Saat kumpul keluarga pasti menjadi momen yang tak terlupakan. Salah satunya, karena di sana pasti banyak pertanyaan yang saudara atau sepupumu lontarkan. Nggak hanya pertanyaan seputar hal sepele, namun berbagai pertanyaan yang menyangkut kehidupanmu, termasuk pertanyaan tentang hubungan. Dari pertanyaan sepele seperti kabar sampai pertanyaan abadi seperti udah punya pacar atau kapan nikah?

Seringkali kamu pun kelabakan karena tak mempersiapkan jawaban yang matang. Daripada besok waktu kumpul keluarga kamu mikir lama, mending dari sekarang kamu latihan bagaimana menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kerap ditanyakan saat kumpul keluarga seperti ini.

1. “Duh, kamu sekarang udah dewasa ya? Ngomong-ngomong udah punya pacar apa belum nih?”

Udah punya pacar? via da-photo.co.uk

Pertanyaan awal ketika kamu bertemu tante atau saudaramu. Udah punya pacar apa belum yang menjadi awal dari rentetan pertanyaan mereka yang lain. Kalau kamu udah punya pacar, tinggal jawab aja udah punya. Tapi biar lebih sedikit seni, kamu bisa menjawabnya seperti ini

Udah dong, tante

Ganteng/cantik gini masak belum laku sih. Malu dong sama tante yang makin cantik ini

2. Kalau kamu udah punya pacar, pertanyaan selanjutnya adalah “Udah punya pacar kok nggak kabar-kabar. Kapan dikenalin ke keluarga?”

Advertisement

Kapan dikenalin? via www.sincerelykindsey.com

Pertanyaan selanjutnya adalah kapan kamu ngenalin pacarmu ke keluarga. Terdengar basa-basi sih, tapi ya harus kamu persiapkan jawabannya biar nggak kelabakan nyari alasan nanti. Kamu bisa jawab langsung menyebutkan waktu atau balik menanyakan kapan keluargamu siap untuk menyambut calonmu.

3. Lalu “Kalian pacaran udah berapa lama? Ini udah fix ‘kan jadi calonmu nanti?”

Udah fix jadi calonmu? via www.sincerelykindsey.com

Ya namanya juga baru pacaran. Belum tahu dia bakalan jadi calon imammu atau tidak. Maumu sih kalau pacaran ya sampai nikah. Kalau saudaramu menanyakan hal itu ya jawab aja “masa depan ‘kan nggak ada yang tahu. Aku sih maunya juga gitu, mama papa juga udah pengin punya mantu,”.

4. Dan yang lebih bikin sebal pasti, “Aduh, calonmu udah mapan, ganteng lagi. Kira-kira kapan dia mau ngelamar kamu?”

Kapan nih dia ngelamar kamu? via www.sincerelykindsey.com

Kalau udah bawa-bawa kemapanan susah sih. Apalagi kalau yang dipandang saudaramu hanya sebatas kemapanan dan tampang saja. Pasti mereka maunya kamu berjodoh dengan dia. Balik lagi sih, karena jodoh nggak ada yang tahu bakalan jatuh ke tangan siapa. Perlu dipikirin baik-baik nih kalau beneran sampai ada yang bertanya padamu. Biar pas ditanya saat kumpul keluarga kamu nggak perlu mikir lama-lama.

5. Beda lagi kalau kamu masih sendiri di hari kumpul keluarga, mereka pasti bertanya, “Umur segini jangan kebanyakan milih. Apa kamu dijodohin aja?”

Jangan milih-milih via da-photo.co.uk

Kalau kamu masih sendiri saat kumpul keluarga tiba, siap-siap ya! Mereka pasti akan menanyakan alasanmu kenapa masih sendiri. Apalagi kalau udah bawa-bawa umur dan pasang kriteria tinggi segala. Daripada kamu tersinggung karena secara nggak langsung dibilang tak laku, kamu perlu menyiapkan jawabannya sedari sekarang.

6. Atau dibanding-bandingkan dengan saudaramu yang lain, seperti “Dia udah mau punya anak dua. Masak kamu masih sendiri aja sih? Nggak merasa ketinggalan ya?”

