Hubungan jarak jauh atau long distance relationship memang tidak mudah dijalani. Terpisah jarak dan waktu, kalian tersiksa karena tidak bisa bertemu layaknya pasangan normal. Alhasil, kamu bakalan galau dan mulai memikirkan hal-hal negatif tentang pasangan kamu.

Kamu pasti iri dengan temanmu yang bisa pacaran dan ketemuan tiap hari. Tapi, jangan iri dan galau dulu. Kalau kamu refleksikan lagi tentang hubungan LDR-mu, sebenarnya hubunganmu itu luar biasa. Kenapa?

1. Kalian punya lebih banyak waktu bersama teman

Habiskan waktu sama teman lebih banyak via londonschool.de

Fakta bahwa pacarmu jauh tak selalu kamu pusingkan. Kamu masih punya sahabat-sahabat yang menemani hari-harimu. Kamu bisa main futsal lama, bisa jalan-jalan ke mall sama temen cewekmu, kamu benar-benar menikmati aktivitasmu bersama teman-temanmu.

Kalau pasangan normal biasanya harus ketemuan setiap hari dan bahkan tidak jarang waktu nongkrong sama teman jadi berkurang karena pacaran. Hal itu tidak terjadi dengan kamu yang LDR-an.

2. Kencanmu unik, nggak dimiliki pasangan yang lain

Advertisement

unik loh kayak gini via realitystep.tumblr.com

Pasangan yang LDR-an itu unik. Kalo pasangan yang lain nonton ke bioskop, kalian nonton lewat laptop masing-masing. Kalau pasangan yang lain bingung mau makan dimana, kalian masak sendiri di kos masing-masing dan “makan bareng” lewat Skype. Kalian juga “kencan” lewat WhatsApp, dan saling tuker-tukeran foto konyol. Kalian pun bisa jalan-jalan ke tempat yang berbeda melalui video yang dikirim pasangan masing-masing.

3. Kalian bisa lebih fokus ke passion masing-masing

Bisa fokus ke passion via cipd.tumblr.com

Saat memutuskan untuk menjalin hubungan jarak jauh, pasti kalian punya alasan kenapa kalian harus LDR-an. Kamu harus menyelesaikan kuliahmu dan pacarmu harus bekerja di kota lain. Kalian mempunyai urusan yang berbeda dan mendesak. Jalan yang kalian tempuh berbeda, tapi kalian tetap saling mendukung dari jauh.

Terpisah secara fisik membuat kalian bisa lebih fokus untuk menekuni kegiatan-kegiatan yang kalian suka. Kamu mempunyai passion untuk mengajar, dan pacar kamu fokus ke passion-nya untuk membuka usaha. Waktu yang kamu punya untuk menekuni passion-mu lebih banyak karena kamu tidak harus direpotkan dengan prinsip ‘pacaran harus bersama setiap hari’. Kegiatan-kegiatan yang kamu jalani pun bisa mengusir rasa kesepian. Nggak jadi galau deh…

4. Komitmen kuat untuk selalu bareng-bareng

Komitmen untuk selalu bersama via pandaschoice.com

Pasangan yang berteman dengan jarak pasti punya komitmen yang kuat. Kalian sudah tahu konsekuensi dan susahnya gimana menjalani hubungan yang terpisah secara fisik. Tapi karena kalian punya komitmen yang kuat, kalian berani untuk menjalani suatu hubungan yang benar-benar penuh perjuangan.

Kalau si pacar ada di satu negara yang sama dengan kamu, kamu bisa berkomunikasi dengan gampang. Sementara kalau sudah beda negara, kalian butuh usaha ekstra. Bisa jadi, saat kamu baru bangun tidur, si pacar malah baru mau tidur. Saat dia lagi makan siang, kamu masih kerja atau mengerjakan tugas. Kamu pun harus rela menyesuaikan beberapa hal dengan jam biologisnya. Tapi karena kamu dan pacarmu punya komitmen yang kuat, jarak bukanlah suatu masalah.

5. Kalian akan sangat bersemangat kalau udah mau ketemu pacar

Semangat buat jalan-jalan berdua via indiebyheart.blogspot.com

Pacarmu akhirnya pulang dan mengunjungimu. Pasti kamu jadi sangat bersemangat mempersiapkan kedatangannya. Kamu pasti langsung mempercantik diri biar si pacar seneng. Kalian pasti juga menyiapkan kejutan-kejutan kecil untuk pasangan masing-masing. Kalian juga pasti sudah merencanakan segala kegiatan yang akan dilakukan. Jalan-jalan ke pantai, nonton film, atau coba makanan barus sudah masuk list to-do kalian.

Membayangkannya saja sudah membuat kalian senyum-senyum sendiri, apalagi kalau sudah ketemu pasti lebih seru lagi.

