Coba deh sebutkan salah satu masalah klasik dalam pacaran! Hal yang paling pertama terlintas di pikiranmu mungkin adalah cowok yang (nggak sadar) melakukan kesalahan lalu cewek yang marah-marah berlebihan, atau justru diam seribu bahasa. Kalau kamu cowok, problema pacar yang tiba-tiba ngambek mungkin sering memaksa kamu bertanya: “Kenapa?” “Apa yang salah?” “Aku barusan ngomong apa ya?”

Tanpa bermaksud menggeneralisasi, banyak cewek yang memang sensitif dan penuh perasaan. Bahkan, hal-hal kecil bisa menjadi pemicu aksi ngambek mereka. Ketika kamu melontarkan sesuatu yang tak sesuai dengan keinginan mereka, mereka bisa langsung tersinggung, ngambek, atau nyinyir. Ketika kamu tanya apa masalahnya, eh, mereka malah makin ganas! Kalau kamu gak sabaran, pertengkaran yang sebenarnya mudah dihindari bisa jadi arena pertarungan besar.

Makanya kamu harus tahu gimana cara menenangkan keganasan cewekmu yang lagi ngambek. Ada strategi jitu yang bisa kamu adaptasi agar gak linglung lagi. Ketika cewekmu lagi ngambek, sebenarnya dia mau kamu ngapain sih? Hmmm….

1. Ingat bahwa ada penyebab sahih kenapa cewekmu marah, lalu minta maaflah secara tulus

minta maaf lah secara tulus via www.fanpop.com

Dari luar, keliatannya memang emosi dia se-ababil bayi sakit gigi. Baru aja 10 menit yang lalu ketawa-tawa, eeeeeh… tiba-tiba sekarang diem aja. Kamu tanya kenapa, dia malah melempar pandangan kematian. Kamu pun jadi bingung apa yang harus kamu lakukan.

Advertisement

Jangan cemas! Yang harus kamu lakukan pertama-tama adalah meminta maaf. Lakukan ini dengan tulus, bahkan walaupun kamu belum tahu apa kesalahanmu. Kata maaf ini berfungsi mengetuk pintu hati cewekmu. Mungkin saja setelah mendengar penyesalanmu yang tulus, dia tergerak dan mau bercerita kenapa sebenarnya dia ngambek. Naah… baru deh kamu jadi tahu apa penyebab sebenarnya.

Skenario 1 (kamu yang salah)

Kamu : “Sayang, kamu kok dari tadi diem aja?”

Pacar : “Aku gapapa kok.”

Kamu : (masih berusaha) “Aku minta maaf ya, aku salah. Sekarang cerita dong, kamu kenapa…”

Pacar : “Tadi aku lihat di Path. Kamu janjian main futsal sama temen-temen nanti malem. Padahal ‘kan kita udah sepakat mau ke bioskop abis maghrib.”

Kamu : “Oalaaah… Itu futsalnya jam 4 sore, Sayang…begitu aku ingat acara nonton kita, langsung deh acara futsalnya aku pindah sore-sore… Jangan ngambek lagi ya! Cup cup.”

*seketika situasi kembali terkendali*

Skenario 2 (makhluk ciptaan Tuhan lain yang salah)

Kamu : “Sayang, kamu kenapa?”

Pacar : (diem)

Kamu : “Aku minta maaf ya, udah salah lagi sama kamu.”

Pacar : “Enggak kok, bukan kamu yang salah…”

Kamu : “Lha…terus kamu kenapa kok diem?”

Pacar : “Dosen pembimbingku, Yang. Tadi dia tanya ngapain aja aku pas jadi mahasiswi, karena bedanya metode sama metodologi aja aku nggak tahu.”

Kamu : (mengusap-usap rambut) (mengecup dahi)

*seketika situasi kembali terkendali*

CATATAN:

  • Jangan bingung atau lelah duluan pada sikapnya. Percayalah, selalu ada alasan yang sahih kenapa dia marah.
  • Buang kata ‘kalau’ dalam permintaan maafmu, karena itu bikin ucapan maafmu terdengar gak tulus
  • Ketika kamu sudah hampir menyerah, ingatlah bahwa realita hubungan pria dan wanita kadang seperti ini…

Mr. Right & Mrs. Always Right via www.etsy.com

Ehehe.

2. Marah balik atau nyindir dia selalu akan memperrunyam keadaan

tahan emosi, jangan balik marah via hellogiggles.com

Beragam reaksi bisa datang dari cewek yang sedang ngambek, mulai dari diam seribu bahasa sampai heboh marah-marah. Kalau setelah kamu minta maaf secara tulus cewekmu masih tetep marah, jangan pernah marah balik ke dia. Kalo hal ini kamu lakukan, bisa-bisa kalian berantem hebat dan hubungan kalian terancam.

Ketika dia berada pada titik puncak kemarahannya, yang dia perlukan sebenarnya hanyalah sedikit lebih banyak perhatian. Iya. Biarpun dia galak, sebenarnya yang dia inginkan adalah disayang-sayang. Hehehe. Jadi, jangan malah sama sekali tidak menggubrisnya atau bahkan ikut-ikutan ngambek dan marah balik.

Kamu : “Kok kamu marah-marah aja sih dari kemaren? Gak capek?”

Pacar : “Kenapa emang? Suka-suka aku!”

Kamu : “Oke! Emangnya cuma kamu doang yang bisa marah?”

Pacar :  “OKE! JANGAN HUBUNGIN AKU DULU HARI INI!”

(Pecah Perang Dunia III, dan kalian terpaksa saling kangen sampai besok hari)

3. Kalau kamu benar-benar kebingungan, cobalah biarkan dia tenang

biarkan dia tenang via quoteeveryday.com

 “Ya udah, mungkin kamu butuh sendirian. Aku biarin kamu tenang dulu ya, Sayang.

Kalo kamu butuh apa-apa atau udah siap buat ngomong, aku ada di luar. Aku sayang kamu. :)”

Jika cara pertama dan kedua tak berhasil menyudahi permasalahan, mungkin kamu harus memberinya ruang untuk sendiri dan menenangkan diri. Kadang, memang hanya jarak yang bisa menyegarkan kembali hubungan kalian. Sembari cewekmu menenangkan diri, kamu pun juga bisa sekalian introspeksi.

Hal penting yang harus kamu lakukan sebelum memberinya waktu sendiri adalah memberitahukannya terlebih dulu. Biarkan dia tahu bahwa kamu bermaksud memberinya waktu supaya tenang, bukan sengaja mengabaikan atau meninggalkannya sendirian.

4. Semarah apapun, cewek gak akan bisa menahan ketawa kalau kamu menggoda atau mengajaknya bercanda

Selain meminta maaf, menghujaninya dengan perhatian, dan memberinya waktu untuk tenang, kamu juga bisa membuat candaan atau merayunya dengan hal-hal yang membuatnya tersipu. Asalkan godaan yang kamu lontarkan tidak berlebihan ya, karena kalau kayak gini cewekmu bisa menganggap kamu nggak serius.

Guyonan atau tebak-tebakan yang benar-benar garing sampai yang lucu bisa kamu lontarkan. Hal ini juga bermanfaat lho buatmu, karena kamu akan dipaksa berpikir kreatif untuk bisa membuatnya tertawa. Kalo kamu bisa membuat cewekmu terhibur ceria, pasti susah baginya untuk pasang muka marah lagi.

Contoh tebak-tebakan garing

Kamu : “Sayang, kamu tau gak hewan yang bisa terbang, kakinya empat, makan rumput, hidup di air?”

Pacar : (diem)

Kamu : “Hmm… gak tau ya? Jawabannya adalaaah… burung, sapi, kambing, ikan. Hahahaha!”

Pacar : (tetep diem, cuma alisnya doang yang gerak ke atas)

Jika cara ini gagal, mungkin kamu bisa menjajal gombalan mautmu:

Kamu : “Sayang, kamu kok cantik banget sih hari ini?”

Pacar : (cemberut)

Kamu : “Serius deh, kamu tambah cantik kalo cemberut kaya gitu!”

Pacar : (muka datar)

Kamu : “Tuh ‘kan tambah cakep banget! Coba dong senyum, dikiiiiit… aja biar makin cakep!”

Pacar: (akhirnya senyum juga!)

5. Seberapapun bingungnya kamu, jangan menuduh dia sedang PMS

Kalau aku marah, belum tentu aku PMS! via rihannadaily.com

“Sayang, kamu lagi PMS, ya?”

“Oh, jadi kalau aku marah artinya aku PMS, gitu, bukan ada yang salah?”

Ketika cewek marah, hal-hal yang menjadi pemicu utamanya belom tentu PMS atau premenstrual syndrome. Memang ketika sedang PMS hormon yang ada di tubuh cewek sedang tidak stabil sehingga menyebabkan emosi yang terkadang naik turun. Namun, masih ada banyak hal lain di dunia ini yang bikin kami, para cewek, ngambek! Hihi.

Daripada kamu menanyakan hal yang belum tentu benar adanya, lebih baik kamu coba cara-cara dari nomor 1-4 di atas. Insya Allah lebih efektif.

6. Karena gestur manis justru muncul dari hal-hal yang sederhana, coba deh ambil hatinya dengan membungkus makanan favoritnya

Oleh-oleh buat patjar

Jika beberapa cara di atas tidak membuatmu berhasil meluluhkan hati cewekmu, mungkin kamu bisa menyogoknya dengan memberinya makanan. Ingat, beri dia makanan sederhana ya. Kalau mahal-mahal, mungkin dia akan curiga kalau niatmu tak lain dan tak bukan adalah menyogok. Ujung-ujungnya dia malah tambah ngambek!

Kamu bisa membelikan dia makanan atau camilan favoritnya. Hal ini akan meredakan aksi ngambek cewekmu. Bukan tergantung dari mahal atau murahnya makanan yang kamu bawakan, melainkan karena perjuanganmu untuk mencoba membuatnya ceria kembali.

7. Kejutan kecil juga bisa kok mengukir senyum di wajah masamnya

kejutkan dia dengan hadiah via twilightreality.wordpress.com

Tenaaang… kamu gak harus kok nyanyi malem-malem pake gitar di bawah jendelanya. Sekarang ‘kan jaman udah maju, banyak aplikasi di ponsel canggihmu yang memudahkanmu memberi kejutan pada cewekmu yang lagi ngambek. Kalo di jaman batu para cowok suka nyanyi di bawah jendela untuk mendapat perhatian atau merayu si cewek, sekarang kamu cukup menggunakan voice message yang berisi suara kamu yang sedang bernyanyi untuk memberinya kejutan.

Kalo kamu pingin cara lainnya, kamu bisa juga kok langsung datang ke rumahnya dengan membawa benda-benda kesukaannya. Misal boneka karakter favoritnya, balon, atau kalo mau yang lebih murah… mawar juga boleh. Benda-benda sederhana dan kedatanganmu di rumahnya dijamin bisa langsung menghentikan aksi diamnya.

8. Belum ampuh juga? Tenang… Coba ajak dia pergi berdua!

ajak dia jalan-jalan via images.1233.tw

Ini adalah langkah jitu terakhir yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa mengajaknya untuk pergi berdua. Gak harus pergi main ke tempat yang jauh dengan budget tebal. Jalan-jalan di taman kota di sore hari, muter-muter naik motor, atau sekadar makan siang bersama juga cukup ampuh untuk membuat penyakit ngambek cewekmu berangsur-angsur membaik.

Demikianlah, cowok-cowok yang baik dan tabah. Kalo cewek kalian sedang ngambek, selalu ingat dan aplikasikan tips-tips di atas ya! Good luck! 😀