Di usia yang masih muda seperti sekarang ini, kita memang masih dalam perjalanan meraih mimpi. Banyak pilihan demi meneruskan perjalanan menuju puncak kesuksesan pun sering menghampiri. Terkadang pula ketika kita sudah mulai mendaki, pasangan kita justru masih disibukkan mencari.

Tak perlu cemas lagi bila sekarang ini kamu sudah mapan sementara pasangan masih sibuk mencari pekerjaan. Sejatinya hanya 6 hal inilah yang perlu kamu lakukan.

1. Daripada menyindirnya dengan kata-kata yang memojokkan, lebih baik kamu mengarahkan secara halus supaya dia segera mencari pekerjaan.

priamu belum bekerja via www.playbuzz.com

Sejatinya kata-kata pedas tak diperlukan ketika kamu ingin mendesaknya agar segera mencari pekerjaan. Bila ini yang kamu lakukan, bisa jadi pasangan justru makin risih, minder, dan tersinggung. Kamu pun tak perlu membandingkannya atau bahkan memojokkannya secara terus menerus.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah menyadarkannya dan mengarahkannya secara halus untuk segera mencari pekerjaan. Ingatkan saja bahwa semakin bertambahnya usia maka lowongan yang ada juga makin menyempit. Katakan padanya juga bahwa tak perlu terlalu idealis dan memilih-milih pekerjaan.

2. Tak perlu sibuk menguliahinya. Dalam diam, coba kumpulkan tabungan dari pengasilanmu sendiri. Mau tak mau hal ini akan membuatnya untuk ikut berpikir mengenai masa depan kalian.

Advertisement

priamu belum bekerja via launchfinance.com.au

Apabila apa yang kamu katakan tak lagi didengarkan, maka ini waktunya kamu menunjukkannya lewat tindakan. Kamu bisa secara disiplin menyisihkan uang untuk tabungan. Katakan saja padanya bahwa uang yang terkumpul ini digunakan sebagai persiapan masa depan. Dengan mengetahui fakta ini, bisa jadi dia akan mulai menyadari dan memikirkan masa depan kalian berdua. Hal ini tentunya akan mendorongnya untuk segera mencari pekerjaan sehingga memiliki pemasukan tetap tiap bulannya.

3. Tunjukkan betapa enaknya sudah memiliki penghasilan sendiri dan tak lagi menyusahkan orangtua. Hal ini akan membuatnya kian termotivasi.

priamu belum bekerja via jonatrad.blogspot.com

Selain menyisihkan uang untuk tabungan berdua, kamu juga bisa menunjukkannya dengan cara yang lain. Tunjukkan padanya bahwa dengan memiliki penghasilan sendiri kamu mampu mencukupi kebutuhan sendiri. Kamu tak lagi mengandalkan uang bulanan yang dikirimkan oleh orangtua. Bahkan, sekarang ini kamu sudah bisa membelikan sesuatu untuk ayah dan ibu demi membahagiakan dan mengulas senyum di wajah mereka.

4. Bicarakan rencanamu hingga 5 tahun ke depan. Tanpa disadari kamu sudah membuatnya berpikir tentang masa depan.

priamu belum bekerja via two.byu.edu

Kamu dan pasangan memang kerap membicarakan apa saja. Tak salah rasanya ketika kamu menyisipkan topik mengenai ‘rencana 5 tahun ke depan’ di dalam obrolan kalian. Tak perlu memojokkannya dengan menanyakan mau dibawanya hubungan kalian, tetapi ceritakan saja apa gambaranmu di 5 tahun mendatang.

Misalnya saja kamu ingin sudah memiliki cukup tabungan dan bekerja di tempat yang sesuai impian. Dengan membagi gambaranmu tentang masa depan, mau tak mau dia pun ikut menggambarkan mengenai rencananya ke depan. Dari sini kamu pun bisa tahu alasan mengapa dia belum juga bekerja dan bisa memberikan sedikit saran (tanpa perlu menggurui) yang bisa mengarahkannya.

5. Ajak dia saat kamu sedang berkumpul bersama kawan-kawan. Siapa tahu dari situ ada lowongan pekerjaan untuk pasangan.

priamu belum bekerja via thoughtcatalog.com

Relasi memang memegang peranan yang cukup penting. Bisa jadi kesempatan bekerja bisa datang dari relasi yang dimiliki. Kamu pun bisa mengajak pasanganmu ketika kamu sedang berkumpul dengan kawan-kawan. Kenalkan saja mereka kepada pasanganmu. Makin banyak memiliki kenalan, maka makin luas pula relasi yang dimiliki oleh priamu. Toh, bisa jadi lewat orang-orang baru yang dikenalkan kepadanya dia justru mendapat peluang kerja.

6. Percaya saja bahwa dia sudah dewasa dan tahu mana yang terbaik untuk dirinya. Pastikan kamu selalu mendukung dan tak pernah pergi dari sisinya

priamu belum bekerja via vk.com

Memang terkadang perasaan cemas sering datang ketika kita menyadari bahwa kita sudah mantap memiliki pekerjaan sedangkan pasangan justru sedang sibuk mencari. Namun, jangan jadikan hal ini sebagai pemicu sikapmu yang terus menerus mendesak pasangan untuk mencari pekerjaan. Percayalah, sekarang ini dia juga sedang merasakan kebingungan yang sama.

Sehingga daripada kamu merongrongnya dengan berbagai kritikan yang justru bisa menjatuhkan mental, lebih bijak jika kamu terus memberikan dukungan dan setia mendampingi di setiap langkahnya. Yakini saja bahwa dia telah dewasa dan dia tahu mana yang terbaik untuk dirinya sendiri.

Sungguh, kepercayaan merupakan modal penting ketika menjalin sebuah hubungan. Kini merupakan saat yang paling tepat untukmu menunjukkan kepercayaan kepada pasangan.