Perjalanan panjang yang telah kamu lalui dengannya tentu membuatmu bertanya-tanya. Apakah akan begini-begini saja atau bisa diteruskan ke jenjang selanjutnya. Lamaran yang kamu tunggu tak kunjung datang, tapi ia sudah sering mengunjungi keluargamu.

Emang sih lamaran adalah bukti yang sah ketika seseorang serius ingin membawamu ke jenjang pernikahan. Tapi bukan berarti dia yang belum melamarmu nggak serius sama kamu ‘kan? Bertemu keluargamu dan mulai mengenal mereka satu persatu adalah salah satu poin plus yang nunjukin kalau dia ingin serius sama kamu lho. Tapi nggak cuma itu aja, keseriusannya untuk meminangmu suatu saat nanti juga bisa kamu lihat dari hal-hal seperti ini.

1. Bisa mengurus dirinya sendiri sehingga dia menjadi orang yang selalu bisa kamu andalkan

Dia selalu bisa diandalkan via dylandsara.com

Mampu mengurus diri sendiri adalah bukti bahwa dia sudah mempersiapkan diri untuk membangun rumah tangga bersamamu. Dia yang nantinya akan menjadi kepala keluarga, tentu tak bisa selalu bergantung padamu. Makanya, jika dari sekarang dia sudah mempersiapkan diri dan selalu menjadi garda terdepan untuk diandalkan, maka dia sedang mengirim sinyal padamu bahwa hanya menunggu waktu untuknya resmi menseriusimu.

2. Tak sungkan untuk memulai pembicaraan tentang pernikahan, misalnya kapan waktu yang kamu inginkan untuk naik ke pelaminan

Udah mulai bahas pernikahan via dylandsara.com

Advertisement

Mulai membicarakan hal-hal sepele seputar pernikahan juga tanda bahwa dia serius denganmu. Cowok yang ngga pengen serius terkesan menghindari pembicaraan ini. Makanya, jika pasanganmu iseng-iseng bertanya “Kamu pengen kita nikahnya kapan?” atau “Kamu suka resepsinya di rumah, gedung, atau taman?”, itu adalah pertanda bahwa dia sedang memikirkan masa depanmu bersamanya yang lebih serius.

3. Dia mengajakmu untuk mulai menabung bersama, agar nanti saatnya tiba kamu dan dia sudah punya persiapan

Menabung untuk melangsungkan pernikahan dan kehidupan setelahnya via hdwallpapersrocks.com

Mengajakmu untuk mulai menabung demi melangsungkan pernikahan nanti tentu adalah bukti bahwa dia serius. Biaya pernikahan dan kehidupan setelahnya tentu nggak bisa dipenuhi dalam waktu sekejap. Oleh karena itu, inisiatifnya untuk mulai mengajakmu menabung dari sekarang adalah bukti bahwa dia benar-benar serius sama kamu.

4. Selalu membawamu menghadiri pernikahan teman atau rekan kerjanya dan minta didoakan untuk bisa menyusul segera

Doain kita ya… via img.wallpaperfolder.com

Mungkin ini adalah salah satu bukti yang sering nggak kamu sadari tapi sebenarnya adalah tanda bahwa dia serius menjalani hubungan denganmu. Masa dimana orang-orang seumur kamu udah mulai naik ke pelaminan, tentu kamu dan dia juga nggak lepas dari undangan untuk datang ke resepsi pernikahan. Jika kamu selalu diajak olehnya untuk datang ke pesta pernikahan teman-teman atau rekan kerjanya, berarti dia sedang nunjukin keseriusannya lho. Nggak ke kamu aja, tapi ke lingkungannya. Dia ingin mengenalkan calon pendamping hidupnya ke orang-orang sekitarnya.

5. Dia sering menatapmu dan berkata “Aku ingin kamu jadi ibu dari anak-anakku,”

Kalimat yang membuatmu tahu kalau dia benar-benar serius via hdwallpapersrocks.com

Pasanganmu pernah bilang gini nggak sama kamu? Cowok yang nggak serius, jangankan ngomongin anak, ngomongin kapan nikah aja dia nggak bakal mau. Jadi kalau pasanganmu pernah berkata atau bahkan sering bilang ke kamu bahwa dia pengen punya anak dari kamu, berarti kamu bisa bilang bahwa dia bersungguh-sungguh menjalani hubungan denganmu. Dan tinggal menunggu waktu untuk dia menghalalkanmu.

6. Terbuka dengan semua yang ada, karena kamu adalah sebagian dari dirinya

Dia terbuka tentang dirinya via hdwallpapersrocks.com

Tipikal cowok yang suka menyimpan masalah sendiri dan nggak suka ngomong atau curhat, mungkin adalah hal yang biasa kamu temui di kebanyakan laki-laki. Bagi mereka itu adalah sesuatu yang sulit untuk berbagi hal-hal yang mereka rasakan. Nah, jika pasanganmu udah mulai terbuka denganmu, tentang dirinya, apa yang dirasakannya, kamu boleh berbangga. Artinya dia udah nyaman sama kamu. Dia menganggap kamu adalah sebagian dari dirinya. Oleh karena itu dia nggak pernah menyembunyikan sesuatu darimu.

7. Masalah bukanlah alasan untuk memperlebar jurang antara kamu dan dia, tapi justru menjadi jembatan untuk menyatukan perbedaan berdua

Masalah mampu menyatukan perbedaan berdua via elizabethwellsphoto.com

Kalau cowok yang nggak serius dalam menjalani hubungan, ketika ada masalah yang terjadi dan sulit untuk diselesaikan, dia pasti akan memilih untuk pergi dan meninggalkanmu. Dia akan langsung berasumsi bahwa dia dan kamu bukanlah pasangan yang cocok. Tapi jika pasanganmu yang sekarang sama sekali berbeda, maka bisa jadi benar-benar serius. Masalah yang ada bukan dia jadikan alasan untuk meninggalkanmu, tapi malah jadi jembatan untuk semakin mendekatkan kamu dan dia, saling memahami satu sama lain, dan menerima perbedaan antara keduanya.

8. Dia menyentuhmu sekadarnya. Toh, setelah halal nanti kamu akan dia miliki seutuhnya

Menyentuhmu sekadarnya saja 🙂 via hdwallpapersrocks.com

Dia yang serius denganmu untuk melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius lagi hanya berani menyentuh tangan atau rambutmu. Sesekali mungkin dia memberanikan diri untuk mengecup keningmu. Atau bahkan ada yang tak berani menyentuhmu sama sekali. Karena baginya kamu adalah sesuatu yang berharga. Dan menunjukkan rasa cinta tak harus lewat sentuhan yang berlebihan. Dia ingin menjaga kehormatanmu karena kelak kamu juga akan menjadi pendamping hidupnya. Dan ketika kamu sudah halal dengannya, toh dia akan memilikimu seutuhnya 🙂

Jadi jangan buru-buru menilai pasanganmu nggak serius ya, hanya karena dia belum melamarmu. Semuanya butuh proses. Dan ketika kamu menjalani proses itu dengan baik maka hasil yang didapat juga nggak bakal mengecewakan kok.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!