Artikel ini dipersembahkan oleh Samsung Galaxy Tab A with S Pen. Tablet yang membuat jarak jadi nisbi, dan mendekatkan hati.

Sayang, aku kangen. Kamu kangen aku gak?”
“Kangen juga lah dear. Ya udah kita Skype yuk?”

Menjalani hubungan jarak jauh memang punya seni sendiri. Tidak bersama sepanjang waktu sering menciptakan lubang di hati yang harus pintar-pintar disiasati. Kalau tidak cerdas diakali, bisa-bisa jarak memberangus hubungan yang sudah lama dijalani.

Buatmu yang sedang dihadapkan pada hubungan yang menguji kesabaran ini, Hipwee dan Samsung Galaxy Tab A with S Pen sudah menyiapkan cara yang bisa dilakukan agar hubunganmu bertahan menghadapi segala ujiannya di sini. Laskar LDR — mana suaranyaaa???

1. Di awal hari, bikin jadwal khusus untuk saling menyapa. Agar sebelum beraktivitas hanya nama masing-masing yang tertancap di kepala

Sapa dia di awal hari, agar sosoknya yang mengisi hati via www.emilieiggiotti.com

Ucapan, “Selamat pagi, Sayang” atau “Hei, semoga harimu menyenangkan” bisa menyelamatkan hari dan perasaanmu. Meski tidak bisa bertemu muka, sapaan hangat di awal hari akan mendekatkan hati yang sudah diuji jarak sekian lama.

Caranya pun beragam. Bisa sesimpel mengirim chat dengan stiker lucu yang menciptakan senyum, video call, sampai iseng-iseng mengirim stop motion yang bisa dengan mudah kamu buat di Samsung Galaxy Tab A with S Pen mu.

2. Terbentangnya jarak seharusnya tidak mengurangi perhatian. Di tengah kesibukan, kamu bisa mengisi harinya dengan berbagai kejutan

Tak bisa bertemu bukan berarti harus minim kejutan via foxtailsandlace.wordpress.com

Kalian memang tidak bisa makan siang bersama sesering pasangan lain, peluk dan kecup juga tidak selalu tersedia sepanjang waktu. Tapi bukan berarti ‘kan jarak harus jadi alasan yang meranggaskan hatimu?

Jika dia memang berarti, selalu ada cara untuk mengakali jarak yang harus diakrabi di sisi. Salah satunya adalah dengan menghalau kebosanan dengan kejutan. Pesankan dia makan siang di restoran kesukaan lalu minta diantar ke kantornya, pesankan bunga di florist dekat kampusnya di hari kuliah yang membuat ia stres tingkat dewa.

Kalau rasa memang sebegitu kuatnya, selalu akan ada upaya untuk mempertahankan kehangatan di antara kalian berdua.

3. Bikin agenda virtual picnic berdua. Karena bukankah hakikat cinta adalah mengalami semua hal bersama?

Agendakan virtual picnic berdua untuk merasakan semua hal bersama via concreteplayground.com

Bagi sebagian orang, LDR memang terkesan naif. Pertanyaan-pertanyaan macam ini sering datang pada para pejuang LDR yang sedang berjibaku dengan jarak dan ketabahan hati:

“Lo pacaran sama cowok apa sama HP sih? Gak capek apa?”

“Apa gunanya punya cewek kalau gak bisa diajak Malam Mingguan? Mending cari yang lain deh..”

Tidak semua orang bisa paham bahwa beberapa perasaan menancap sangat kuat, tidak mudah luntur hanya karena jarak dan terbatasnya pertemuan. Tapi bukankah memang cinta yang baik adalah cinta yang tumbuh bersama — setelah mengalami berbagai aktivitas berdua?

Karena jarak masih jadi pembatas di antara kalian, berkompromilah dengan menciptakan virtual picnic berdua. Pergilah ke pantai, strolling ke kafe atau toko buku — lalu bawa dia secara virtual bersamamu. Letakkan Samsung Galaxy Tab A with S Pen di depanmu untuk melakukan video call. Layar lebar gadget canggihmu ini bisa membuat kamu dan dia semakin dekat. Tunjukkan betapa enaknya gelatto mu, atau betapa kamu merasa lapang bisa ke pantai di akhir minggu. Tangannya bisa tidak tergenggam semudah itu, tapi kamu akan tahu bahwa dia bersamamu.

4. Dia memang tidak selalu ada. Tapi lubang karena ketiadaannya bisa terisi dengan merentangkan lengan ke kawan dan keluarga

Lubang karena ketidakhadirannya bisa diisi dengan mengunjungi kawan dan keluarga via www.pinterest.com

Sesungguhnya sejauh apapun jarak di antara kalian berdua kamu tidak pernah benar-benar sendirian saja. Selalu ada akar yang membuat kalian merasa terhubung, lekat seperti pasangan pada umumnya. Teman-teman dan keluarga contohnya. Mereka selalu bisa jadi tempat pulang saat jarak membuat kalian mulai merasa hilang.

Saat kamu tak bisa semudah itu berjumpa dengan orang yang selalu memenuhi kepala, luapkan kerinduan dengan keluar bersama teman atau mengunjungi keluarga. Bertemu sahabat lama kalian berdua, mengobrol santai dengan Ibu dan Adiknya akan memberimu rasa hangat di dada.

Hubungan ini nyata. Ada orang-orang yang mendukung dan melekatkan kalian berdua.

5. Buat reminder lucu agar tak ada lagi perselisihan karena perkara lupa janji. Semua jadwal kencan aman tersimpan rapi di sini

Buat reminder lucu agar kalian tak lupa janji via www.mariannetaylorphotography.co.uk

“Kok kamu gak online Skype sih Dear? Udah aku tungguin dari 1 jam lalu tau.”

“Lah, kita janjian ya? Yaah lupaaa..maaf Dear.”

Bagi pasangan LDR, janji bercakap dan bertemu muka adalah hal langka yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Perkara sepele macam lupa janji video call atau saling telpon bisa memicu perang dunia. Sebagai manusia yang mudah lupa, tentu ada cara agar semua jadwal yang sudah dikompromikan bersama tersimpan di kepala.

Demi meminimalisir munculnya perang dunia, langsung catat jadwal janjian kalian di S Planner pada Samsung Galaxy Tab A with S Pen yang menemani harimu. Tuliskan handwriting notes warna-warni dengan S pen sebagaisignature pengingat janji yang harus ditepati.

Gabungan antara handwriting notes dan fitur alarm yang S Planner miliki memperkecil kemungkinan virtual encounter yang harusnya manis itu terlupakan lagi.

6. Kini sapaaan bisa diekspresikan lewat berbagai cara. Tak ada alasan bagi kalian untuk lelah saling menyapa

Sekarang sapaan bisa diekspresikan lewat berbagai cara via www.pinterest.com

10 tahun lalu LDR bisa jadi sangat menyiksa. Belum ada banyak aplikasi chatting, akses video call juga masih terbatas. Pilihan komunikasi hanya terpaku di telepon dan SMS saja. Kalau bosan telepon dan SMS-an ya ucapkan selamat tinggal pada perjuangan cinta.

Tapi sekarang sudah beda cerita. Kamu bisa dengan mudah melakukan apapun yang terbayang di kepala. Bikin musik sendiri lalu dikirim sebagai bentuk perhatian di tengah hari, kirim hand writing notes yang menghangatkan hati, sampai berkolaborasi bikin design kaus yang bisa dibuat dengan Samsung Galaxy Tab A with S Pen.

Dengan semua kemudahan ini, bukankah tidak ada alasan untuk berjuang lebih keras lagi?

7. Banyak kebersamaan yang sekarang bisa dibawa pindah. Jarak seharusnya menguatkan, bukan membuat kalian menyerah

Distance means nothing when someone means so much via www.pinterest.com

Bukankah sebenarnya tidak ada hubungan yang sempurna? Mereka yang bertemu setiap hari bisa bosan, sering bertengkar, bahkan tak jarang saling menyalahkan. Sementara kalian yang jarang bertemu muka lebih sering dilanda rindu. Merasa dunia tidak adil karena tak bisa bersama dalam banyak waktu.

Tapi sekarang kebersamaan bukan cuma soal badan yang bersisian saja. Ada sisi lain yang juga tak kalah pentingnya. Bersama adalah soal menyatukan mimpi, tanpa peduli batas geografi. Bersama adalah perkara menyatukan visi — yang akan terus jernih walau tak selalu bisa saling mendampingi.

Saat ini sudah banyak bentuk kebersamaan yang bisa dibawa pindah. Samsung Galaxy Tab A with S Pen dan banyak teknologi lain akan memudahkan.

Dan bukankah jarak — pada akhirnya — harus menguatkan?

Selamat menjalani hubungan jarak jauhmu. Semoga hanya kebaikan dan hal-hal manis yang datang pada kalian.