Menjalin hubungan yang manis bukan hanya soal setia dan saling memahami, tapi kedewasaan hubungan juga diukur dari kemampuan jatuh cinta berulang kali pada orang yang sama. Nanti akan tiba waktunya, pasanganmu ini mempunyai fisik yang tak semenarik dulu. Itulah mengapa hubungan yang bisa langgeng tak seharusnya dilandasi dengan ketertarikan pada fisiknya saja. Nantinya hubunganmu dan dia hanya akan diisi dengan pertukaran pikiran dua orang yang memilih bersama.

Sementara itu, kamu butuh tahu apakah pasanganmu sekarang adalah orang yang akan mencintaimu dengan kadar yang sama hingga nanti. Setidaknya kalau ada 7 hal ini ada dalam dirinya, kamu tak perlu khawatir lagi.

1. Dia masih mengingat banyak hal tentang hubunganmu. Bahkan hal paling remeh sekalipun

Masih ingat hal-hal kecil via laurenlovephotography.com

Kamu masih inget nggak pas pertama kali ketemu aku? Mukamu lusuh banget

Hahaha udah 3 tahun masih diingat aja! Iya ‘kan itu aku baru pulang kerja, nggak sempet pulang buat mandi

Percakapan seputar hal-hal remeh seperti itu akan kerap mewarnai hubunganmu dengan pacarmu. Dia memang jarang membuatkan kata-kata romantis untukmu, bahkan untuk disebut pacar yang romantis saja tidak. Namun lebih dari itu, dia mampu mengingat banyak momen kecil yang telah kalian lalui bersama. Sampai terkadang kamu heran, ternyata dia mengingat banyak hal.

2. Ketika kamu berbuat kesalahan, pacarmu selalu punya maaf yang seolah tak terbatas untukmu

Advertisement

Dia memiliki maaf tak terbatas

Setiap orang pasti pernah berbuat salah, begitu pun dengan kamu yang pastinya tak pernah luput dari segala khilaf. Mungkin kesalahanmu tak lagi terhitung, belum lagi kata-kata yang tak sengaja kamu katakan dan itu melukai hati orang lain. Tapi buat pacarmu, apapun kesalahanmu ia selalu punya maaf yang seolah tak akan ada habisnya. Asalkan perbuatan itu masih bisa ditoleransi, pacarmu tak pernah ambil pusing.

Namun meski dia mampu memaafkanmu berkali-kali, dia tak tinggal diam. Dia tak lelah untuk membantumu jadi pribadi yang lebih baik lagi. Caranya mengingatkanmu tak pernah membuatmu merasa ‘kecil’. Kamu selalu tahu, dia ingin yang terbaik untukmu.

3. Kalau ada orang lain yang paling memahami kamu selain keluarga, ya dia orangnya

menerima keburukanmu via laurenlovephotography.com

Kalau ada yang memahami luar dalam dengan fasih, tentu keluarga jawabannya. Jelas mereka adalah orang yang berinteraksi denganmu selama bertahun-tahun. Namun kini ada dia yang hadir di hidupmu. Interaksinya denganmu pun mulai menyamai interaksimu dengan keluarga. Dia mulai memahamimu dengan khatam. Kalau ada orang lain selain keluarga yang mampu memahamimu dengan baik, jelas dia orangnya.

Tanpa banyak bertanya, kadang dia sudah bisa memahami ketika kondisi hatimu sedang buruk. Dan anehnya dia selalu menjadi orang pertama yang kamu cari, ketika kamu dihadapkan pada kondisi yang membingungkan. Dia tahu caranya membuatmu tenang. Sekalipun tanpa banyak nasihat sok tahu tentang ini itu.

4. Meski sudah lama bersama, kamu selalu menemukan kejutan tiada dua

dia kerap memberi kejutan via laurenlovephotography.com

Pacaran sudah bertahun-tahun, kemana-mana sering berdua, tapi bersamanya kamu seperti baru memasuki bulan-bulan awal kisah cinta kalian. Kenyamanan yang dia berikan tak pernah berubah, dia malah menjadi seseorang yang lebih menyenangkan lagi untukmu. Bila pasangan lain mengeluhkan sifat pacarnya yang berbeda setelah mulai lama pacaran, kamu dan dia justru berbeda. Makin lama, hanya kenyamanan yang kamu rasakan. Sekalipun kalian sudah sama-sama paham sifat buruk masing-masing.

5. Pacarmu tak pernah bisa marah terlalu lama denganmu. Kamu selalu bisa meluluhkannya kembali

ia tak pernah bisa marah lama via laurenlovephotography.com

Masa pacaran tidak pernah dilewati tanpa adanya luka, begitu juga saat kamu yang tak sengaja membuatnya berdarah-darah. Ia mungkin kecewa dengan kamu yang selalu melakukan kesalahan yang sama, sedih karena kamu tak pernah mau berubah lebih baik. Alih-alih memilih pergi, dia selalu bertahan. Karena dia sadar, saat dia mencari yang lebih sempurna tak akan ada habisnya.

Sikapnya ini pada akhirnya membuatmu seringnya merasa tak enakan. Kalau kamu tak juga mengubah sifat keras kepalamu ini, entah apa jadinya ke depan. Sanggupkah dia tetap bertahan?

6. Dia mengibaratkanmu bagai sebuah rumah. Karena kemanapun dia pergi, kamu jadi tempatnya kembali

kamu bagai rumah buatnya via laurenlovephotography.com

Tanda orang yang mampu mencintai berkali-kali adalah dia yang selalu menganggapmu seperti rumah. Karena kemana saja dia pergi, ia akan kembali padamu. Tidak peduli sesulit apapun untuk mempertahankan kamu, ia selalu memilih pulang.

Sekalipun banyak orang yang menawarkan kenyamanan yang lebih, dengan tampilan yang tak kalah menarik, pacarmu selalu memilih kamu untuk melepaskan segala beban dan penatnya. Kamu memang tak menawarkan banyak hal, tapi cinta yang tumbuh diantara kalian bisa membuatnya merasa cukup dan genap.

Karena rumah baginya adalah peluk beserta tatapan hangat darimu.

Kamu yang merasa seseorang dengan tanda ini hanyalah mustahil, bisa saja karena kamu belum menemukannya. Tapi kalau kamu tak juga menemukannya, mungkin kamu masih sibuk dengan diri sendiri. Mudah saja, sebenarnya kamu hanya butuh percaya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya