Pernahkah kamu tiba-tiba jatuh cinta pada orang yang sebelumnya kamu benci? Pernahkah juga kamu memelihara rasa kepada orang yang selama ini berbeda jauh dengan “tipe ideal”-mu? Sehingga mau tak mau, kamu pun bertanya:

Masa iya sih aku cinta sama dia?

Kok bisa sih aku suka sama dia?

Gak jarang hal ini membuatmu pusing sendiri. Mungkin kamu merasa gengsi karena berlaku berbeda dari keyakinanmu selama ini.

Tenanglah, kamu tidak perlu merasa bersalah dan berdosa. Cinta itu anugerah yang kadang memang bandel dan susah dikendalikan. Semakin keras kamu berusaha menahannya, semakin rasamu terpelihara. Nyatanya cinta memang datang dengan cara yang tidak terduga, kadang hingga menjungkirbalikkan logika. Berikut ini adalah skenario yang kerap terjadi ketika cinta mematahkan logika. Simak baik-baik, siapa tahu kamu ada dalam salah satunya.

1. Kamu selalu berharap mendapat pasangan yang lebih dewasa, tapi faktanya cinta membuatmu berlabuh dia yang lebih muda.

Cinta beda usia via instagram.com

Advertisement

Gak sedikit para cewek yang mengidam-idamkan punya pasangan yang lebih dewasa, setidaknya seumuran atau lebih tua. Alasannya, cowok yang lebih tua dianggap akan bisa “ngemong”, membuatmu leluasa untuk bermanja-manja. Eits, ternyata itu hanyalah gurauan para pujangga. Bertambahnya umur tidak menjamin bertambahnya kedewasaan. Karena angka gak selalu menunjukan sikap. Maka, gak jarang kamu justru jatuh cinta pada orang yang lebih muda.

Meskipun kamu mencoba mengelak dari perasaan, ternyata dia yang lebih muda justru menentramkan. Meskipun kamu sudah mencoba berpikir logis untuk mencari yang sebaya atau lebih tua, gak jarang kamu justru nyaman untuk kembali padanya. Cinta kadang tidak memilih apakah dia lebih muda atau tua. Tapi cinta hanya membawamu pada kenyamanan yang tidak dijamin oleh angka.

2. Idealnya, kamu pun berdoa agar punya pasangan yang bisa menjadi imam dalam menghadap Tuhan. Namun, cinta membuat kamu dan pasanganmu beribadah dengan cara yang berbeda.

Cinta beda agama via cdn.ciricara.com

Siapa sih yang gak ingin merasakan keromantisan menghadap Tuhan bersama pasangan? Hampir setiap orang pasti menginginkannya. Mungkin kamu berharap dia bisa menjadi imam di setiap sembahyang dan di sampingmu ketika pergi ke tempat ibadah. Namun, pada beberapa orang harapan ini hanya angan-angan. Gak jarang kamu malah jatuh cinta pada dia yang berbeda keyakinan.

Meskipun keyakinan yang berbeda membuat cinta kalian menjadi terganjal, ternyata dalam berbagai hal kalian masih nyaman satu sama lain. Meskipun pada awalnya, kamu kerapkali mencoba menyadarkan diri sendiri untuk tidak jatuh hati. Tapi cinta sepertinya membuatmu susah untuk pergi. Anehnya, cinta kadang membuatmu berbunga-bunga meskipun keyakian kalian tidak menjadi sama. Kalian pun memutuskan untuk bersama, meski tahu keyakinan kalian yang berbeda. Soal masa depan, “dipikirnya nanti saja, deh.”

3. Bertahun-tahun berharap tanpa kepastian, nyatanya kamu tak juga merasa bosan. Cintamu ada di tempat yang sama meski kamu mungkin sudah berpindah kota.

Menunggu sampai tua via www.glogster.com

Pernah gak sih kamu mencintai seseorang yang dia tidak pernah memberikan kepastian yang jelas? Mungkin kamu selama ini jatuh cinta pada teman TK yang sekarang sudah jauh di luar kota. Mungkin kamu memendam rasa pada seseorang sejak lama tanpa pernah berani mengutarakannya. Bertahun-tahun kamu berharap dan menunggu tanpa kepastian yang jelas. Dan sampai sekarang, kamu masih punya rasa yang sama.

Gak jarang kamu berusaha berpikir logis bahwa apa yang kamu lakukan ini membuang-buang waktu dan menguras tenaga. Berkali-kali kamu mencoba mencari alasan untuk sadar bahwa masih ada yang lain, namun masih saja tidak mengubah apa-apa. Cinta membuatmu terus betah menunggunya. Cinta membuatmu terus bertahan di tempat yang sama. Sampai-sampai kamu hanya mengharap keajaiban agar dia datang membalas cinta. Meskipun hal ini kadang membuatmu seperti tak waras dengan mengharap dan mengharap tanpa ada kepastian yang jelas, namun cinta masih saja membuatmu betah. Kamu selalu merapal dalam hati: mencintainya dari jauh sudah lebih dari cukup.

4. Kadang kamu sudah menulis kriteria orang yang cocok jadi pasangan. Namun, justru seseorang yang jauh berbeda yang akhirnya datang.

bersama dia, kamu bisa sejenak kabur dari rutinitas via kennethlimphotography.com

Gak sedikit orang membuat kriteria yang saklek untuk pasangannya dimasa depan. Mungkin kamu pernah membuat kriteria, kamu tidak ingin punya pacar yang suka main DotA, kamu tidak suka pada dia yang terlalu pendiam, dan kamu akan menghindari dia yang berambut panjang. Namun, ternyata kenyataan berkata hal yang sebaliknya. Tanpa pernah kamu rencanakan, cinta justru membuatmu jatuh hati pada dia yang suka main games, introvert, dan seorang seniman yang berambut panjang.

Kamu kerapkali akan berusaha berpikir bahwa “Dia tidak mungkin jadi orang yang kamu cintai”. Berkali-kali mencoba mengelak, ternyata kamu sadar bahwa cinta bisa jatuh pada dia yang tidak kamu duga. Karena gak sedikit orang yang akhirnya justru berjodoh pada sosok yang tidak pernah dia khayalkan sebelumnya. Cinta kadang memang tidak semudah kamu menulis proposal dengan paham keilmuan, cinta adalah rasa yang bisa tumbuh pada orang tipe apa saja.

5. Mungkin kamu pernah bilang benci setengah mati pada seseorang, tapi perlahan kamu sadar bahwa “kebencian” itu ada hanya karena kamu menyukainya.

Benci bisa jadi cinta via truephotography.com

Cinta kadang jatuh seenaknya di tempat yang tidak kamu inginkan sebelumnya. Gak jarang rasa benci yang sudah mengakar tiba-tiba jungkir balik menjadi rasa sayang. Mungkin dulu kamu pernah membenci setengah mati seseorang yang pernah membuatmu terluka saat olahraga disekolah. Atau kamu mungkin pernah marah besar dengan dia yang pernah membuatmu malu dihadapan umum. Maka, kamu akan menempatkan dia dalam orang-orang yang wajib kamu hindari. Namun, seiring waktu berlalu kenyataan justru berkata lain. Benci yang selama ini mendominasi, berubah menjadi cinta yang membuatmu bersemi.

Anehnya, kamu kadang gak tahu kenapa hal ini bisa terjadi. Sekeras apapun kamu membohongi dirimu sendiri, cinta justru membuatmu lebih peduli. Meski kamu sudah mencoba mempertahankan gengsi, namun cinta justru membawamu untuk tahu bahwa dia adalah orang yang kamu cari selama ini. Cinta kadang memang tidak bisa dicegah hanya untuk mempertahankan gengsi. Dulu yang pernah membuatmu benci setengah mati, justru bikin kamu jatuh cinta setengah mati.

6. Logikanya, ditolak berkali-kali itu artinya kamu harus undur diri. Tapi cinta justru membuatmu tetap bangkit dan mencoba meminta lagi.

Semakin dia menjauh, semakin rajin kamu mengejar via www.desk7.net

Cinta memang kadang tidak masuk akal. Meskipun cintamu sudah ditolak beberapa kali, kamu masih setia menanti. Gak jarang, kamu masih bersikukuh untuk memperjuangkannya meskipun dia sudah memberikan sinyal agar kamu menyerah. Malu sudah bukan lagi hal yang kamu risaukan, yang terpenting kamu bisa mendapatkanya cintanya. Menitipkan salam, menyapa setiap pagi, atau menawarkan tumpagan setiap kali dia butuh jemputan. Bagimu, ditolak berkali-kali bukan alasan untuk tidak mencoba lagi.

Mungkin gak sedikit orang yang menyarankanmu untuk mencari yang lain, namun cinta membuatmu tetap memperjuangkan dia yang telah lebih dulu membuatmu jatuh cinta. Meskipun dia bergerak menghindarimu semakin jauh, kamu semakin penasaran untuk mengejarnya lebih kencang. Kamu tidak lagi peduli dengan pikiran orang, karena bagimu cinta bisa menjadikanmu seorang pejuang yang tidak mudah mengenal kata menyerah.

7. Tidak ada hal yang mustahil pada siapa kamu jatuh cinta. Karena bisa saja, orang yang “biasa saja” akan mendapatkan dia yang tak biasa.

Cinta tidak membedakan siapa yang paling baik via instagram.com

Cinta itu gak selama bisa dipikir seperti hukum reaksi. Cinta adalah dimana hal-hal mustahil tidak pernah ada. Mungkin kamu cowok biasa yang mencintai cewek idola. Atau kamu hanya cewek biasa yang berharap punya pacar cowok idaman di sekolah. Gak jarang kamu akan menekan perasaanmu sendiri untuk jangan mengharap lebih. Kamu akan berusaha keras untuk tidak berekspetasi tinggi. Namun, nyatanya cinta adalah tempat dimana tidak ada strata untuk memilih pada siapa rasa itu akan berkembang.

Gak sedikit jawara kampus justru jatuh hati pada dia yang biasa-biasa saja. Banyak orang yang berperawakan pendek justru mendapatkan perempuan cantik bak model. Cinta memang ajaib untuk mengubah nasib secara drastis. Cinta membuat satu sama lain saling melengkapi. Kamu yang bukan siapa-siapa dan biasa saja, justru bisa bersanding dengan dia yang menjadi idola. Cinta, memang kadang gak bisa di jelaskan dengan logika.

8. Bahkan cinta bisa membuatmu yakin untuk menikahi orang yang baru saja kamu temui, daripada dia yang sudah bertahun-tahun menemani.

Cinta bisa membuatmu yakin dengan dia yang baru dikenal via instagram.com

Cinta itu kadang terasa ajaib. Meski tidak perlu membaca mantra dan doa-doa, cinta bisa membuatmu merasa mantap dengan dengan orang yang baru dikenal. Gak jarang, saat kamu sedang galau untuk segera menikah, kamu justru merasa siap saat dijodohkan dengan dia yang belum kamu kenal. Anehnya, terkadang cinta justru memberikan definisi yang berbeda dari biasanya.

Kalau kata orang “Tresno jalaran seko kulino” (Cinta ada karena biasa), maka bagimu cinta adalah rasa yang tiba-tiba dengan sebab yang tidak jelas. Cinta membuatmu merasa begitu akrab dengan dia yang baru kamu kenal. Maka cinta adalah misteri bagi manusia, kenapa orang yang menikah karena dijodohkan bisa hidup bahagia. Kamu beralasan bahwa cinta memang tak perlu pusing dipikirkan: cinta hanya perlu kamu rasakan.

9. Cinta memang tak bisa dicari, hanya menunggu ditemukan. Dan kadang, kamu justru menemukannya di dekatmu.

Cinta ternyata ada didekat kita via allaboutafgan.blogspot.com

Cinta itu kadang muncul dengan cara yang tidak terduga. Mungkin selama ini kamu mencari jauh untuk menemukan cinta sejati. Atau kamu sering bergonta-ganti pacar dari jurusan kuliah yang berbeda. Namun, tanpa disangka-sangka cinta yang selama ini kamu cari justru ada disahabatmu sendiri. Sahabat yang selama ini tidak berada tidak jauh darimu.

Cinta seringkali membuatmu bertanya-tanya, kenapa baru tahu pelabuhanmu justru sudah sangat dekat dengan kehidupanmu. Kenapa baru sadar dia yang tidak kamu pertimbangkan ternyata justru menjadi yang ditakdirkan. Kadang tidak perlu ada logika untuk membuat dua orang saling jatuh cinta.

10. Jika batu bisa pecah karena dipalu, cinta bisa mengubah jadi lembut kerasnya karakter pasanganmu.

Dia yang keras bisa jadi lembut via www.hdnewwallpapers.com

Kalau kamu ingin memecah kerasnya batu, maka kamu butuh palu. Namun, jika kamu ingin memecah kerasnya manusia, maka kamu butuh cinta. Gak jarang sekeras apapun karakter seseorang, dia akan luluh dihadapan orang yang dicintainya. Mungkin kamu cowok yang paling takut dengan jarum, namun saat pacarmu membutuhkan donor darahmu, kamu tidak akan ragu untuk disuntik. Saat kamu adalah orang paling keras untuk tidak meneteskan air mata, maka cinta bisa membuatmu matamu basah ketika dia yang kamu cintai memutuskan pergi.

Mungkin kamu akan mencoba untuk bertahan dengan prinsip yang selama ini kamu yakini. Namun, terkadang cinta  membuatmu menjadi berubah dari apa yang kamu tahu saat ini. Karena tanpa perlu banyak kata dan tenaga, rasa cinta bisa mengubah segalanya. Kamu bisa menjadi orang yang lebih peduli, lebih punya hati, dan lebih manusiawi.

Cinta kadang bekerja dengan cara yang tidak kita sangka. Benci jadi rindu, marah jadi sayang, biasa jadi istimewa semua berjalan tanpa bisa kamu kendalikan dengan akal. Meskipun berkali-kali otak kita menyangkal, tapi hati tidak bisa menyembunyikan itu semua. Cinta selalu punya cara yang tak terduga untuk bertemu dengan dia yang telah ditakdirkannya.

Cinta terkadang tidak punya logika. Pilihanmu ada dua: lebih hati-hati atau membiarkannya mengalir begitu saja dengan sendirinya?