Namanya saudara, mau cewek atau cowok memang kehadirannya untuk melengkapi hari-harimu. Tapi hidup dengan saudara kandung cewek atau cowok tetap saja punya perbedaan. Sederhananya, saudara cowok itu cenderung terlihat cuek, sekalipun aslinya mereka sayang dan memperhatikan dengan diam-diam. Sementara saudara cewek biasanya terkenal cerewet, sensitif sekali dan urusan perhatian tak perlu ditanya lagi. Terlepas dari perbedaan itu, baik cowok maupun cewek tetap saja mereka orang yang paling dekat denganmu setelah orangtua.

Terlepas perbedaan itu juga, saat kamu punya saudara cewek entah kakak atau adik bahkan keduanya pasti sudah tak asing dengan segala suka dukanya. Ada yang bilang ini serasa surga, karena kamu punya teman berbagi yang pasti saling mengerti. Selebihnya, kira-kira seperti inilah rasanya punya mereka di kehidupanmu?

1. Orangtua jadi lebih protektif ke kamu dan saudaramu, karena bagi mereka anak perempuan perlu dijaga sebaik-baiknya

Jadi lebih protektif via id.pinterest.com

Mengurus anak perempuan itu lebih sulit dari anak laki-laki, katanya seperti itu. Anak perempuan diibaratkan mutiara di dalam laut yang benar-benar harus dijaga supaya tak tersentuh tangan-tangan yang tak bertanggungjawab. Nggak heran kalau akhirnya orangtuamu jadi lebih protektif dengan anak-anak ceweknya. Peraturan demi peraturan tercipta, seperti mulai dari larangan pulang terlalu malam, sampai ada juga yang tak mengizinkan anaknya bergaul dengan teman cowok.

Tapi semua itu memang kembali lagi ke orangtuanya. Ada yang protektifnya masih dalam batas wajar, yang tetap mengedepankan kepercayaan ke anak-anaknya. Ada yang sampai membatasi pergaulan anak-anaknya sendiri.

2. Diam-diam ada juga persaingan dalam hal penampilan. Sekalipun kalian tak jarang bertukar pakaian atau kembaran

Advertisement

Baju samaan via www.pexels.com

Karena kakak itu contoh untuk adik-adiknya, begitu pula soal penampilan. Meski tak semua kakak beradik punya penampilan yang sama, tapi sebenarnya mereka sering bersaing diam-diam. Kakaknya mau ingin terus jadi trendsetter adiknya. Sementara adiknya berusaha agar punya gaya yang lebih baik lagi sekalipun contohnya ke kakaknya sendiri. Sedangkan tak jarang juga kakak beradik ini bertukar-tukaran pakaian, tas, sepatu, jilbab, dan aksesoris pelengkap lainnya. Atau biasanya adik dapat lungsuran dari kakaknya.

Itu dress bekas dari aku ‘kan?

Iya, kenapa emangnya?

Kok jadi unik ditumpuk sama kaus turtle neck?!

Iyalah, ‘kan aku lebih kreatif dari kakak. Hahaha….

3. Punya teman curhat, bercanda, sampai melakukan hal gila lainnya

Sesi curhat via variety.com

Kamu: Kok badan kalian bisa lebih semok gitu sih. Nggak kayak aku kerempeng.

Kakak Pertama: Besok aku kasih tahu caranya.

Kakak Kedua: Jangan percaya sama Mbak Mus, dia itu semok emang karena banyak makan. Hahaha

Ya begitulah, curhatan kakak beradik yang cewek-cewek nggak soal cowok saja. Tapi bisa sesepele bentuk badan, atau hal-hal kewanitaan yang sifatnya bisa privasi sekali. Lucunya, curhatan tadi bisa saja berujung dengan candaan. Bahkan tak kalah konyol dengan humor cowok-cowok. Selebihnya punya saudara cewek pun bisa diajak gila bareng. Seperti keluar rumah diam-diam untuk pergi melihat acara musik kesukaan kalian saat orangtua tak mengizinkan.

4. Sama-sama perempuan membuat kalian pun sama sensitifnya, apalagi saat ada permasalahan

Sama-sama sensitif via tumblr.com

Kok cemberut, nggak diizinin ikut jadi relawan ya sama bunda?

Iya, masa ikut volunteer aja nggak dibolehin. Padahal itu ‘kan buat pengalaman juga.

Coba bilang ke Ayah, Mbak. Siapa tahu diizinin

Sementara kalau saudara cowok paling cuma bilang “Kok cemberut, jelek tahu…. kenapa sih?!”. Berbeda dengan saudara cewek yang sedari awal melihat perubahan raut wajahmu sudah bisa tahu permasalahan yang sedang terjadi. Maklum cewek ‘kan lebih sensitif, sekalipun mereka bukan cenayang.

5. Kakak dan adik cewekmu ini tetap bisa diandalkan untuk membuat dirimu aman karena kalian saling menjaga

Saling menjaga via www.nytimes.com

Siapa bilang cuma saudara cowok yang bisa diandalkan untuk menjagamu. Bahkan kamu yang paling kecil di antara mereka saja tahu harus berbuat apa saat salah satu kakakmu sedang terancam jiwa dan raganya. Sebab kamu atau kakak-kakakmu paham, siapa lagi yang akan saling menjaga kalau bukan kalian ini.

6. Kadang ada kesenjangan sosial saat orangtua membandingkan kamu dengan saudara cewekmu yang lain

Saudara cewek via www.tumblr.com

Tuh lihat Mbak An, bangun pagi, bantuin ibu. Sementara kamu udah bangun siang, malas mandi pula.

Sebenarnya sih baik cewek atau cowok tetap saja ada masanya orangtua membanding-bandingkan kalian satu sama lainnya. Tapi karena kamu dan saudara-saudaramu ini sama-sama cewek, jadi rasa tersinggung lebih besar. Mengingat cewek ‘kan memang tak bisa tersentuh sedikit saja perasaannya oleh hal-hal semacam ini.

Paling tidak saudara cewek atau cowok tetaplah saudara yang harus terus kamu sayangi sekalipun masing-masing dari kalian sudah berkeluarga. Bukankah ikatan saudara ini tak akan pernah terputus, selama darah kalian masih sama-sama mengalir.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya