Untuk lebih mengenal sosok yang selama ini menarik hatimu, kamu pun memberanikan diri mengajaknya kencan. Awalnya, pasti deg-degan.

“Nggak papa deh. Ya emang harus berani kalau mau memiliki.”

*ceile…*

Tapi bilang iya pada ajakanmu aja gak serta-merta berarti dia mau jadi pacarmu. Selama atau bahkan sebelum kencan, ada 9 hal yang mesti kamu lakukan supaya dia nggak ilfeel dan malah gak mau diajak jalan lagi. Ragu atau grogi sih boleh aja, tapi jangan lupa perhatikan 9 hal ini ya. Demi kencan yang berakhir dengan keberhasilan, 9 hal ini layak kamu terapkan!

1. Masih bingung mau ngajak kencan atau nggak? Kalau bisa jawab “iya” tiga hal ini, sebenarnya kamu gak perlu bingung lagi

Kalau jawabannya iya, gak usah ragu lagi via themodernman.com

Pertama: kamu yakin ‘kan kamu beneran naksir, bukan cuma main-main? Kedua, kalau dia ternyata gak balik naksir kamu, kamu bisa ‘kan menyikapinya dengan dewasa? Ketiga, dia pun juga akan cukup dewasa ‘kan untuk nggak menertawakan perasaan kamu nantinya?

Advertisement

Rasa takut untuk ditolak sering bikin kita ragu mau mengajak dia kencan atau tidak. Padahal kalau bisa menjawab tiga pertanyaan di atas dengan “Iya”, santai aja. Kamu memang udah siap untuk mengajaknya jalan berdua.

2. Jangan lupa kalau kamu punya teman. Ceritalah kepada mereka, siapa tahu ada yang bisa memberi saran

Jadi gini… via tumblr.com

Gue saranin, jangan sering-sering taruh tangan ke dalam kantung celana. Seakan-akan lo cowok pelit gak mau ngeluarin duit, kantung celana dijagain gitu.

“… Gue minta saran serius.”

Mau mereka rese atau nggak, senyebelin-nyebelinnya teman pasti bisa bijaksana juga pada suatu saat. Nah, untuk urusan begini nih, gak ada salahnya kamu bercerita ke mereka karena dengan merekalah kamu sering menghabiskan waktu setiap harinya. Secara nggak langsung mereka merupakan orang-orang yang paling mengenal kamu. Jangan gengsi atau takut dicengin ya kalau bercerita!

3. Kencan dengannya pasti akan memunculkan kegugupan, apalagi buatmu yang pemalu. Supaya hilang, coba datang lebih awal agar bisa menyesuaikan

aduh kenapa mesti nervous gini sih via 30datesblog.com

Rasa gugup itu muncul nggak hanya kepada orang yang pemalu, tapi juga oleh orang lain yang kepribadiannya beragam. Kurang oke juga penampilanmu kalau ketahuan grogi saat bersamanya. Oleh karena itu coba datang 10 atau 15 menit lebih awal, bahkan 30 menit kalau perlu! Dengan begitu kamu bisa mengatasi dan menyesuaikan rasa gugupmu saat itu juga. Lagipula, datang lebih awal membuatmu lebih punya banyak persiapan ;p

4. Perhatikan penampilan. Pakailah busana favorit yang paling nyaman supaya bisa mengurangi kegrogian

kayak mereka ;)))) via www.usmagazine.com

Karena dia belum terlalu tahu siapa kamu, tentu penampilan adalah yang pertama kali dinilai olehnya.

Dari mata turun ke hati. Ungkapan ini sepertinya memang benar karena pertama kali yang dinilai orang adalah penampilan dulu, baru kemudian kepribadian dan latar belakangnya. Untuk itu, kamu perlu banget memerhatikan hal ini dan jangan disepelekan ya. Sesuaikan penampilanmu dengan tempat berkencan dan gak lupa juga busana yang nyaman buatmu serta terlihat kece. Kamu nggak mau dong bikin malu dia karena kencan di restoran mahal, eh busana yang kamu gunakan kayak ABG mau ke mall…

5. Masih gelisah juga? Coba deh dengerin lagu riang. Supaya percaya dirimu meningkat dan rasa gelisah menghilang

coba dengerin lagu riang via www.playbuzz.com

Jangan malah dengerin lagu sedih yang membawa kenanganmu pada sang mantan. 3 hari lagi kamu kencan lho, jangan sampai awal kencanmu dimulai dengan menyapa dia dengan nama mantan, bukan namanya.

