Bagi sebagian pasangan, pertengkaran atau perselisihan sebisa mungkin dihindarkan dalam hubungan. Mereka berharap bahwa hubungan mereka selalu bahagia tanpa ada bumbu-bumbu pertengkaran di dalamnya. Bagi mereka, pertengkaran yang terjadi dalam hubungan sudah menunjukkan ketidakcocokan antara kedua pasangan.

Tapi nggak semuanya gitu kok. Malah sebenarnya pertengkaran yang terjadi dalam hubunganmu mungkin bisa memberikan dampak positif dalam hubungan kalian.

Kadang dari pertengkaran, ada kebaikan yang masih bisa kita dapatkan. Asalkan permasalahan itu bisa ditanggulangi dengan benar.

1. Walaupun bikin diam-diaman dan keki, saling ngambek bisa membuat kalian kenal lebih jauh lagi

Saling memahami satu sama lain via hdwallpapersrocks.com

Perselisihan yang muncul dalam hubungan tentu karena adanya perbedaan pandangan antara kamu sama dia, bukan? Nah, ketika pertengkaran itu terjadi, sebenarnya kalian sedang menunjukkan pandangan masing-masing. Dan hal ini sebenarnya menjadi ajang pembelajaran untuk kamu dan pasangan agar bisa memahami perbedaan satu dan lainnya. Jadi kamu tahu bagaimana cara pandang atau cara berpikirnya, dan sebaliknya.

2. Berjarak sementara, setelah bertengkar biasanya kalian akan makin dewasa

Advertisement

Masalah yang ada mendewasakanmu via hdwallpapersrocks.com

Pertengkaran yang ada juga akan membuatmu dan pasangan semakin dewasa. Ketika ada masalah, kalian tentu mencari jalan keluar terbaik agar hubunganmu dan dia semakin berkembang. Jadi masalah yang ada bukan membuatmu semakin membuat jarak dengan pasangan, tapi malah membuatmu mengerti dan berpikir secara lebih dewasa.

3. Kalian belajar bahwa bukan teriakan, “Mau kamu apa sih?” yang bisa menyelesaikan masalah. Tapi saat kalian bisa duduk dengan kepala dingin

Belajar berkomunikasi dengan baik via hdwallpapersrocks.com

Masalah yang ada juga terkadang timbul karena kesalahan berkomunikasi atau salah persepsi. Akibatnya pertengkaran antara kamu dan dia tak bisa dihindarkan. Padahal sebenarnya kamu bisa mencegah hal itu terjadi. Jadi, ketika kamu berantem sama pacar, dan kamu tahu bahwa dia salah menangkap maksud yang kamu bilang, tentu kamu atau pasangan bakal belajar cara untuk berkomunikasi dengan lebih baik. Agar pasanganmu nggak salah persepsi lagi.

4. Tak ada sesuatu yang kamu dan pasangan simpan, semuanya kamu luapkan sehingga tak ada rasa dendam yang mengendap

Kamu dan pasangan terbuka via hdwallpapersrocks.com

Jika kamu berantem sama pacar, berarti ada keterbukaan kalian satu sama lain dalam hubungan. Kamu meluapkan apa yang kamu rasakan. Begitu juga sebaliknya. Hal ini tentu menunjukkan hal sebuah hal positif.

Menyimpan kekesalan atau sakit hati pada pasangan hanya akan berakhir dengan ketidaksukaan atau malah dendam. Asal kamu tahu aja, menahan-nahan perasaan seperti itu juga nggak baik buat kesehatanmu.

5. Hubunganmu tentu lebih berwarna dan tak hambar begitu saja

Hubunganmu ada naik turunnya via www.logancoleblog.com

Kamu tentu bisa bayangin pasangan yang nggak pernah bertengkar selama mereka pacaran. Pasti datar banget ‘kan? Lagian hanya sedikit kesempatan mereka untuk saling berkembang. Nah, kalau kamu pernah merasakan perselisihan dengan pasanganmu tentu hal ini memberikan warna tersendiri dalam hubungan. Kisah cintamu tentu akan berarti dan berharga jika bisa bertahan ketika permasalahan melanda hubunganmu.

6. Permasalahan yang ada menunjukkan bahwa kamu memang sedang mempertahankan hubunganmu

Kamu sedang mempertahankan sesuatu via www.logancoleblog.com

Pertengkaran yang terjadi dalam hubungan juga menunjukkan bahwa kamu dan pasangan sedang mencoba mempertahankan hubungan kalian. Jika ada sesuatu yang nggak sesuai atau nggak bisa diterima olehmu atau pasangan, kalian nggak langsung mengakhiri hubungan itu. Tapi mencoba menyelesaikannya dan mencari jalan keluar, meskipun harus berantem.

Hal itu malah menunjukkan kalau hubunganmu akan berkembang dan terus bertahan.

7. Kamu dan pasangan menyadari hal-hal apa saja yang bakal menyulut permasalahan dalam hubunganmu ke depan. Dan kamu mulai berusaha untuk menghindarinya

Kamu tahu apa yang sebaiknya dihindarkan via www.logancoleblog.com

Perselisihan yang terjadi antara kamu dan pasangan juga bisa kamu jadikan sebagai pembelajaran untuk ke depan. Ketika kamu berantem sama pacar, kamu tentu tahu apa penyulutnya. Dan ketika itu pernah terjadi dan akhirnya menimbulkan perselisihan, tentu kamu belajar bahwa hal itu sebaiknya kamu hindari untuk membahasnya dengan pasangan. Agar pertengkaran tentang hal yang sama tak terjadi lagi di masa depan.

Dari sini kamu dan dia ditempa menjadi pribadi yang terus mau belajar.

8. Pertengkaran membuatmu tahu seni layang-layang dalam cinta. Kapan harus menarik tali dengan keras kepala, kapan harus melepaskannya

Kamu tahu kapan harus mengalah via www.logancoleblog.com

Saat kamu berselisih paham dengan pasangan tentu karena kamu dan dia berdiri di sudut pandang yang berbeda. Pertengkaran ini akan mengajarkan kalian untuk saling mempertahankan argumen masing-masing. Dan ketika kalian saling beradu argumen, tentu nanti akan berujung dengan jalan keluar mana yang sebaiknya dipilih.

Jika pendapatmu benar, kamu sah-sah saja untuk tetap mempertahankan argumenmu tapi dengan syarat kamu nggak bisa langsung nge-judge kalau pendapat pasanganmu salah. Tapi kalau rasanya argumenmu yang nggak benar, maka saatnya kamu mengalah dan minta maaf.

Yang terpenting dalam setiap pertengkaran yang terjadi dalam hubungan adalah bagaimana kamu dan pasangan menyikapinya. Jika perselisihan itu bisa diselesaikan dengan jalan keluar yang nggak menyakiti salah satu di antara kalian, tentu hubunganmu dan dia akan semakin kokoh bertahan. Tapi jika kamu sudah menganggap pertengkaran itu hanya memperburuk keadaan hubunganmu, maka kamu tahu ‘kan akan berakhir seperti apa?

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!