Iya masih sendiri kok via da-photo.co.uk

Males sih saat kamu dibanding-badingkan dengan saudaramu yang lain hanya karena kamu masih sendiri. Toh, setiap orang ‘kan parameternya berbeda-beda. Jadi kalau mau dibandingin ya nggak akan ada habisnya. Mulai dari sekarang, kamu perlu lho untuk memikirkan akan dijawab dengan seperti apa pertanyaan yang agak menjengkelkan itu. Tapi sebaiknya kamu menjawabnya dengan kata-kata yang elegan ya. Biar kamu nggak ikut hilang sabar aja saat menjawab pertanyaan mereka.

7. Kalau kamu merupakan pasangan yang baru aja menikah pasti ditanyain, “Pengantin baru, udah isi belum? Jangan lama-lama ditunda ya, nggak baik nunda punya momongan.”

Baru juga nikah 🙁 via da-photo.co.uk

Life must go on, begitu juga dengan pertanyaan saudaramu saat kumpul keluarga. Apabila kamu baru aja menikah, pasti pertanyaan abadi yang mereka tanyakan adalah “Udah isi belum?” Tambah menjengkelkan lagi kalau mereka bilang “Nggak baik nunda momongan”. Padahal mereka tak tahu bagaimana kalian berusaha. Terlepas kamu dan dia ingin segera punya anak atau memilih untuk menunda dulu, kata-kata penjelasan yang singkat dan elegan bisa kamu gunakan untuk menjawab mereka. Salah satunya, kamu bisa menjawabnya seperti ini

Nggak menunda momongan kok. Ini tiap malem juga udah usaha hehe 🙂

8. Lain lagi ketika kamu tengah berisi. “Calon ibu hati-hati jalannya. Udah persiapan apa aja buat lahiran nanti? Ini anaknya cewek apa cowok? Nama udah dipersiapin?” dan sederet pertanyaan heboh lainnya

Lagi hamil via hollygoeslightly.co.uk

Tak kalah dengan pertanyaan udah isi apa belum, bagi kamu yang tengah mengandung anak pertama, pasti pernah diberondong dengan sederet pertanyaan ini. Mulai dari persiapan menyambut kelahiran, jenis kelamin, nama sampai mau lahiran di rumah sakit mana. Memang sih maksud mereka bertanya adalah karena mereka peduli padamu. Namun kalau ditanyai terus-terusan seperti itu pas kumpul keluarga, ya lama-lama males juga. Apalagi kalau sampai pertanyaan yang sama diulang berulang kali.

9. Buat kalian pasangan muda yang tengah asyik-asyiknya jadi orangtua baru, pertanyaan selanjutnya adalah “Kapan nih punya anak lagi?”

Mau bayarin biaya sekolahnya ya? via da-photo.co.uk

Belum punya anak, dikira nunda momongan. Giliran baru lahiran dan lagi asyik-asyiknya jadi orangtua baru, ditanya kapan mau punya anak lagi. Mungkin maksudnya perhatian ya tapi mbokya sabar sebentar. ‘Kan punya anak bukan perkara buatnya aja, tapi mencakup bagaimana perawatan sebelum dan sesudah kelahirannya hingga biaya sekolah. Kalau kamu termasuk jadi orangtua baru yang mendapat pertanyaan seperti itu, jawabnya santai aja. Mungkin bisa seperti ini

Tante kayaknya mau ikut nyumbang biaya sekolah dedek ya nanti? 🙂

10. Di balik itu semua, pertanyaan abadi yang harus kamu persiapkan jawabannya dari sekarang ya “Kapan nikah?”

Aku sih mau-mau aja nikah via www.hercampus.com

Tapi di balik semua pertanyaan yang ada, paling mengesankan dan perlu dipersiapkan jawabannya dari sekarang adalah “Kapan nikah?”. Apalagi kalau kamu dan pacarmu udah pacaran lama namun dia belum ada rencana untuk segera membawamu naik ke pelaminan. Rasanya pertanyaan tersebut tak bisa berhenti mereka tanyakan sebelum kamu benar-benar dilamar 🙂 ‘Kan sebal.

Saat kumpul keluarga, selain penampilan saja yang perlu dipersiapkan, ternyata mempersiapkan jawaban atas beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan hubungan di atas juga perlu kamu lakukan. Bukannya bermaksud pencitraan, tapi biar lebih siap aja dalam menjawabnya. Selain itu untuk menghindarimu dari keterjebakan obrolan gara-gara kamu belum nemu jawaban yang pas saat mereka bertanya.

Kamu gimana nih, pertanyaan mana yang menurutmu paling membutuhkan persiapan yang paling matang?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya