Setelah PDKT sekian lama, kamu pun resmi memiliki pasangan. Senang, pastinya — setelah segala usahamu untuk menarik perhatiannya. Tapi di dalam hati, kamu masih merasa tak yakin akan hubungan yang baru itu. Pertanyaan-pertanyaan seperti “Dia beneran sayang aku nggak ya?”; “Dia nerima aku karena sayang atau karena kasihan ya?”; atau “Dia itu sebenarnya tulus nggak sih? terkadang melintas di kepala.

Daripada bingung dan diam saja, coba cek dulu apa tanda-tandanya kalau seseorang memang tidak tulus mencintaimu:

1. Dia Baik dan Perhatian Padamu Hanya Kalau Ada Maunya

Perhatian dengan hal-hal kecil via www.kindseymhire.com

Untuk menjawab pertanyaanmu, mulai sekarang perhatikan sikapnya kepadamu. Apakah dia tambah sweet dan lebih perhatian setelah menjadi pasanganmu? Mengirim pesan singkat padamu di sela-sela kesibukannya hanya untuk mengucapkan selamat pagi atau untuk mengingatkanmu agar tidak malas makan, misalnya.

Atau apakah dia hanya perhatian saat dia sedang membutuhkan sesuatu?

Advertisement

Seseorang yang tulus mencintaimu akan memberikan perhatian secara konstan. Untuk menunjukkan kasih sayangnya, dia tak akan perlu pancingan. Jika pasanganmu yang sekarang sering hilang saat kamu susah, dan muncul ketika kamu senang, kamu pantas meragukan ketulusannya padamu.

2. Dia Kerap Mengungkit Kesalahan yang Telah Kamu Sesali

kesalahanmu tidak benar-benar dilupakannya via www.flickr.com

Tak peduli kesalahan itu telah usang, dia akan terus mengungkitnya jika ada kesempatan. Dia memojokkanmu, dan membuatmu merasa bersalah.

Dia belum benar-benar memaafkanmu, dan belum bisa dengan tulus menerima kekuranganmu. Padahal, seseorang yang tulus mencintaimu akan berusaha menerimamu seutuhnya.

3. Bersamanya, Kamu Tidak Pernah Bisa Jadi Diri Sendiri

bersamanya kamu tidak pernah bisa menjadi dirimu sendiri via www.flickr.com

Sebuah hubungan yang baik, sehat dan tulus adalah hubungan yang membebaskanmu. Bukan malah sebuah hubungan yang membuatmu merasa terkungkung, sesak dan tidak bisa menjadi dirimu sendiri.

Seorang kekasih yang tulus adalah seseorang yang bisa membimbingmu, bukan orang yang menyuruh, memaksa dan mengancammu untuk menjadi orang lain.

4. Dia Segan Menghargai Impianmu

dia tak bisa menghargai kemampuan dan potensimu via www.flickr.com

Orang yang tidak tulus mencintaimu akan tanpa sadar meremehkan kemampuan dan impian yang kamu miliki. Bukannya memotivasimu untuk menjadi lebih baik lagi, dia justru mempertanyakan kemampuan dan meremehkan mimpi-mimpi yang tengah berusaha kamu rajut.

Kalaupun kamu telah bercerita banyak tentang mimpi-mimpimu, tanggapan yang dia berikan datar-datar saja. Dia tidak percaya dengan kemampuan yang kamu miliki, karena tidak bisa melihatmu secara utuh.

5. Dia Membohongimu Lebih dari Sekali

dia sering berbohong padamu via www.flickr.com

Berbohong, terutama pada hal-hal yang berat, adalah pelecehan pada komitmen yang telah kalian jalani bersama.

Lagipula jika dia tulus sayang dan cinta sama kamu, dia pasti sudah memikirkan bahwa berbohong akan melukai hatimu. Dia akan berusaha jujur walaupun menyakitkan, dibandingkan dengan berbohong hanya untuk menyenangkan hatimu.

6. Dia Lebih Sering Bikin Kamu Sakit Hati

alih-alih bikin kamu bahagia, dia justru lebih sering membuatmu sakit hati via www.flickr.com

Pasangan yang tidak tulus padamu akan cenderung bersikap egois, semaunya sendiri, dan tidak peduli.

Dia bisa saja datang dengan santai tanpa perasaan bersalah bilang maaf saat dia melupakan hari ulang tahunmu, atau tidak bisa datang dalam acara wisudamu karena dia ketiduran. Mau bagaimana perasaanmu, baginya itu nomor kesekian. Hubunganmu dengannya hanya formalitas belaka.

7. Dia Memintamu untuk Menjadi Orang Lain

dia menginginkanmu untuk menjadi orang lain via www.flickr.com

Pasangan yang tidak tulus mencintaimu akan selalu menemukan titik noda di dalam dirimu. Dia akan selalu protes meskipun kamu telah berdandan total untuk dirinya. Dia akan mencoba mengubahmu menjadi tipe ideal yang ada dalam imajinasinya.

Memintamu mengenakan baju yang style-nya bertolak belakang dengan gayamu, memintamu memanjangkan rambut, dan banyak permintaan-permintaannya yang lain yang mungkin justru akan membuatmu lelah sendiri.

8. Dia Tidak Bisa Konsisten dengan Perkataannya

kata dan sikapnya bertolak belakang via www.flickr.com

Orang yang tidak tulus tidak akan terlalu peduli dengan ucapan atau janji yang dikatakannya padamu. Kata-kata manis yang diucapkannya tersebut hanya untuk meredam amarah dan membuatmu memaafkan kesalahan-kesalahan mereka. Masalah konsistensi dan realisasinya, hmmmm…bisa-bisa bagai pungguk merindukan rembulan.

9. Dia Sering Tidak Ada Saat Kamu Membutuhkannya

dia tidak ada di saat kamu membutuhkannya via www.flickr.com

Yang paling bikin sesek dari orang yang pura-pura dan tidak tulus mencintai adalah mereka tidak akan ada di sisimu di saat kamu benar-benar paling membutuhkan kehadirannya.

Di saat kamu sedang merasa sedih karena sidang skripsimu yang harus ditunda, atau di saat kamu merasa berada di titik terendah kehidupanmu dan berharap dialah orang yang akan menepuk bahu, mendekap dan menenangkanmu dalam peluknya. Dia justru sering mengelak dan banyak alasan saat kamu memintanya menemanimu. Waktu seolah telah tersita dengan semua alasan kegiatannya tanpa menyisakan sedikit ruang bagi kalian untuk ngobrol dan untuk melepas kerinduan.

Nah, itu dia tanda-tanda bahwa ternyata si dia pura-pura dan tidak tulus mencintaimu. Kenali ciri-cirinya ya guys, biar kamu nggak lagi terjebak dalam drama penuh taktik nan melelahkan yang sering dimainkan oleh mereka!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya