Bertemu dengan orang tua pacar untuk pertama kalinya adalah momentum yang mendebarkan. Kalian boleh menganggap hal ini sudah biasa, tapi apakah semua bisa berjalan mulus begitu saja? Mungkin kalian anggap memang biasa dan nggak terlalu menakutkan, tapi kalau nyatanya sikap dan kelakuanmu itu bikin calon mertua risih dan menolak restu, kamu hanya bisa menyesalinya. Terus, bagaimana cara terbaik di momen-momen seperti itu?

Tak kenal maka tak sayang, tak kenal maka jauh dari restu orang tua. Kenali orang tua pacar lewat cara yang mudah, meski perlu kerjasama antara kamu dan pacar apa salahnya juga meminta bantuannya. Darimana bisa kita mengenal watak seseorang yang belum pernah sekalipun ketemu? Dari latar belakang mereka, pekerjaan bisa jadi indikator sifat dan sikap yang mereka terapkan dalam hidup. Yuk, kenalan sama calon mertua!

1. Punya calon mertua yang bekerja di bidang perbankan membuatmu harus siap soal finansial, setidaknya kamu cukup mapan

Bersikap bahwa kamu bisa bikin pacarmu makmur… via unsplash.com

Kalau calon mertuamu kerja di bank, dekat dengan masalah hitung-hitungan finansial, kamu perlu memastikan bahwa secara ekonomi kamu sudah lunas alias aman. Orang tua pacarmu bakalan berpikir dua kali kalau kamu belum kerja atau masih kuliah, pasti hubungan sedikit tersendat karena masalahmu dengan calon mertua ini.

2. Menjadi PNS membuat orang tua pacarmu punya keyakinan, kalau pasangan anaknya pun harus punya pekerjaan yang menjamin di masa depan

Siapkan masa depan untuk hari tua kamu dan pasangan, restu orang tua pun datang… via unsplash.com

Advertisement

Sudah sejak lama label jadi seorang PNS memang punya masa depan yang aman, dapat pensiunan dan pekerjaan yang nyaman. Tapi, nggak selamanya juga PNS nyaman, ada kalanya kesempatan untuk menambah penghasilan ewat pekerjaan lain disia-siakan. Kalau kamu berhadapan dengan calon mertua di bidang pekerjaan pemerintahan, baiknya kamu punya perencanaan matang untuk hari tuamu dan juga pasangan.

3. Pastikan kamu menjaga sikap dengan sebaik-baiknya, saat tahu kalau calon mertuamu ini berprofesi sebagai guru

Berkorban demi jadi pribadi yang rapi dan sopan… via unsplash.com

Memang jadi beban, nggak cuma kamu, pacarmu saja kadang merasa dibebani jika harus menjaga sikap di depan orang banyak, tetangga atau kenalan orang tua. Sudah jadi hal umum, orang tua yang berprofesi sebagi guru menginginkan anaknya memiliki tindak-tanduk penuh dengan kesopanan dan rasa hormat yang tinggi. Kamu calon menantu mereka, jaga sikap juga, supaya cepat direstui.

4. Aslinya calon mertua yang berkarir sebagai polisi atau TNI cuma mau menantunya punya kedisiplinan dan tanggung jawab yang tinggi

Disiplin bisa bikin semua usahamu juga berjalan mulus dan sesuai harapan… via unsplash.com

Apa yang kamu lihat dari seorang yang berprofesi sebagai polisi atau mereka yang berada di dinas militer? Tentu saja kedisiplinan dan tanggung jawab jadi dua hal yang perlu diperhitungkan. Kalau kamu sudah merasa punya dua hal itu, jangan takut dan kahwatir hadapi mertua.

5. Biarpun cara pandangmu kritis dan idealismemu besar, kalau tak punya karya yang dibanggai jangan dulu yakin direstui calon mertuamu yang seniman ini

Berkarya dan tunjukkan kalau kamu produktif… via unsplash.com

Mulai dari sekarang kamu harus rajin berkarya, banyak mencari ilmu dan wawasan siapa tahu dapat calon mertua seniman. Meski kelihatan santai, tapi nyatanya seniman juga punya kriteria sendiri saat pilih calon menantu.

6. Punya calon mertua yang jago banget IT, tak harus melek teknologi juga sih, tapi setidaknya kamu selalu punya bahan obrolan yang menarik

Bikin dia jadi tertarik sama topik obrolanmu… via unsplash.com

Karena biasanya orang tua pacar yang berprofesi di bidang IT nggak selalu slow, mungkin bahkan sibuk sepanjang waktu. Kamu harus cari cara menggaet perhatiannya, jangan sampai deh jadi diem-dieman sepanjang pertemuan.

7. Tapi, kalau kamu belum punya calon mertua… “tak apa kawanku, suatu saat nanti doamu akan terjawab dan berakhir bahagia…”

Semangat berjuang… via unsplash.com

Apa yang kamu khawatirkan? Jodoh sudah diatur Tuhan, kamu hanya harus berusaha dan jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan untuk masa depanmu. Yakinlah jika perencanaan kemakmuran dan kebahagiaan dirimu sudah ditangan, jodoh mudah digaet dengan segenap kepercayaanmu. Jangan sedih melulu, kawan…

Kembali lagi, orang tua manapun juga peduli dengan anaknya itu. Saat tahu anaknya sudah punya kekasih, tentu mau tidak mau orang tua harus menjaga anaknya dan memberikan jalan terbaik. Daripada kamu diputus karena orang tua nggak rela anaknya berhubungan denganmu, baiknya lakukan pengorbanan untuk menyesuaikan dengan harapan calon mertua. Kamu punya hak untuk dicintai dan mencintai, ketika orang tua melarangmu, berikan alasan terbaikmu serta berikan bukti bahwa hubungan berjalan sehat dan punya masa depan cerah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya