Dalam setiap hubungan, mau ceweknya sabar atau pengertian seperti apa, momen ngambek pastinya tetap ada. Penyebab ngambeknya cewek nggak perlu ditanyakan lagi. Paling sering sih, cowoknya yang (nggak sadar) melakukan kesalahan, dan si cewek nggak terima. Sedangkan gestur sampai ucapan cewek saat ngambek pun cuma itu-itu aja, diam, ngomong terserah atau nggak apa-apa. Acara ngambek-ngambeknya cewek memang klise untuk sebuah hubungan.

Tapi biarpun klise, tetap saja cowok seringnya bingung menghadapi cewek yang sedang ngambek. Cowok sering merasa serba salah, dan kalau sudah gregetan bisa ikut diam atau bahkan ikut marah-marah. Maklum aja, nggak semua cowok bisa berdamai dengan ngambeknya cewek. Nggak salah kalau akhirnya orang bilang cewek itu rumit. Padahal kalau cowok mau bersabar sedikit lagi, menakhlukkan cewek yang ngambek tak sesulit di bayangan.

Cowok cuma perlu melakukan beberapa hal yang sudah Hipwee rakum di artikel kali ini. Jangan lupa juga pakai stock sabar yang dipunya ya.

1. Mendengarkan apapun yang jadi uneg-unegnya, itu pun kalau cewekmu masih mau berbicara

Menjadi pendengar semua uneg-unengnya via unsplash.com

Menjadi pendengar yang baik tak akan pernah membuatmu rugi. Terlebih saat menghadapi cewekmu yang ngambek sambil marah-marah. Kamu cukup membesarkan hati dan menguatkan telingamu untuk mendengar semua uneg-unegnya. Sebab menanggapi ucapannya bisa saja membuatmu justru semakin serba salah. Terkecuali dia yang menyuruhmu berbicara, tapi tanggapi seperlunya juga.

Advertisement

Kasarannya, saat ini kamu memang harus sedikit mengalah. Tenang mengalah sesekali juga tak akan menurunkan harga dirimu sebagai laki-laki. Toh kamu masih bisa memberitahunya baik-baik untuk tak ngambek-ngambek seperti ini lagi, setelah dia benar-benar tenang. Anggapan sederhana, berbicara di momen-momen rawan kesalahpahaman memang harus bergantian, tak bisa saling memaksakan untuk sama-sama berbicara.

2. Menghadapi ngambeknya cewek yang diam, kamu cukup tenang di sampingnya dan ajak dia bicara pelan-pelan

jangan di diemin akunya via dylandsara.com

Banyak orang yang bilang, diamnya cewek saat ngambek itu ngeri. Bagaimana nggak ngeri, kalau kamu sendiri tak tahu sebab ngambeknya apa? Diajak berbicara sekali dua kali pun biasanya tak langsung ditanggapi. Lagi-lagi kesabaranmu memang diperlukan untuk menghadapinya.

Kamu jangan lantas putus asa dan ikut diam apalagi sampai marah-marah. Kamu cukup berada di sisinya dengan tenang, dan tetap berusaha mengajaknya berbicara perlahan-lahan. Atau kamu bisa membuka percakapan dengan pertanyaan sekaligus pernyataan seperti,

“Kamu kenapa sebenarnya? Kalau emang aku salah atau ada yang nggak kamu suka, bilang aja langsung ke aku. Biar aku juga tahu harus bagaimana?”

Sekali – dua kali mungkin dia bergeming. Tapi kamu harus percaya, kesabaran akan selalu membuahkan hasil yang baik.

3. Menghentikan celoteh ngambeknya cewek, cowok cuma perlu sikap mengalah seperti bilang, “Iya, aku minta maaf….”

“Ya udah, aku minta maaf ya, kalau aku salah….”

Nggak ada yang lebih menenangkan perasaan serta pikiran cewek yang sedang dilanda emosi, selain ucapan maaf yang tulus dari kamu. Apalagi terbukti memang kamu yang salah. Mengingat sebagian cowok kadang tak sadar jika berbuat kesalahan. Sebenarnya hal seperti ini berlaku untuk semua orang, baik cewek ataupun cowok.

Alih-alih menyahuti gerutu atau omelannya justru meperburuk keadaan. Dia semakin kesal, kamu pun pastinya terbawa emosi. Jadi kenapa harus menahan ucapan, “Maaf”? kalau itu bisa diandalkan untuk membuat keadaan cepat membaik.

4. Mengajak cewek ngobrol seperti biasa juga lebih perhatian, biar kembali tenang dan ngambeknya pun hilang

mengajak ngobrol seperti biasa via unsplash.com

Iya sayang, besok kalau aku lupa ingetin lagi ya. Kamu tahu sendiri aku sering lupa.

Hmmm….

Oh iya, urusan kamu sama klien kemaren gimana? masih rewel nggak klinenya?

Udah oke kok, si kliennya akhirnya setuju sama ide kita.

Wah, Alhamdulillah ya. Yang, akhir pekan ke Tamsur yuk, ada gigs di sana.

Iya….

Menjadi pendengar yang baik sudah, meminta maaf pun sudah. Sekarang tinggal kamu cairkan kembali suasana yang tadinya kaku dengan mengajaknya berbicang hal-hal ringan. Sesederhana bertanya soal pekerjaannya, merencanakan akhir pekan, atau membahas sesuatu yang sebulumnya pernah dia ceritakan. Setidaknya bahan obrolanmu ini menyiratkan perhatian terhadap dirinya.

5. Alih-alih ikut marah, kenapa tak buat dia tertawa saja. Sampai dia lupa dengan kekesalannya

tangani dengan kehumorisan via dylandsara.com

Sayang, kalau marah-marah terus aku ngumpet di belakang pohon nih.

Lho kok ngumpet?!

Abisnya, akunya kan juga takut.

Dih, lebay banget sih.

Nggak apa lebay daripada alay. Hehehe

Apa sih, kamu. (sambill memukul gemas dan menahan ketawa)

Mau bercandaanmu segaring apapun, tetap percaya kalau usahamu bergurau akan membuatnya tertawa sejenak. Kalau sudah bisa tertawa, bukannya ini pertanda hatinya sudah tak sekesal sebelumnya. Sebenarnya ngambeknya cewek memang karena dia ingin elbih dimengerti sekaligus dimanjakan. Nggak ada salahnya juga kan, setelah dia tertawa kamu kembali menyahutinya dengan,

Abis marah, tertawa. Mbaknya manis kayak abis makan gula Jawa.

Tetap garing sih, tapi namanya usaha.

6. Sentuhan fisik seperti mengelus kepala, merangkul pundak, atau menggenggam tangannya. Sederhana tapi menenangkan

Mengusap kepala, hatinya berantakan tapi senang nggak karuan via dylandsara.com

Iya, Sayang. Sabar ya…. (sambil mengelus kepalanya)

Kelembutan akan selalu jadi pemenang dalam menghadapi segala bentuk amarah, termasuk ngambeknya cewek. Saat tak ngambek saja, hatinya cewek sudah langsung berantakan jika kepalanya dielus. Paling tidak saat marah, hatinya yang tadinya sekeras batu pasti bisa melunak. Sentuhan fisiknya pun tak hanya sekadar mengelus kepalanya, bisa juga dengan menggengam tangan atau merangkul pundaknya. Intinya sih kamu menciptakan rasa nyaman untuk dia.

7. Ngambek juga menguras energi, siapa tahu mengajaknya makan bisa mengembalikan moodnya lagi

Ajak ke tempat makan favoritnya via www.logancoleblog.com

Aku tuh capek….

Marah-marah memang melelahkan! Bagaimana tak melelahkan, kalau dalam waktu bersamaan pikiran serta perasaan sama-sama terkuras oleh kekesalan. Makanya, cowok perlu punya strategi untuk kembali menyenangkan hatinya. Salah satu strategi yang harus kalian coba, ya dengan mengajaknya makan ketempat pilihannya.

Makan dulu yuk, Yang.

Nggak laper….

Serius nggak laper? Tadi kamu bilang capek. Kan kalau capek biasanya menguras energi juga. Jadi nggak mungkin kamu nggak lapar.

Ih sok tahu banget sih.

Ya udah mau makan di mana? Makan batagor di Cuanki Serayu, Yuk. Enak nih pas mendung begini. Aku traktir deh….

Membuatnya tenang dengan merayu atau mengiming-imingi sesuatu memang kurang baik. Tapi sesekali tak ada salahnya juga. Toh niat kamu memang murni ingin membuatnya senang dan sedikit tenang. Bukan menyogoknya agar tak marah-marah atau memaafkan kesalahanmu.

Intinya sih, cewek ngambek itu cuma ingin lebih dimengerti, diperhatikan, juga dimanjakan. Jadi cowok tak perlu terbawa-bawa emosi. Disabarin saja ya, Mbaknya yang lagi ngambek ini.