Percaya nggak percaya sih, tapi lagu-lagu riang memang punya efek positif yang bagus untuk jiwamu ke depannya. Tinggal pilih kesukaanmu musik jenis apa, antara jazz, pop, rock, atau hip hop. Mendengarkan lagu riang itu bisa membangkitkan suasana hatimu yang tadinya sedih lho. Kamu juga bisa berpikir jernih dan menjadi bersemangat.

6. Senyum itu gak cuma ibadah yang baik buat kamu sendiri, tapi juga buat hubunganmu ke depannya. Biarkan aja dia melihat senyumanmu yang malu-malu itu. Ihiy!

siapa yang gak meleleh kalau senyummu bisa kayak gini? via pojoksatu.id

Setuju nggak kalau penilaian positif seseorang kepada orang sekitarnya yang ramah dan murah senyum itu jauh lebih disenangi? Nah, tentu kamu nggak mau menyia-nyiakan hal sederhana ini kan untuk merebut hatinya? Yang penting itu kamu sadar tersenyum sesuai keadaan, ya. Kalau senyum terus sementara dia habis cerita sedih… repot juga.

7. Pilih tempat yang dia suka tapi juga membuat kalian merasa nyaman. Pastikan suasana di tempat itu memang mendukung untuk kencan

abis keliling museum lanjut sepedaan mungkin seru via www.directlyrics.com

Mau jalan ke mana besok jadinya?

Hmm . Pasar malem, biar keluarin biaya kencannya murah meriah.

Nggak ada yang melarang sih kalau kamu ngedate ke pasar malam. Tapi, misalnya ini merupakan kencan pertamamu dan jadinya ke pasar malam apa nggak bikin rugi? Bukan rugi dalam artian biaya, tapi rugi waktu. Pasalnya, di sana kamu akan banyak menikmati permainan, bukan menikmati obrolan kencannya. Apalagi kalau ini kencan pertama, akan ada banyak hal yang mau dia dengar untuk lebih mengenalmu. Sedangkan kalau di pasar malam identik dengan kebisingan orang-orang bermain, yang ada kamunya malah saling teriak karena nggak kedengaran saat berbicara. Hipwee saranin sih yang tempatnya kamu dan dia suka, atau salah satunya deh. Pilih juga yang suasana tempatnya mendukung untuk kamu dan dia mengobrol.

8. Akhir kencan yang menyenangkan itu kalau bahan obrolannya seru. Sebelum berangkat, baiknya kamu menyiapkan apa aja yang akan dituturkan lidahmu

hayo, udah siapin bahan obrolan biar seru kayak gini belum? via favim.com

Dalam hal ini, kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu tentang dirinya, misalnya dari teman-teman atau media sosialnya. Setelah itu, kamu bisa mengonsep bahan obrolan apa aja yang bakal kamu ucapkan nanti saat pergi berkencan. Hindari kegaringan saat berkomunikasi nanti ya dan tambahkan humor-humor yang bisa menghiburnya. Siapa yang nggak senang lihat dia tersenyum dan tertawa bersamamu? Humor itu bisa mengakrabkan yang tadinya jauh menjadi dekat hanya dalam beberapa celotehan.

9. Sebelum kalian pulang, secara halus mention tentang kencan kedua. Jadi kamu gak perlu deg-degan saat nanti mengajaknya lagi

kalau kencanmu memang menyenangkan, gak ada salahnya ajak dia lagi untuk kencan via movies.ndtv.com

Lo suka Rayi RAN sama Angga-nya Maliq kan? Maret nanti kalau gak salah mereka manggung lho di Java Jazz, mau nonton?

Seriuusss? Ih mau banget! Bareng ya nanti.

Kalau dari percakapan di atas sih ibaratnya kamu hanya memancing, eh dia yang langsung to the point mengiyakan. Padahal kamu masih abu-abu ya kasih tahunya. Hehe. Hal seperti itu biasanya suka lupa atau sengaja nggak dilakukan sama kalian karena ketutup sama besarnya gengsi yang ada pada dalam diri. Kalau kamu memang merasa nyaman dan asik-asik aja jalan sama dia, nggak ada salahnya untuk mengajaknya berkencan kembali. Jangan langsung to the point ya tapi, kalau bisa sertakan kalimat-kalimat modus yang nggak terlalu terlihat biar kalau dianya menolak, nggak terlalu bikin mukamu merah karena malu. ;p

Agar kencanmu berakhir dengan menyenangkan dan nggak membosankan, diperlukan kiat-kiat khusus supaya berjalan lancar. Walaupun hanya sekedar kencan, merencanakannya dengan matang nggak ada salahnya dong? Yah demi meninggalkan kesan yang tak terlupakan gitu. Good luck!