun sudah seharusnya kalian saling membantu dan melengkapi. Bukan mengatakan, “kamu bisanya apa sih? masa baru jalan sedikit udah ngeluh capek lah, ini itu lah….” 

Kecuali kalau cewekmu ini sudah kelewat manja, kamu baru patut untuk memberi nasihatnya. Tapi tetap dengan bahasa yang tak menyinggung perasaannya.

2. “Kamu coba pakai ini deh, biar kelihatan kece kayak dia….”

Advertisement

Pakai hijab gih, biar kece kayak dia via www.logancoleblog.com

Nggak cuma cewekmu aja, siapapun orangnya pasti nggak berharaplah dimintai melakukan sesuatu dengan embel-embel perbandingan dengan seseorang. Apalagi kalau yang kamu jadikan perbandingan itu cewek lain yang memang cewekmu sendiri mengakui cewek itu lebih cantik ketimbang dirinya. Ada cewek yang mungkin segera merajuk dan protes keras. Tapi ada cewek yang memilih diam, sambil menahan perasaan yang campur aduk.

Cowok harusnya bersyukur dengan apapun yang ada di diri pasangannya sekarang. Kalaupun mengajak ceweknya berbenah diri atau penampilan, tak usah pula lah dengan bumbu, “Kamu pakai hijab gih, biar kayak Bella yang cantinya soleha banget.” Please, Bella ya Bella, cewekmu ya cewekmu. Jangan buat dia mirip dengan siapapun!

3. “Pipi kamu tembem banget ya,”

itu pipi apa bakpao?! via www.logancoleblog.com

Urusan penampilan terutama bentuk tubuh itu hal sensitif untuk kebanyakan cewek. Kaum hawa bisa mendadak tak percaya diri jika tubuhnya terlihat kurang proposional biasanya sih kalau berat badan sudah naik. Jadi, kamu sebagai cowok sudah seharusnya tak mengungkit tentang pipinya yang kelihatan lebih cubby, atau tangan dan betisnya yang lebih besar. Karena, secara tidak langsung kamu mengatakan kalau dia memang terlihat lebih gemuk sekarang. :'(

4. “Bedak kamu kayaknya ketebelan deh,”

udah dandan capek-capek via www.logancoleblog.com

Bayangin saja, cewekmu ini sudah belai-belain duduk di depan cermin untuk mempersolek dirinya, supaya pasangannya pun senang melihatnya. Tapi kenyataannya usahanya itu kamu runtuhkan dengan komentar-komentar yang menurut kamu biasa dan sebuah masukan. Sementara ucapanmu seperti, “bedak kamu kayaknya ketebalan,” atau “lipstik kamu menor benget,” justru membuatnya merasa gagal berusaha memoles diri.

Padahal nggak ada salahnya memuji terlebih dahulu sebelum memberi komentar. Setidaknya itu membuat cewekmu tak harus merasa berkecil hati, dan tetap merasa dihargai usahanya.

5. “Kamu serius mau pakai baju itu?! Ada baju lain nggak?”

ganti baju gih via dylandsara.com

Baru saja bertemu di depan pintu rumah, tiba-tiba kamu langsung bertanya ada baju lain yang maknanya sama seperti ganti baju yang lainnya. Mungkin niatmu memang baik, supaya cewekmu tak salah kostum dan akhirnya tak nyaman sendiri. Tapi mengingat perasaan cewek itu sensitif sekali, perkataanmu itu sama seperti mengatakan kalau dia tak becus mengurus penampilannya sendiri.

Mungkin memang cowok harus belajar memilih kata-kata yang lebih baik, atau bisa dengan penjelasan yang masuk diakal serta menenangkannya.

6. “Sayang jangan mangap lebar-lebar, napas kamu agak wangi,”

Iya, kemaren kejadian benar-benar lucu banget…. hahaha

Sayang, jangan ketawa sampai mangap lebar gitu, hmmm…. napas kamu agak wangi! Alias agak bau.

Nggak ada juga yang berharap dibilang bau oleh orang lain. Apalagi kalau itu kamu selaku pasangannya sendiri yang mengatakan. Ada perasaan kesal, tapi rasa-rasa malu tetap saja lebih besar dan akhirnya membuat cewekmu rendah diri seketika.

7. “Jalannya bisa cepetan dikit nggak?”

Jalan aja lama banget via www.logancoleblog.com

Geregetan emang manusiawi, tapi bukankah kamu dan semua orang dintuntut untuk bisa lebih bersabar. Seperti saat cewekmu ini jalannya cukup pelan, sedangkan kamu yang terbiasa cekatan ingin sekali dia menyesuaikan langkahmu.

Alih-alih  menegurnya supaya, jalannya lebih cepat sedikit. Apa salahnya juga kalau kamu memutuskan jalan perlahan-lahan juga, menikmati setiap langkah kalian berdua. Sambil berbincang, bukankah itu lebih baik?

8. “Mantan aku dulu nggak pernah begitu….”

Dibandingin sama mantan via www.logancoleblog.com

Kalau mantan udah ada di masalah lalu alias kenangan, kenapa harus jadi perbandingan sosok cewekmu yang ada di hidupmu saat ini. Toh, kalau kamu menganggapnya layak untuk jadi masa depan, bukannya tak seharusnya dia dibanding-bandingkan dengan mantanmu yang sudah jelas cuma bagian masa lalu.

Menjaga perasaan cewek bukan dengan kesetiaan atau kepercayaan, tapi juga dari sikap salah satunya cara bertutur. Jangan sampai ucapan kamu justru yang melukai perasaannya. Apalagi sampai buat dirinya minder dan merasa tak layak jadi pendampingmu. Please, hati cewekmu ini benda pecah belah yang riskan hancur saat terpukul atau terjatuh.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!