Bagaimana perasaanmu dengar kabar baik pasanganmu lolos seleksi CPNS? Pasti ada kebanggaan di situ. Bagaimana tidak bangga ketika pasangan berhasil memastikan masa depannya lebih terang seperti ini. Kamu kadang juga berpikir, apakah kamu layak mendampinginya? Atau masihkah calon mertuamu itu menerimamu? Sejumput pemikiran semacam itu kadang cukup meresahkan. Kalian yang kurang bijak menyikapinya jangan sampai lengah, mundur dari hubungan yang sudah lama kamu bangun, dan akhirnya sakit hati sendiri.

Walau bagaimana juga, bekerja menjadi Pegawai Negeri Sipil adalah sebuah anugerah. Hidup jadi semakin tenang, keuangan yang berkecukupan membuat kamu dan pasangan terhindar dari kekurangan finansial. Bukan karena kurang bersyukur tetapi kadang dengan kenyamanan ini ada saja beberapa kesulitan yang harus dihadapi saat pacar jadi PNS. Tentunya hal ini lumrah saja karena di antara setiap kenikmatan dan ketenangan pasti ada secuil masalah yang akan datang. Beberapa hal di bawah ini contohnya.

1. Karena mutasi atau penempatan kerja yang nggak bisa ditoleransi, kadang harus rela pindahan kalau nggak mau LDR-an

Kamu sudah siap LDR? via instagram.com

Saat pasangan harus bekerja di luar kota, luar provinsi bahkan luar pulau, kamu terpaksa harus ikut repot pindahan. Lain lagi ceritanya kalau kamu memilih menjalani hubungan LDR, tiap hari rasanya khawatir tiada henti. Karena kamu dan pasangan nggak bakal tahu mau ditempatkan di mana, kalian hanya bisa berdoa supaya hubungan tak menemui masalah serius.

2. Dapat pekerjaan yang harus pakai seragam terus bikin nggak bisa makan atau jalan bareng di waktu siang bareng pacar

Beneran deh harus nungguin dia libur… via Hipwee.com

Advertisement

Kerennya dia saat pakai seragam kerja, berangkat pagi dan kerja di kantor pemerintahan. Kebahagiaan itu tak selamanya mengalir lancar, kadang saat kangen pengen makan siang bareng pacar kita terpaksa menahannya. Kalau pasangan sudah sibuk jadi PNS, lupakan deh jalan bareng siang-siang. Kamu nggak mau kan pasangan kena hukuman gara-gara pacaran di hari kerja? Bahaya nih… Atau minimal kena lirikan sinis dari orang-orang.

3. Karena mungkin suasana kerja yang kaku, pasangan jadi terpengaruh. Alhasil pemikirannya yang kreatif kurang bisa dikembangkan

Sebenarnya dia kreatif banget… via kabar.news

Kebanyakan pekerjaan PNS berhubungan erat dengan kesibukkan birokrasi, pelayanan terhadap masyarakat yang kadang kaku dan menjenuhkan. Khususnya jika pasanganmu itu tadinya orang yang kreatif, tiba-tiba kemampuannya yang unik jadi tenggelam karena tuntutan pekerjaan. Tapi, kalau kalian pintar menyiasati ini bukan berarti jadi PNS merusak kreativitasmu, ada banyak cara, salah satunya dengan melakukan kegiatan sambilan yang terus memicu pola pikir kreatifnya.

4. Punya pacar PNS juga kadang merasa terbebani. Takut kalau calon mertua tak merestui karena calon menantunya ini hanya pekerja swasta biasa

Tapi tetep optimis ya… via unsplash.com

Kebanggaan itu seketika lebur menjadi sebuah kekhawatiran yang teramat dalam. Kamu para cowok yang punya kekasih PNS, kalian tak bisa memungkiri kalau rasanya berat saat tahu dia jadi PNS. Zaman sekarang masih agak mendingan sih, tapi beda lagi untuk orang-orang yang tumbuh di era Orde Baru seperti orangtua kita. Pegawai negeri punya status sosial yang prestise di mata masyarakat kala itu. Calon mertua yang kurang modern pola pikirnya biasanya akan berpikir dua kali untuk menyerahkan anaknya ke individu-individu yang bukan pegawai negeri.

5. Jatuh bangun sebuah perjuangan jadi nggak berasa. Hal ini bikin kamu dan pasangan bisa saja kaget suatu waktu ada masalah

Semoga kalian dijauhkan dari masalah-masalah itu… via unsplash.com

Akhirnya dia bisa jadi PNS, pekerjaan yang diidam-idamkan olehnya dan keluarga. Waktu berlalu dan kalian sadar ada yang dirasa kurang, saripati hidup tentang perjuangan jatuh bangun jadi nggak berasa. PNS dengan segala ketenangannya itu, berimbas buruk jika suatu saat kekecewaan menimpa kamu dan pasangan. Kemudahan dan jaminan keuangan yang berkecukupan jadi seorang PNS membuatmu luput dari perjuangan jatuh bangun ala seorang wirausahawan. Jangan sampai deh kalian lengah, semoga kenyamanan itu tak membuatmu gagal menghadapi masalah yang datang tiba-tiba.

Melayani masyarakat adalah tugas setiap PNS, mereka dihargai atas jasanya membantu masyarakat di berbagai bidang. Pasanganmu itu sekarang dalam kebahagiaan karena masa depan yang lebih benderang. Akan tetapi, ada kalanya kejenuhan menghinggapi kamu dan pasangan suatu saat nanti. Bersyukur atas apa yang diberikan Tuhan, hindari segala hal berbau korupsi. Dengan kenyamanan dan ketenangan hidup menjadi PNS semoga membuat kalian mengeti bahwa masih banyak orang-orang di luar sana yang kurang beruntung.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya