Kamu sudah mengenalnya lama. Kamu dan dia sudah kerap berbagi cerita sampai akhirnya ada perasaan nyaman yang muncul di antara kalian. Lamanya sebuah hubungan, apalagi dengan label “pasangan” sering membuat kalian merasa harusnya tak ada lagi yang perlu dirahasiakan.

Padahal, sedekat apapun hubungan, bukan berarti semua informasi harus dibagi. Apalagi untuk sesuatu yang benar-benar privasi. Ya memang sih terbuka dan jujur itu perlu dalam sebuah hubungan, namun beberapa hal di bawah ini ada baiknya kamu simpan sendiri. Agar tak justru jadi batu sandungan dalam hubungan.

Apapun yang terjadi, jangan pernah bicarakan soal mantan kepada pasangan. Apalagi membandingkan mereka!

Jangan ngomongin mantan! via pexels.com

Klasik memang. Tapi tetap saja banyak yang masih melanggar aturan ini. Ketika tengah berdua dengan pasangan, topik obrolan tiba-tiba mengarah membicarakan mantan. Mulai dari pernah main ke mana aja hingga ngapain aja dulu pas sama mantan. Ya memang terkadang memperbandingkan pasangan dengan mantan itu muncul begitu saja. Tapi apapun alasannya, jangan diceritakan. Pasanganmu akan tetap cemburu bila kamu ceria soal masa lalu begitu.

Menceritakan rahasia sahabatmu kepada pasangan juga merupakan hal yang nggak perlu. Apalagi bila hal itu adalah aib

Padahal ini rahasiamu dan sahabatmu via pexels.com

Kadang kita terbawa suasana saat ngobrol dengan pasangan. Ketika kehabisan topik, mulai deh meraba ke gosipin seseorang. Biasanya sih yang kita tahu banyak ceritanya adalah teman. Jadilah kita bercerita soal rahasia teman kepada pasangan.

“Eh, tau nggak. Temenku si Maman itu ternyata suka lho sama Rani”

“Rani temen sekantorku yang anak Pendidikan itu?”

“Iya… Hahaa”

Padahal tak sepantasnya kamu menceritakan rahasia sahabatmu kepada siapapun tanpa minta izin dulu kepadanya. Bukan apa-apa. Kamu sudah dipercaya untuk mendengar ceritanya, tapi kamu malah menceritakan kepada orang lain. Ini kan nggak sopan namanya. Kalau temanmu marah gimana? Kalau dia nggak terima dan membalas dengan mengungkap rahasiamu pada pasanganmu, kamu yang susah pada akhirnya…

Jangan sok pengen bikin pasanganmu cemburu dengan bercerita ketika ada orang lain yang suka kamu. Ini bisa fatal urusannya!

Sok bikin cemburu akhirnya kamu yang susah sendiri nantinya via pexels.com

Kalau kata orang sih cemburu itu tanda cinta. Tapi bukan berarti kamu harus manas-manasin pasanganmu biar cemburu lho ya. Apalagi dengan cara kamu bilang-bilang kalau ada orang lain yang sebenarnya juga suka kamu. Hal itu bisa fatal. Alih-alih cemburu, bisa jadi pasanganmu malah marah dan nuduh kamu yang genit atau kamu selingkuh. Nah bisa berabe kan kalau gitu caranya!

Nah pasangan juga nggak perlu password akun sosial mediamu. Bukan apa-apa, tapi media adalah hak dan privasimu

Ponselmu itu privasimu! via pexels.com

Banyak pasangan yang atas dasar “cinta” dan demi “saling percaya” dengan mudahnya meminta password milik pasangannya. Mau itu password ponsel hingga sosial media. Kalau kamu menolak, dia bisa marah dan kamu dituduh macam-macam. Menyembunyikan sesuatu lah, selingkuh lah. Kezel kan yak!

Padahal kamu sebenarnya nggak menyembunyikan apa-apa. Kamu cuma menginginkan privasimu dihargai. Karena itu kamu membayangkan asiknya punya ponsel yang punya sistem keamanan canggih biar kamu privasimu tetap terjaga. Advan G1 Pro, misalnya. Ponsel canggih ini tak hanya dilengkapi dengan X Locker Face Unlock yang memungkinkan kamu untuk mengunci aplikasi tertentu dengan password ataupun foto wajah, melainkan juga X Locker Intruder Selfie. Saat ada yang coba-coba membajak Hpmu, fitur ini akan merekam pelakunya, beserta waktu dan aplikasi apa saja yang dibuka. Privacy-mu terjaga, deh…

Obrolan dengan orangtuamu juga sebenarnya nggak perlu kamu ceritakan semua kepadanya lho…

Jangan bilang bulat-bulat kritikan dari orangtuamu via www.vulture.com

Yang namanya orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Karena itu tak jarang orangtuamu ingin memberi kritik kepada pasanganmu agar dia bisa memenuhi ekspektasi mereka. Namun karena ada rasa “sungkan”, biasanya kritikan itu mereka sampaikan kepadamu. Nah ini yang tricky. Jangan sekali-kali kamu mengatakannya bulat-bulat kepada pasangan. Ya bilang aja sebagian, atau bilang dengan kalimat yang santai dan asik sehingga pasanganmu nggak sakit hati. Kalau dia sakit hati, bisa bubar hubungan kalian karena omongan dari orangtuamu yang kamu ceritakan padanya.

Inilah keuntungannya bila kamu memakai smartphone Advan G1 Pro. Kamu bisa membuat “ruang rahasia” di ponselmu, untuk menyimpan hal-hal yang sebaiknya hanya kamu yang tahu. Kamu bisa menyimpan obrolan dan chat dengan orang tuamu di sana. Jadi saat pacarmu membuka ponselmu, informasi itu aman terjaga dan tetap rahasia. Sebab yang bisa mengakses “ruang” Privacy System hanya kamu seorang!

Yang terakhir, kamu jangan sampai bilang kalau kamu benci masakan atau kado yang ia berikan. Kalau kamu digituin juga pasti sakit hati kan~

Ya tapi siapa sih yang nggak suka sama kado segini banyak hahaha via www.pexels.com

Siapa sih yang nggak sakit hati kalau hal yang ia usahakan sepenuh hati buat pasangannya ternyata dibilang jelek atau nggak sesuai selera dan ekspektasi? Kalimatmu yang bilang ‘nggak suka’ itu jelas akan membuat pasanganmu sakit hati. Jadi lebih baik kamu memendamnya dalam hati. Toh apa susahnya sih memendam sedikit rahasia seperti itu? Meski menurutmu kado darinya malu-maluin atau masakannya nggak enak, kamu cukup tahan aja dalam hati. Ini demi menjaga perasaannya dan menjaga kelangsungan hubungan kalian!

Sedekat apapun sebuah hubungan, jarak dan ruang tetap perlu ada. Tak harus semua-semua kamu ceritakan. Privasi itu penting, sebab dengan begitu kamu dan dia akan belajar saling menghargai.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya