Merasakan insecure dalam menjalani hubungan memang membuat seseorang tidak nyaman. Pikiran-pikiran bernada negatif akan senantiasa mengiringi jalan kalian. Pada saat awal menjalani hubungan, rasanya kamu bahagia sekali karena merasa telah menemukan seseorang yang tepat. Tapi seiring berjalannya waktu, rasa-rasa takut dan cemas akan hubungan senantiasa membayangi.

Saat merasa insecure tersebut, kamu pun merasa bingung sendiri akan kelanjutan hubungan kalian. Akibatnya hubungan kalian seperti berada di ujung tanduk. Karenanya kamu perlu segera mungkin melakukan sesuatu agar hubungan kalian tak berakhir di persimpangan dan berantakan.

Barangkali penyebab utama dalam rasa cemas dan takut gagalmu akan hubungan bisa jadi berasal dari dirimu. Untukmu, Hipwee Hubungan tuliskan beberapa hal yang perlu kamu tanyakan ke diri sendiri saat kamu sedang dalam situasi insecure seperti itu.

1. Kenapa hubungan orang lain terasa lebih menyenangkan, sedangkan hubungan kalian berjalan hambar?

Kenapa mereka lebih romantis? via www.logancoleblog.com

Seperti kata pepatah bahwa, rumput tetangga kadang tampak lebih hijau dan menarik dibandingkan rumput di halaman sendiri. Kamu merasa hubungan orang lain jauh lebih harmonis dan menyenangkan. Lain halnya dengan hubunganmu yang tampak hambar. Padahal sebelum memulai hubungan ini, kamu membayangkan akan perhatian dan kasih sayang yang akan cowokmu berikan. Tak seperti sekarang di mana dia ternyata tipikal cowok yang cukup cuek dengan hubungan atau pasangannya sendiri.

Advertisement

Akibat terlalu sering membanding-bandingkan hubunganmu dengan orang lain, maka timbullah ekspektasi yang terlalu tinggi. Saat apa yang kamu harapkan tidak sesuai dengan apa yang terjadi, rasa cemas dan khawatir tersebut perlahan-lahan mulai kamu alami.

2. Yakin rasa-rasa cemas ini tentang dirimu sendiri? Atau justru sumber masalahnya berasal dari cowokmu?

jadi ini salah siapa? via www.bowtiephotography.com

Kekhawatiran akan gagalnya hubunganmu ini menjadi tahun-tahun terberat dalam hubunganmu dan dia. Rasa-rasa ingin menyerah entah kenapa kerap muncul begitu saja. Sempat beberapa kali kamu berpikir bahwa pasti ada sesuatu yang salah dari hubungan kalian yang mulai berjalan dengan tidak nyaman ini. Kamu pun kerap menyalahkan diri sendiri sebagai penyebabnya. Padahal dalam hubungan yang dijalani oleh dua orang, selalu punya kemungkinan kalau kesalahan datang dari pihak cowokmu juga. Entah karena sikap cueknya yang sulit diubah, atau barangkali dia sedang jenuh saja.

Tapi yang pasti, jangan memperburuk keadaan dengan perasaan atau pikiran negatif yang berlebihan.

3. Atau jangan-jangan rasa insecure ini hanya sebuah bisikan hati karena kurang nyaman menjalani hubungan

Intuisimu mempengaruhi via www.nessakphotography.com

Kecemasan dan kekhawatiran akan hubungan bisa terjadi karena banyak hal. Nggak selalu sikapmu yang menyebabkan hubungan ini jadi kurang nyaman. Nggak selalu juga cowokmu yang jadi penyebabnya. Bisa jadi rasa insecure itu karena adanya intuisi atau bisikan dalam hati yang belum tentu kebenarannya alias praduga. Akibat sering berpikiran yang aneh-aneh, intuisimu pun seakan lebih condong ke hal-hal yang negatif juga tanpa pernah kamu ketahui benar atau tidaknya.

4. Adakah sikapnya yang perlu dibenahi karena buatmu tak nyaman sekali?

Atau dirinya yang perlu diperbaiki? via www.nessakphotography.com

Seperti dijelaskan pada poin di atas, bisa jadi bahwa hubungan yang mulai tidak nyaman ini diakibatkan karena cowokmu yang pelan-pelan mulai berubah. Entah dari pribadinya hingga sikapnya kepadamu. Pikirkan sekali lagi, jika memang harus ada satu dari sekian sikapnya yang menurutmu kurang berkenan di hati. Memang sih kalau perubahan yang menyangkut sikap seseorang membutuhkan waktu yang tak sesingkat itu. Namun kalau dia mau mengusahakannya untukmu, hubungan kalian bisa diselamatkan nantinya.

5. Perlu nggak sih kamu untuk menyendiri dulu dan memikirkan hubungan ini?

Perlukah kamu break dulu dalam hubungan? via www.nessakphotography.com

Rasa takut, cemas hingga khawatir akan hubungan kalian terus aja membayangimu. Bahkan insecure ini membuatmu harus membagi dua pikiranmu. Fokusmu jadi sering berantakan akibat menjalani hubungan yang mulai tak nyaman ini.

Untuk itu, beberapa kali pikiran untuk break sejenak dalam menjalani hubungan kerap terlintas. Agar nantinya kamu bisa benar-benar memberikan keputusan yang terbaik bagi hubungan kalian berdua. Namun, bukannya menakut-nakuti, seringnya waktu untuk break ini justru akan berujung pada akhir hubungan karena terlalu lama berada pada zona abu-abu hubungan.

Berkaca dari hal ini, seorang seksolog dan ahli hubungan bernama Dr.Nikki Goldstein, menyarankan agar setiap kecemasan dan kekhawatiran dalam hubungan hingga membuatmu insecure untuk dibicarakan berdua dengan cowokmu. Karena bagaimana pun juga, hal-hal yang membuatmu merasa insecure tersebut merupakan masalah internal yang hanya bisa kalian berdua selesaikan.

Daripada gegabah mengambil keputusan sendirian, lebih baik dibicarakan berdua ‘kan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya