Bertemu dengan orang tua pacar untuk pertama kali memang bisa menjadi momen menegangkan buat siapapun. Terutama, kalau kamu dan pacarmu berada dalam hubungan serius. Sewajarnya, kamu akan berusaha agar berusaha terlihat baik di depan calon mertua. Meskipun tegangnya bikin jumpalitan, mau nggak mau pertemuan pertama itu memang perlu demi kelancaran hubunganmu di masa depan.

Nah, kamu bakal butuh persiapan matang ketika bertemu orang tua pacarmu untuk pertama kali. Kali Hipwee mau berbagi strategi yang tepat untuk menghadapi ‘hari penilaian’ yang penting dalam hubunganmu ini. Selamat bersiap-siap, ya!

1. Sempatkanlah Waktu Untuk Mewawancarai Pacar Mengenai Kesukaan Maupun Hal Yang Tidak Disukai Orang Tuanya

Satukan pikiran kalian sebelum berhadapan dengan orang tuanya via images.huffingtonpost.com

Sebelum maju ke medan perang, kamu harus tahu siapa yang bakal kamu hadapi. Untungnya, dalam ‘peperangan’ kali ini kamu memiliki sumber intel yang terpercaya dan bisa diandalkan kredibilitas informasinya: pacarmu. Jadi sebelum maju bertemu orangtuanya, pastikan kamu memiliki pengetahuan yang memadai tentang mereka.

Cari tahu apa yang mereka suka, tidak suka, atau hal yang sama sekali tidak bisa mereka toleransi. Pengetahuan tersebut penting artinya untuk dapat membawa diri, membangun percakapan, dan menghindari kesalahan ketika nantinya kamu bertemu dengan mereka. Dengan modal pengetahuan ini, kamu bakal lebih mudah ‘menavigasikan’ pembicaraanmu dengan mereka sehingga kalian gak bakal mati gaya.

2. Pilihlah Waktu Yang Tepat Untuk Berkunjung

Advertisement

Jangan berkunjung kemalaman, nanti muka bapaknya bisa masam begini via i.ytimg.com

Supaya kunjungan pertamamu sukses, penting untuk mempertimbangkan waktu berkunjung yang tepat. Sesuaikan waktu kunjungan dengan kesibukan orang tua pacarmu. Temukan waktu yang tepat dan kondusif untuk mengadakan pembicaraan yang bersahabat, akrab, dan tidak terburu-buru. Jangan berkunjung ketika orang tua pacarmu dalam keadaan letih atau hendak berpergian.

Tentu saja pacarmu juga harus memberitahukan terlebih dahulu perihal kedatanganmu kepada orang tuanya. Kebanyakan orang tua tidak akan senang dengan kunjungan pacar anaknya secara tiba-tiba. Karena sama saja dengan kamu, orang tua pacarmu juga butuh persiapan hati untuk bertemu orang yang telah mengambil hati anaknya.

3. Buatlah Kesan Pertama Yang Sopan, Bersahabat, dan Berkesan

Kamu tidak akan memiliki kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama. Jadi pastikanlah kamu meninggalkan kesan yang baik di awal pertemuanmu dengan orangtua pacarmu. Kesan pertama itu tidak hanya terbatas pada cara berpakaian, memberi sapaan, atau bertutur kata, tetapi penggabungan dari semuanya!

Kode Berpakaian : Rapi, Sopan Dan Tidak Berlebihan

Kalau perlu baju dikancing sampai atas biar sopan via www.coatpant.com

Pastikan kamu tidak memakai pakaian yang berlebihan, dengan belahan rendah, atau tidak sesuai dipakai untuk berkunjung ke rumah orang. Tetapi pada saat yang bersamaan juga pastikan untuk tampil menarik dengan sedikit riasan atau dengan rambut yang disisir rapi. Hal tersebut penting untuk menunjukkan bahwa kamu memang secara khusus mempersiapkan diri untuk kunjungan tersebut.

Jangan Kaku Ketika Memberi Salam Pertama

Jangan kaku kalau menyapa untuk pertamakali, nanti dikira sombong via www.glamour.com

Tunjukkan keinginanmu untuk mengenal mereka lebih dekat melalui salam pertama yang bersahabat. Salam atau bahasa tubuh yang kaku akan membuat kamu tampak sombong dan kesan bahwa kamu tidak ingin berada di tempat tersebut. Lalu jangan lupa untuk segera mengenalkan dirimu dengan jelas dan tidak bertele-tele. Jangan terlalu lama, biarkan juga mereka menyambutmu! Oh ya, jangan lupa tersenyum, tapi juga jangan berlebihan. Nanti justru dikira kamu nggak serius.

Kesan Pertama Selalu Dapat Dipermanis Dengan Hadiah Kecil

Gak usah mahal-mahal via 2.bp.blogspot.com

Membawa oleh-oleh ketika pertama kali berkunjung ke rumah seseorang memang dipandang sebagai suatu wujud kesopanan yang umum diikuti. Tapi langkah itu terutama penting jika berkunjung ke rumah orang yang ingin kamu buat terkesan seperti orang tua pacar. Jangan pilih buah tangan dengan sembarangan. Pilihlah dengan penuh pertimbangan atas apa yang mereka sukai seperti kudapan, atau mungkin buku favorit mereka. Tapi juga jangan membeli hadiah yang terlalu berlebihan atau membebani karena harganya yang terlalu mahal. Yang penting untuk mereka ketahui adalah niat dan pemikiran dari buah tangan tersebut.

4. Persiapkan Hatimu Secara Matang

Jangan takut walaupun keluarganya segila ini via i.imgur.com

Kamu perlu persiapan mental khusus ketika bertamu ke rumah pacarmu untuk pertama kalinya. Ini tidak seperti bertamu biasa karena kamu memang datang dengan agenda khusus. Orangtuanya juga pasti sudah mempersiapkan segudang pertanyaan untuk memastikan apakah kamu sesuai dan pantas untuk anaknya. Jadi selalu bersiaplah untuk terintimidasi. Siapkan juga mentalmu jika ternyata orang tuanya tidak begitu antusias atau bahkan tidak menyukaimu. Kamu harus selalu ingat untuk terus menjaga kesopanan dan berusaha sekuat mungkin untuk mengubah pikiran mereka tentangmu.

5. Buatlah Percakapan-Percakapan Kecil Yang Akan Mencairkan Suasana

Jangan diam saja kalau tidak ingin merasakan interogasi yang begini via modernmancollection.com

Percakapan kecil seperti cuaca atau berita tadi pagi diperlukan untuk mencairkan suasana sebelum memasuki pembicaraan yang lebih berat. Kalau sudah lebih akrab, pasti akan lebih mudah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menohok. Maka dari itu pastikan kamu memiliki pembicaraan sampingan yang cukup untuk membantumu melalui momen-momen canggung yang pasti banyak akan muncul kalau kamu berhadapan dengan orangtua pacarmu.

Jangan hanya menunggu bapak atau ibunya menginterogasimu. Cairkanlah dulu suasananya dengan pembicaraan-pembicaraan kecil sehingga nanti ‘integorasi’ sesungguhnya akan berlangsung secara lebih santai. Pada saat yang sama, kamu juga dapat menunjukkan bahwa kepalamu tidak kosong dengan kemampuanmu membuat pembicaraan terus mengalir.

6. Selipkanlah Pujian Sebagai Tanda Bahwa Kamu Peduli dan Hormat

Jangan lupa memuji sambutan yang mereka berikan via i.huffpost.com

Jangan lupa untuk menyelipkan pujian kecil di tengah pembicaraan kalian. Pujilah hal-hal kecil seperti kelezatan makanan yang disajikan atau kerapian rumah mereka. Itu tandanya kamu memperhatikan dan menghargai usaha yang mereka telah lakukan untuk menyambutmu sebagai tamu. Setelah pujian kecil tersebut mungkin kamu juga dapat memuji cara mereka membesarkan anak-anaknya termasuk pacarmu. Setiap orang tua pasti akan menghargai pujian tersebut.

7. Jangan Ragu-Ragu Menawarkan Bantuan

Selalu siap membantu kalau dibutuhkan via i.huffpost.com

Ketika melihat ibunya, bapaknya, atau pacarmu sendiri kerepotan atau mengalami kesulitan, jangan ragu-ragu untuk menawarkan bantuanmu. Jangan diam saja. Berdiam diri hanya akan membuat situasi tambah canggung. Walaupun akhirnya tawaranmu ditolak, paling tidak kamu sudah menunjukkan keinginanmu untuk membantu. Pasti keinginanmu tersebut akan lebih dihargai.

8. Jangan Lupa Untuk Tetap Perhatikan Pacarmu, Tapi Jangan Ada Pertunjukkan Kasih Sayang Yang Berlebihan

Pegangan tangan di bawah meja bisa dicoba kali ya via media-cache-ec0.pinimg.com

Jangan hanya memusatkan perhatianmu kepada orang tuanya saja dan justru tidak memedulikan pacarmu. Alasan awal kamu datang adalah karena hubungan kalian. Representasikan hubungan kalian dengan baik di depan orang tuanya. Tunjukkan kalau kamu memang serius dengan perasaan dan komitmenmu dengan pacarmu. Tapi jangan mengekspresikan perasaan kalian secara berlebihan sampai-sampai orangtuanya merasa canggung sendiri. Nanti justru kamu dianggap tidak menghormati mereka dirumah mereka sendiri.

9. Hormati Peraturan Keluarga Mereka

Demi dekat sama keluarga pacar, apapun bisa dimakan via howibecametexan.com

Hormati peraturan yang mungkin ada dalam keluarga pacarmu. Misalkan jika orangtuanya memiliki jam malam untuk pacarmu, coba jangan berkunjung terlalu lama sampai melebihi jam tersebut. Walaupun kamu memang datang atas undangan mereka, tapi penting juga untuk menunjukkan bahwa dalam kondisi tersebut pun kamu masih ingat dan menghormati peraturan keluarga mereka.

10. Jangan Memonopoli Pembicaraan

Jangan lupa diri di tengah keluarga pacarmu via collectivelifestyle.com

Penting untuk bisa tetap membuat pembicaraan mengalir, tapi jangan sampai kamu memonopoli pembicaraan sampai-sampai orang tua atau pacarmu tidak punya kesempatan untuk berbicara. Kepercayaan diri memang dibutuhkan untuk menghadapi situasi seperti ini tetapi kepercayaan diri yang berlebihan hanya akan membuatmu tampak sombong. Jadi pastikan untuk selalu menjaga batasan-batasan tersebut.

11. Jangan Lupa Untuk Mendekatkan Diri Dengan Saudara-Saudaranya

Double date bareng saudara-saudaranya via www.usmagazine.com

Tunjukkan kepedulian dan keinginanmu mengenal keluarga pacarmu lebih dekat dengan juga bersosialisasi dengan saudara-saudaranya. Jangan lupa untuk menyapa dan memulai pembicaraan dengan mereka jika kebetulan mereka berada di rumah. Atau kamu bisa juga menunjukkan perhatianmu tersebut dengan mengajukan pertanyaan tentang mereka kepada orangtua pacarmu.

12. Jadilah Dirimu Sendiri, Jangan Sampai Meninggalkan Kesan Palsu

Kamu harus sopan tapi jangan sampai tidak menjadi dirimu sendiri via www.glamour.com

Yang lebih buruk daripada meninggalkan kesan pertama yang jelek adalah meninggalkan kesan pertama yang salah. Jika kamu berpura-pura menjadi orang lain, kamu akan mengalami kesulitan menindaklanjuti keberlanjutan hubunganmu dengan orangtua pacarmu. Karena kamu hanya memiliki pilihan tetap berpura-pura untuk seterusnya atau dicap palsu oleh orang tua pacarmu karena kepribadian aslimu tidak sesuai dengan kesan pertamamu. Maka berupayalah untuk tetap jadi dirimu walaupun sedang berada di bawah tekanan seperti pertemuan pertama dengan orang tua pacar.

Nah bagaimana strategi Hipwee untuk mempersiapkanmu menghadapi pertemuan pertama dengan orang tua pacarmu? Layak dicoba, bukan? Selamat berperang! 😀