Kapan seharusnya kita bilang ke orangtua kalau kita sedang dalam hubungan, sedang dalam pacaran? Tak perlu repot dan tak perlu memaksakan diri mengatakan ke orang tua, fokus ke hubunganmu kalau kamu anggap hubunganmu itu sehat dan bikin kamu produktif. Kenapa harus begitu? Bukan mendikte, tapi nyatanya orang tua lambat laun pasti paham kalau anaknya sedang kasmaran. Kenapa mereka bisa paham?

Jangan ragukan orangtuamu, dia juga bergelimang asam garam soal asmara. Orang tua sengaja mengambil jarak, walaupun sewaktu-waktu dia mengontrol hubungan kalian, tidak lain hanya untuk kebaikanmu, menjadikan hubunganmu dengan pasangan lebh sehat dan baik untuk masa depan. Jangan disembunyikan dan jangan terlalu diumbar ke orangtua, alih-alih jalani backstreet malah nantinya sekali ketahuan kena marah orangtua. Baiknya jalani saja seolah orangtua memang sudah paham. Dan, kenapa mereka bisa tahu? Simak bareng yuk!

1. Selalu menceritakan segala hal tentang dia ke orangtuamu, meski aslinya kamu sendiri belum bilang kalau dia pacarmu

Cerita tentang si A terus ke ibu via unsplash.com

Walaupun kamu nggak pernah cerita secara langsung kalau kamu dan dia sedang pacaran, mulutmu yang gatal kalau nggak curhat itu jadi tanda kalau kamu sedang kasmaran. Mendengarkan kamu yang sering cerita tentangnya, orangtua sudah bisa menarik kesimpulan bahwa anak manisnya ini lagi kasmaran. Walaupun saat bercerita pun pacarmu ini seringnya kamu sebut sebagai teman.

2. Telepon dari dia yang sering datang, buat orangtuamu pun lama-lama menaruh tanya, “Kok kalian dekat sekali ya”

Dikit-dikit main hape… via unsplash.com

Advertisement

Bukannya menguping pembicaraanmu dengan dia di telepon. Tapi namanya juga satu atap, bukankah dinding pasti punya telinga. Biarpun tak mendengar jelas pembicaraan kalian, orangtuamu tetap saja bisa tahu siapa saja yang sering meneleponmu. Mengingat seorang teman tak mungkinkan rutin menelepon hanya untuk sekadar bercanda atau bertanya kabar.

Kayaknya temanmu yang namanya Didid itu sering telepon ya dek? Kalian pacaran kah?!

3. Intensitas antar jemput yang dalam sehari bisa berkali-kali, membuat orangtuamu berkesimpulan kalau kamu dan dia punya hubungan yang cukup spesial

Jangan lupa pakai helm ya… via unsplash.com

Orangtua sering kali heran, kenapa tiap pagi ada anak seumuranmu datang ke rumah menjemputmu. Begitu juga saat kamu pulang sekolah, sering banget kamu diantar oleh orang yang sama. Saat kamu pamit jalan-jalan atau sekadar nonton bioskop pun dia-dia juga yang datang menjemput. Kalau begini faktanya, orangtua mana yang tak punya pikiran kalau kalian punya hubungan yang cukup dekat.

4. Biasanya pas momen ulang tahunmu, meski diam sebenarnya orangtua sudah tahu kalau kamu dapat kado spesial dari seseorang

Iya deh dia memang romantis via unsplash.com

Tahu banget deh yang dapat boneka lucu senengnya sampai nggak bisa nahan senyum, kembang kempis terus tuh hidungnya. Orangtua langsung paham kenapa ada kado ulang tahunmu yang kamu simpan dan kamu sentuh-sentuh tiap saat.

5. Aura kasmaran yang tak bisa ditutup-tutupi pun membuat orangtuamu sadar sendiri perubahan suasana hatimu ini

Kamu nggak bisa sembunyikan perasaan itu… via unsplash.com

Biasanya ibumu paham banget kalau kamu lagi kasmaran, kamu nggak bisa menanggalkan senyum simpul itu dari bibirmu. Ditambah juga rona wajah yang berseri sepanjang waktu di rumah. Kalau sudah begini ibumu cuma bisa ikutan senyum lihat kamu bahagia, sesekali ibu juga mengingatkan tentang cinta.

6. Buat cewek, orangtua paham banget kalau kamu mulai dandan, mengubah penampilan jadi kelihatan beda banget

Cantiknya anak mama… via unsplash.com

Kamu yang biasanya cuek banget sama yang namnya bedak, foundation, dan lipstick, kini mulai dandan, buka-buka tutorial DIY make-up kekinian. Bapak sama ibumu paham banget kalau kamu sudah melakukan gelagat ganjil ini. Mereka pasti dukung sih sambil nahan ketawa.

7. Kamu tak hanya sering keluar rumah, tapi pengeluaranmu pun jadi semakin tinggi, maklum sering ngedate sama pacar sih….

Jangan lupa waktu… via unsplash.com

Belakangan ini kamu jarang di rumah dan sering keluar sama pasangan. Cowok biasanya tambah boros, begitu juga cewek, dari masalah ini orangtua sudah mulai curiga kalau kamu sedang asyik pacaran. Ingat ya, keluarga yang utama, jangan sampai kamu pacaran malah nggak sehat dan bikin pengeluaran membludak. Baiknya kamu malah tambah produktif.

Bersyukur deh mereka yang sudah direstui orangtua buat pacaran, walaupun nggak sepenuhnya didukung paling tidak orangtua mulai paham. Sekarang, pikirkan lagi deh mau kamu sembunyikan hubunganmu ini atau kamu utarakan ke orang lain terutama orang tuamu. Perlu diingat, orangtua kebanyakan akan merestui hubungan kalian yang sehat, produktif dan syukur-syukur bisa menambah penghasilan karena kamu dan pasangan punya usaha bareng. Jangan sampai hubungan yang kalian jalani ini malah bikin moral dan penghasilanmu merosot. Semangat deh….

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya