Pasangan yang bahagia adalah mereka yang selalu bisa melengkapi satu sama lain. Kekurangan pasangan dan perbedaan bukan menjadi suatu halangan yang berarti dalam membina sebuah hubungan. Apakah kamu merasa kamu dan pasanganmu adalah pasangan yang berbahagia? Jika iya, sudahkah kalian melakukan kebiasaan-kebiasaan manis ini?

Kira-kira apa saja sih kebiasaan pasangan yang bahagia? Benarkah berbagai kebiasaan ini sudah kalian lakoni?

1. Saling mengalah tanpa mengedepankan ego masing-masing merupakan hal yang lumrah

saling mengalah via www.bridalguide.com

Menekan ego masing-masing ke titik terendah demi saling mengalah merupakan hal yang sering kalian lakukan satu sama lain. Kebiasaan ini lumrah kalian lakukan karena kalian menjunjung tinggi kebersamaan dan menghargai perbedaan yang ada di dalam hubungan. Kalian juga tidak akan menimbang untung dan rugi karena sudah mengalah. Tidak menghitung sudah berapa kali kalian menekan ego demi tercapainya hubungan yang ideal. Tidak pula melihat siapa yang benar dan siapa yang salah. Yang menjadi prioritas utama adalah kebahagiaan pasangan dan kelanggengan hubungan.

2. Hubungan kalian selalu dilandasi rasa saling percaya dan saling mengalah

saling percaya dan memaafkan via www.sofeminine.co.uk

Advertisement

Saling percaya adalah modal utama untuk hubungan yang lebih bahagia. Menanamkan rasa percaya kepada pasangan harus dikedepankan demi hubungan yang ideal. Saling percaya antar pasangan juga bisa menjadi peredam pemicu konflik utama yang biasanya terjadi di dalam hubungan. Oleh sebab itu, pasangan yang bahagia mampu memiliki rasa percaya yang tinggi kepada pasangannya.

Sifat saling memaafkan juga tak lepas dari hubungan pasangan yang bahagia. Tanpa mencari tahu siapa yang salah dan benar, kamu dan pasangan justru akan saling meminta maaf. Kamu akan mentolerir kesalahan kecil yang dibuat oleh pasanganmu. Melakukan kesalahan adalah hal yang biasa, yang luar biasa adalah memaafkannya tanpa mendendam. Sudahkah kalian melakukan hal ini pada satu sama lain?

3. Saling mendukung hobi bisa membuat kalian tetap saling mencintai tanpa harus mengorbankan dunia masing-masing

saling mendukung hobi via www.zararafferty.com

Kamu bisa menerima kebiasaan, kegemaran atau hobi pasanganmu, begitu juga sebaliknya. Perbedaan kegemaran bukan menjadi alasan utama kalian untuk gemar bertengkar. Tersitanya waktu untukmu atau untuknya karena menekuni hobi bukan menjadi alasan wahid untuk saling berkacak pinggang dan tak bertegur sapa. Perbedaan ini justru akan mampu membuat kalian mendapat pengalaman baru yang seru. Kalian akan belajar dan mengenal lebih dalam dunia masing-masing. Inilah kesempatan kalian untuk belajar dan saling mendukung keragaman.

Dengan saling mendukung hobi dan kegemaran masing-masing membuat kalian tak perlu mengorbankan dunia sendiri hanya demi menjadi satu. Hubungan kalian bisa harmonis, begitu pula kesibukan kalian demi menekuni hobi juga tetap berjalan dinamis.

4. Cintamu seperti kaca pembesar yang memperlihatkan kelebihan pasangan. Sisa kekurangannya bisa kamu maafkan

fokus terhadap hal baik pasanganmu via www.tumblr.com

Sudahkah kamu menggaris bawahi dan selalu mengingat perilaku baik pasanganmu? Atau mungkin kamu hanya sibuk nyinyir akan kebiasaan buruknya semata? Pasangan yang bahagia adalah mereka yang selalu teringat akan hal baik yang dilakukan oleh pasangannya dengan tidak sibuk mencerca keburukan pasangan tiap kali ada kesempatan.

5. Terbiasa bergandengan tangan di tempat umum sudah menjadi rutinitas untuk merasa saling memiliki dan mencintai

terbiasa bertautan tangan di tempat umum via becuo.com

Bukan karena ingin pamer atau sekedar mengobral kemesraan. Terbiasa bergandengan tangan di tempat umum membuatmu dan pasangan merasa saling memiliki dan menguatkan. Bergandengan tangan juga selalu membuat kalian nyaman dan mengingatkan bahwa selalu ada orang di sisi yang bisa diajak untuk berbagi beban maupun kebahagiaan.