6. Kalian bisa menjadi lebih mandiri dan sabar

Pasangan yang LDR-an mempunyai kepribadian yang mandiri. Kalian bisa berhubungan tanpa harus saling bergantung  antara yang satu dengan yang lain. Kalian menjadi pribadi yang lebih dewasa dan independen. Kamu tidak keberatan untuk jalan-jalan ke toko buku sendiri tanpa pacar. Cewek-cewek lain sibuk gandengan sama pacar, kamu sibuk gandengan sama buku. Buat kalian itu hal yang biasa karena kamu percaya akan ada saatnya gandengan sama pacar itu tiba.

Kalian pun menjadi pribadi yang sabar banget. Kalian bersabar menunggu waktu yang pas supaya bisa bertemu. Kamu lebih bersabar menghadapi masalah kalau lagi berantem. Bukan cuma sama pasangan, kamu pun jadi pribadi yang sabar sama sinyal yang terkadang membuat komunikasi kalian terhambat.

7. Waktu menjadi sangat berharga buat kalian

waktu adalah harta buat kamu via hqscreen.com

Waktu menjadi sangat berharga buat kalian. Kalian hanya bisa bertemu beberapa kali, bisa 6 bulan sekali, sebulan sekali atau bisa satu tahun sekali. Sekalinya bertemu, kalian akan sangat memanfaatkan waktu yang ada. Kalian menghabiskan waktu bersama. Kegiatan-kegiatan kecil seperti pergi ke pasar pun bisa menjadi hal yang menyenangkan buat kalian. Jogging pun bisa jadi seru. Makan di warung pun jadi lebih romantis.

8. Pesan-pesan sederhana menjadi sangat berarti buat kalian

Jangan biarkan kawan baikmu jatuh dalam jurang kesalahan dan kebodohan. Kalau kamu sayang, selamatkan dia dengan nasehat. via pixabay.com%20

“Selamat pagi!”

“Tadi baru beli donat, jadi ingat kamu.”

Pesan sederhana ini bisa menjadi penyemangat hari-harimu. Makanan sederhana seperti donat atau kue mangkok pun bisa mengingatkanmu pada si pacar. Pesan-pesan sederhana yang tadinya biasa aja, buat kalian itu menjadi bukti kegilaan kalian sebagai pasangan LDR.

9. Kalian akan mempunyai bahan obrolan yang banyak banget

Obrolan berkualitas via splatter.com

Saat berjauhan, pasti kamu dan pacar punya banyak cerita yang pengen diceritain. Lewat WhatsApp, si pacar memberitahu tentang pertandingan bola yang baru saja dilaluinya. Kamu pasti ikutan bersemangat walau kamu tidak menonton secara langsung. Dan obrolan kalian pun pasti berkembang, nggak cuma terhenti di pertandingan bola saja.

Saat kalian bertemu pun, obrolan kalian pasti akan banyak banget. Karena sudah lama nggak ketemu, pasti kalian menyimpan cerita-cerita menarik. Kalian bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk ngobrol berdua. Mulai dari hal-hal kecil sampai hal-hal yang berhubungan dengan masa depan hubungan kalian.

10. Stasiun, bandara, atau terminal menjadi tempat favorit kalian

Tempat ini jadi saksi perjuangan kalian via www.youtube.com

Kalian bertemu dan berpisah di tempat-tempat itu.  Menjemput si pacar ke stasiun dengan senyum sumringah tapi saat kalian harus berpisah, wajah kalian bisa basah karena air mata.

Stasiun, airport, atau terminal menjadi saksi bisu perjuangan kalian dalam menjalin hubungan. Kalian menjadi terbiasa dengan tempat-tempat itu. Kamu menemani dia sampai kamu melihat busnya pergi atau pesawatnya lepas landas.

Di tempat-tempat inilah kamu juga menemukan kalau kamu tidak sendiri dalam menjalani hubungan jarak jauh. Melihat pertemuan dan perpisahan yang dialami orang lain, kamu semakin termotivasi untuk terus bersama dengan pasanganmu.

11. Dan kalian percaya bahwa perjuangan ini nggak akan berakhir sia-sia

I will always love you via she-knows-what-i-mean.tumblr.com

Perjuangan kalian tidak gampang. Komitmen untuk selalu bersama walau raga terpisah membuat kalian menjadi pribadi yang dewasa. Kalian saling percaya bahwa hubungan kalian tidak akan berakhir dengan sia-sia. Bagi kalian, suatu hubungan bukan hanya sekedar bentuk fisik, tapi lebih dari itu. Komunikasi, komitmen dan, kepercayaan menjadi kunci buat kamu dan  pasanganmu untuk terus tetap bersama.

Kalian percaya bahwa satu hari nanti akan ada saatnya untuk bersama tanpa ada jarak.

Hubungan jarak jauh itu memang berat. Ketika kamu memutuskan untuk menjalani hubungan jarak jauh, kalian berdua harus saling percaya. Jarak tak selalu harus menjadi alasan untuk berpisah; yang terpenting adalah komitmen kalian untuk saling menjaga. Bersyukurlah karena kalian sudah memiliki pasangan yang luar biasa.