Pengorbanan dalam sebuah hubungan selalu dikaitkan dengan keseriusan. Katanya tanpa pengorbanan perjalanan dalam hubunganmu seperti halnya makanan tanpa garam, hambar. Tapi seringnya pengorbanan ini hadir berat sebelah atau hanya di satu pihak saja. Cewek seringnya dipikir sebagai pihak yang menuntut cowoknya berkorban. Padahal cewek juga tak kalah sering berkorban, tapi seringnya dianggap remeh dan dipandang sebelah mata.

Kamu kadang berpikir demi kelanggengan hubungan, tak ada salahnya berkorban dalam beberapa hal. Namun kamu masih dianggap bisanya ngambek-ngambekan saja. Padahal pengorbananmu ini tak kurang-kurang kamu lakukan.

1. Menunggu meski hanya sebuah kabar, tetap saja melelahkan dan butuh banyak sabar

menunggu itu bukan hal yang mudah, harusnya cowok tahu via www.lovesicklove.com

Seharian kamu tak bisa jauh dari layar ponsel, dengan harapan pesan darinya muncul. Satu jam, dua jam, sampai satu hari hampir penuh kadang kabarnya tak juga datang. Jangan ditanya lagi rasanya seperti apa, kesal serta sedih jadi satu. Menunggu itu sudah pasti tak enak, karena rasa lelah datang bukan dari fisik tapi dari pikiran dan perasaan.

Paling penting, penantianmu ini sudah pasti memakan banyak waktu. Kadang kamu rela begadang demi menunggu kabar dari dia. Parahnya lagi ada dari kamu yang pernah menunggu kabar hingga berhari-hari. Tapi yang datang justru bukan kabar yang menyenangkan, melainkan soal keputusan pisah sepihak.

Advertisement

Selama ini cowok tahunya, cewek cuma bisa ngambek atau marah saat dirinya tak berkabar. Tanpa pernah paham pengorbanan apa yang dilakukan cewek demi kabar dari kalian.

2. Mengurangi waktu kegiatan sendiri seperti kumpul dengan teman atau keluarga, demi selalu ikut serta dalam kegiatan cowoknya

ikut serta kegiatan cowokmu via www.logancoleblog.com

Iya, nanti jadi aku ikut lihat kamu latihan musik.

Aku bisa kok temenin kamu meeting sama anak komunitas.

Iya aku lagi sama teman-teman ini. Tapi nggak apa kok, kalau emang kita mau ke acaranya Ojik. Aku bisa balik duluan.

Kamu paham untuk bisa mengenal lebih dalam pasanganmu ini, perlu usaha ekstra. Salah satunya dengan lebih sering ikut dalam kegiatan-kegiatannya. Kamu memang tak kebaratan, meski waktu untuk lingkunganmu sendiri sudah pasti harus berkurang.

Akhir pekanmu, hampir selalu bersamanya. Kadang kamu pun harus pamit pergi lebih dulu ke teman-temanmu, karena dia mendadak mengajak pergi. Atau kamu yang bela-belain mengurangi waktu untuk hobimu, supaya lebih bisa sering ikut ke setiap kegiatannya. Cowok tahunya kamu oke-oke saja. Memang kamu selalu senang dengan ikut kegiatannya. Tapi di satu sisi, kamu kadang ingin cowokmu pun menyelemi dirimu sama seperti usaha yang dilakukan olehmu.

3. Demi terlihat sempurna di hadapannya, kamu pun memperbaiki diri sejadi-jadinya

Kamu dandan demi dia via meghillphoto.com

Kamu biasanya keluar rumah tanpa riasan, berpakaian pun cuma kaos yang memang paling nyaman. Sedangkan sekarang, kamu jadi lebih sering memakai blouse atau kadang dress. Sesekali kamu juga mengoleskan lipstik dengan warna natural. Orang mungkin menganggap ini perubahan yang cukup positif. Tapi orang lain termasuk cowokmu sendiri tetap saja tak pernah tahu pengorbanan apa yang dilakukan olehmu. Kamu berusaha nyaman dengan dress dan flat shoes yang kini lebih membatasi gerakmu. Lagi-lagi demi menjadi yang terbaik untuknya, kamu rela bersusah payah seperti itu.

4. Supaya kalian tak banyak bertengkar, kamu sendiri mulai sering mengalah dan menuruti keinginannya

Mengorbankan pemikiranmu sendiri supaya kalian tak sering bertengkar via meghillphoto.com

Beda kepala dan beda pemikiran jadi hal yang manusiawi sekali. Toh dari perbedaan itu juga harusnya timbul toleransi antara satu sama lainnya. Seperti kamu yang dulunya susah diajak kompromi alias keras kepala, tapi sekarang jadi lebih sering mengalah. Dari usahamu mengalah ini, ada perjuangan lain mulai dari menahan atau memendam perasan serta pikiran saat ada yang tak sejalan.

Sebab kamu sendiri mengalah dan menuruti keinginannya memang murni supaya kalian tak sering terlibat salah paham atau konflik. Cowok yang serius denganmu harusnya tahu mengalahnya kamu ini demi mempertahankan hubungan kalian. Bukan karena mau cari amannya saja.

5. Buatmu sosoknya sudah cukup membuatmu tak lirik kanan kiri, sekalipun ada cowok lain yang lebih baik darinya

Nggak ada lirik kanan kiri demi dia via meghillphoto.com

Cowok kadang bisa santai melirik cewek lain di hadapan ceweknya. Berbeda dengan cewek termasuk kamu yang sudah berhenti di sosok pasangannya sekarang. Mau ada cowok sebaik dan setampan apapun di sekitarmu, atau bahkan ada yang mendekatimu, kamu akan tetap bergeming pada sosoknya. Tak peduli orang-orang di sekitarmu ribut dan menganggap kamu naif, karena menyia-nyiakan kesempatan untuk mendapat yang lebih baik.

6. Mau secuek apapun dia, kamu tetap saja loyal soal rasa percaya kepadanya

Rasa percaya meski dicueki salah satu pengorbananmu via www.logancoleblog.com

Kok kamu betah banget pacaran sama dia? ‘Kan orangnya cuek banget.

Gila, aku sih kalau jadi kamu mending cari yang baru. Daripada ngadepin sikap cueknya.

Entah sudah berapa orang yang mengomentari keteguhanmu mempertahankan hubungan dengan cowok secuek dia. Kamu sendiri sebenarnya paham, menjalani hubungan dengan dia yang cuek tak pernah mudah. Hari-harimu sering kali diuji dengan penantian kabar. Kadang kamu juga harus menelan rasa kesal karena dia yang tiba-tiba lupa rencana kalian. Atau betapa seringnya juga kamu harus pergi ke mana-mana sendiri.

Tapi semua kecuekannya itu seperti angin berhembus saja. Tak bisa membuatmu gemetar, apalagi memutuskan untuk mengakhiri hubungan. Bahkan kamu sendiri tak pernah kehabisan rasa percaya kepadanya.

Orang mungkin melihatmu sebagai cewek bodoh yang mau saja berkorban sedemikian besarnya. Tapi orang-orang ini tak pernah tahu harapan yang selalu ada dalam hatimu. Diam-diam kamu ingin cowokmu tahu, kalau selama ini ada pengorbanan yang dirimu lakukan. Bukan cuma bisa ngambek atau marah seperti pikirannya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya