Setiap pasangan pastinya mendambakan hubungan yang bahagia. Memulai sebuah hubungan juga dibarengi keinginan untuk bisa bertahan bersama. Kamu dan dia akan berusaha baik-baik saling menjaga agar tak ada masalah yang mengganggu hubungan nantinya.

Dan sebenarnya, tak ada cara khusus demi menjaga hubungan agar tetap baik-baik saja. Tak ada tips-tips rahasia, kecuali kemauan untuk berjuang sama-sama. Nah, di artikel kali ini Hipwee ingin berbagi tentang kebiasaan-kebiasaan sederhana yang ternyata membuktikan kalau kalian adalah pasangan yang beneran bahagia.

Bergandengan tangan saat jalan berdua tak melulu berarti kekanak-kanakan. Sikap sederhana ini justru membuktikan kalau kalian merasa nyaman.

gandengan tangan tak melulu kekanak-kanakan via rebloggy.com

Banyak pasangan yang memang sudah terbiasa melakukan kebiasaan ini. Namun, ternyata tak sedikit pula yang mengaku risih atau malu jika harus melakukannya. Apalagi saat berada di tempat umum, kamu atau pasanganmu mungkin enggan di cap sebagai pasangan yang kekanak-kanakan oleh orang lain.

Padahal, kebiasaan ini tak selalu berarti negatif. Ada kalanya genggaman tangan pasangan bisa memberikan rasa nyaman. Ada saatnya pula genggaman tangan itu bisa menambah rasa percaya dirimu. Asalkan bergandengan tangan dengan biasa atau tak berlebihan, kebiasaan macam ini akan baik bagi hubungan kalian.

Bukan berarti harus selalu kemana-mana berdua. Tapi tak ada salahnya kalau kalian sering mengerjakan hobi masing-masing dan tetap sama-sama.

Advertisement

lakukan banyak hal bersama-sama via www.polyvore.com

Kamu dan pasanganmu adalah dua individu berbeda. Jadi, wajar kalau kalian punya hobi atau kegemaran yang tak sama. Jangan memaksakan untuk selalu menghabiskan waktu bersama pasangan. Kemana-mana berdua meski sebenarnya kamu dan dia sedang tak ingin berduaan.

Cara sederhana yang bisa kalian lakukan adalah dengan melewatkan waktu bersama meski dengan aktivitas yang berbeda. Kamu mungkin paling suka membaca, sedangkan pasanganmu lebih suka main game atau nonton film. Tanpa perlu saling memaksakan kegemaran masing-masing, kerjakan saja apa yang masing-masing kalian sukai tapi secara bersama-sama.

Perasaan memang baiknya dilafalkan. Asalkan tak berlebihan, memanggil pasangan dengan kata “Sayang” atau “Cinta” toh sah-sah saja ‘kan? 🙂

Mau makan dimana, Sayang? via idahopedsgi.com

Ada kalanya menyebut pasangan dengan panggilan sayang itu terasa berlebihan. Iya sih, kalau kamu memilih panggilan yang tak biasa dan terdengar berlebihan di telinga, panggilan “Ayah” atau “Bunda” misalnya. Selain itu, kamu dan pasanganmu juga harus sedikit lebih peka. Ketika berada di lingkungan keluarga atau rekan kerja misalnya, bisa jadi panggilan sayang itu juga tak nyaman di telinga. Tapi percayalah, selama bisa menggunakan panggilan-panggilan sayang pada pasangan dengan bijaksana, kebiasaan itu justru baik bagi hubungan kalian kok.

Jangan gengsi-gengsian kalau sama pasangan. Sesekali melisankan perasaan justru akan menguatkan hubungan kalian.

kirim pesan manis buat pasanganmu via theodysseyonline.com

Kebiasaan yang satu ini memang benar-benar sederhana. Kamu dan pasanganmu tak butuh banyak usaha atau biaya untuk melakuannya. Cukup kirimkan pesan lewat SMS atau aplikasi chatting berisi kalimat-kalimat manis.

“Selamat pagi, Sayang…”

“Semoga harimu menyenangkan, ya…”

“Selamat tidur…”

Meski sederhana, kalimat-kalimat manis ini ampuh membangkitkan energi positif dalam dirimu dan pasanganmu. Masing-masing kalian akan merasa lebih bahagia sehingga hubungan pun akan semakin menyenangkan untuk dijalani.

Sebaiknya jangan remehkan perkara komunikasi. Meski tak harus setiap hari, biasakan untuk menelepon pasangan sesekali sebagai tanda kamu peduli.

jangan remehkan perkara komunikasi via weheartit.com

Seringkali komunikasi jadi penyebab utama gagalnya sebuah hubungan. Memang, tak bisa dipungkiri bahwa komunikasi punya peranan penting untuk menjaga hubungan kalian. Komunikasi itu tanda rasa sayang, sekaligus pertanda kalau kalian saling peduli.

Tak harus menelepon berkali-kali dalam sehari. Cukup sesekali saja sudah menunjukan rasa peduli dan perasaan sayangmu pada pasangan. Saat pagi hari sebelum beraktivitas atau malam hari sebelum tidur, mengobrol dengan pasanganmu lewat telepon bisa jadi kemewahan tersendiri.

Tak ada pasangan yang sempurna, sesekali berbuat salah pun wajar saja. Mudahlah memaafkan kalau untuk seseorang yang kamu sayang.

ringanlah memaafkan pasanganmu via retrolane39.tumblr.com

Mustahil jika kamu berharap punya hubungan yang selamanya baik-baik saja. Wajarnya, hubungan pasti mengalami jatuh bangun sehingga hal itulah yang akan menempa jalinan kasih antara kalian. Yang pasti, bukan masalah yang harus dihindari, tapi bagaimana kalian bisa menyelesaikan setiap kesulitan yang menghampiri.

Sesekali pasanganmu mungkin akan berbuat salah, tapi sanggupkah kamu untuk memaafkan? Dan jika dirinya pernah berbuat salah pun, maukah kamu untuk seterusnya tetap percaya? Bagaimana pun, rasa percaya dan kemauan untuk berlapang dada pada pasangan adalah modal utama agar hubungan kalian bisa bertahan lama.

Demi hubungan yang bahagia dan bertahan lama, terimalah pasanganmu apa adanya. Hindari kebiasaan mencari-cari kesalahan yang hanya akan melukai hatinya.

jangan pernah merutuki kekurangan pasangan via dylandsara.com

Sebelum memutuskan untuk menjalani sebuah hubungan, tentu ada proses panjang yang harus dilewati. Yang pasti, kamu dan pasanganmu tentu akan baik-baik membuat berbagai pertimbangan terlebih dahulu. Itulah mengapa kamu tak sepantasnya merutuki kekurangan pasangan, toh kamu sebelumnya punya kesempatan untuk berpikir terlebih dahulu sebelum menerimanya.

Merutuki kekuranga natau mencari-cari kesalahan pasangan pastinya hanya akan melukai perasaan pasangan. Selain itu, hubungan yang awalnya baik-baik kalian usahakan justru akhirnya hanya akan berakhir sia-sia.

Apakah kebiasaan-kebiasaan di atas sudah kamu dan pasanganmu lakukan. Jika belum, tak ada salahnya berusaha mulai sekarang. Asalkan punya kemauan untuk berusaha, hubungan yang bahagia adalah milik kalian berdua. 🙂

Colek Ricky Harun dan Herfiza Novianti, hihi.