6. Saling memeluk dan menguatkan ketika menghadapi permasalahan membuat hubungan kalian makin dilanda keyakinan

saling memeluk untuk menguatkan via linksservice.com

Ada masanya ketika pasangan dilanda krisis keyakinan dan butuh untuk dikuatkan. Berbagi pelukan disaat seperti ini akan menjadi ritual yang sudah biasa bagi pasangan yang berbahagia. Tidak saling meninggalkan dan justru berbagi beban lewat pelukan merupakan hal yang harus dilakukan ketika melihat pasangan kita sedang diterpa permasalahan. Susah dan senang bersama bisa menjadi resep ampuh untuk menjadi pasangan yang selalu bahagia.

7. Saling mengucapkan selamat pagi tanda bahwa kalian saling mengingat saat membuka mata di pagi hari

saling mengucap selamat pagi via www.janakellam.com

Ucapan sederhana di pagi hari bisa menjadi tanda bahwa kalian adalah pasangan yang selalu mencintai. Saling mengucapkan selamat pagi kepada pasangan bisa menjadi tanda sederhana bahwa pasanganmulah yang pertama diingat ketika membuka mata di pagi hari. Bahkan ritual sederhana ini mampu mempererat jalinan cinta kalian.

8. Menghargai dan selalu mengingat kebaikan kecil yang dilakukan oleh pasangan membuat kalian makin saling mencintai lebih dalam

mengingat kebaikan kecil yang pernah dia lakukan via pixgood.com

Saling menghargai dan mengingat kebaikan kecil yang selalu dilakukan oleh pasangan bisa menjadi resep ampuh untuk menjadi pasangan yang bahagia. Hatimu akan selalu merasa hangat tiap kali teringat kebaikan kecil yang pernah dilakukan oleh pasangan terhadapmu. Pasanganmu juga akan merasa tersanjung dan dihargai karena hal sepele yang dilakukannya sanggup membuatmu makin cinta dan bahagia.

9. Rutin saling mengecek mood setiap hari akan membantu kalian memahami perasaan masing-masing walaupun sedang berjauhan

rutin mengecek mood hariannya via www.huffingtonpost.com

Tidak selalu bertemu tiap hari bukan menjadi penghalang utama untuk tidak memahami satu sama lain. Kesibukan masing-masing juga tidak menjadi alasan nomor satu kalian untuk absen mengetahui perasaan pasangan. Kamu dan pasangan akan rutin meluangkan waktu untuk sekedar mencari tahu bagaimana mood pasanganmu di tengah gelombang kesibukan yang melanda setiap hari. Memastikan perasaan pasangan tetap bahagia dan gembira setiap hari merupakan hal biasa yang selalu dilakukan oleh setiap pasangan yang bahagia.

10. Ucapan tidur sederhana yang dikirim setiap malam bisa menghangatkan perasaan walaupun orang terkasih sedang tidak berada di pelukan

mengucapkan selamat tidur dan selamat malam via molempire.com

Selain selalu bertukar sapa di pagi hari, kamu dan pasangan juga rutin saling melempar ucapan singkat selamat malam sesaat sebelum tidur. Ucapan sederhana sebelum menutup mata bisa menjadi penghangat hati walaupun pasangan sedang tidak berada di pelukan. Hal ini dapat membuat kalian merasa bahagia memiliki satu sama lain.

11. Lebih gemar melontarkan pujian daripada makian membuat hubungan kalian lebih bahagia walaupun sedang berada di titik terendah kehidupan

lontarkan pujian daripada makian via favim.com

Kebiasaanmu untuk memuji pasangan membuat kalian bahagia tiap saat. Alih-alih saling memaki, melontarkan pujian bisa menjadi pilihan yang lebih baik jika ingin merasa bahagia setiap saat bersama pasangan. Bahkan, kata-kata pujian ini bisa menjelma sebagai sumber kekuatan di saat kalian berada di titik terendah kehidupan. Percayalah bahwa kalian bisa melewati masa sulit dengan saling memuji, meyakini, dan menyayangi.

12. Bersyukur dengan apa yang kamu miliki bisa membuat matamu terbyka. Di balik semua kurang, kamu masih memiliki dia

buka mata dan selalu bersyukurlah via imgkid.com

Selalu bersyukur tiap saat membuatmu dan pasangan menjadi lebih bahagia dan beruntung karena masih memiliki satu sama lain. Hal ini juga membuat kalian merasa teristimewa karena masih

Jadi, apakah kamu dan pasanganmu tergolong pasangan yang bahagia dan sering melakukan kebiasaan-kebiasaan manis seperti di atas?