Tahap keseriusan bagi masyarakat kita memang masih mengacu pada pernikahan. Saat pria ini tak kunjung melamar, kamu mulai khawatir berlebihan. Pertanyaan “Sebenarnya dia serius atau nggak?” selalu menghantui pikiran. Kamu khawatir sedang buang-buang waktu. Sudah menjalani hubungan sejauh ini, tapi ujung-ujungnya putus juga.

Tapi kali ini, cobalah tenang dulu. Meski belum juga melamar, keseriusan cowok bisa dilihat dari sini. Setidaknya kalau ada tanda-tanda ini dalam dirinya, kamu bisa tenang.

1. Dia tak marah karena kamu yang tak punya waktu untuk bertemu. Sama-sama menata masa depan sudah jadi prioritas yang dia utamakan

Saling mendukung menggapai mimpi via www.londonfamilyphotography.co.uk

Kini waktu bertemu yang tak lagi banyak, bukan lagi menjadi masalah yang dibesar-besarkan. Kalian berdua mulai paham, bahwa waktu berdua sudah bisa dikondisikan. Kalau memang tak bisa bertemu, dia tak lantas menggerutu. Karena masih banyak hal penting lain yang sedang kamu dan dia kerjakan di luar sana.

Kini saatnya kalian berdua fokus pada mimpi yang dulu pernah dirancang. Bukannya merengek untuk terus bertemu.

2. Sesi bertemu dengannya memang tak sebanyak saat kalian awal menjalin hubungan, namun ia selalu menemanimu saat kamu benar-benar membutuhkan

Advertisement

Ada saat kamu membutuhkan via www.eagerheartsphotography.com

Memang sih kalian tak sesering dulu bertemu. Seiring berjalannya waktu, bertemu dengannya tak bisa seleluasa saat awal hubungan dulu. Kini kalian sudah punya kesibukan masing-masing yang semakin menyita waktu. Walau begitu, ia tetap mengusahakan untuk menemanimu saat kamu benar-benar butuh. Dia tahu kapan kamu benar-benar rindu. Tepat saat kamu tengah membutuhkan sandaran, ia selalu bisa menemanimu. Meski tak lagi sering, namun waktu bertemu yang singkat itu tak kalah berkualitas kok.

3. Meski dia masih menata hidupnya, tapi pendapatmu selalu ia pertimbangkan. Kamu tak hanya sebagai pasangan, tapi juga partner hidup baginya

Pendapatmu tetap jadi pertimbangan baginya via www.eagerheartsphotography.com

Kamu tak hanya dipandang sebagai pasangan saja. Di matanya, lebih dari sekadar pasangan, kamu adalah partner hidup tempatnya mencari pendapat saat ia tengah bingung terhadap masalah yang datang. Ketika ia tak tahu harus mengambil keputusan seperti apa, sosokmu lah yang ia tuju. Pendapat yang kamu berikan dipandang sangat penting untuk ia jadikan pertimbangan. Dia sudah menganggapmu bagian dari hidupnya sedari dulu.

4. Mulai mau membuka diri, ia membawamu ke dunianya. Mengenalkanmu pada teman-teman dan keluarganya

Mengenalkanmu pada geng tempatnya berkumpul via screencrush.com

Salah satu yang jadi ciri keseriusan seorang lelaki pada hubungannya adalah cara mengenalkan pasangan kepada dunianya. Ia tak lagi tertutup soal keluarga dan teman-temannya. Kamu sudah mulai dibawa dan dikenalkan dengan orang-orang terdekat yang sudah mendukungnya hingga sekarang. Terlihat jelas matanya yang berbinar kala memperkenalkanmu kepada sahabat dan keluarganya. Seakan bangga bahwa kamu adalah pasangan yang ia akui sebagai pelengkap hidupnya.

5. Bukan bermaksud menganggapmu sebagai satpam, namun ke mana ia pergi ia tak luput memberi kabar. Dia jagonya membuatmu tenang

Kamu sering mendengar temanmu berkata, “Pasanganmu itu bukan satpam. Nggak perlu lah ngabarin tiap kamu jalan”. Mungkin anggapan ini ada benarnya. Namun baginya, memberi kabar kepadamu tak semata karena kamu satpam. Ia hanya tak mau ada curiga di antara kalian. Bukankah kejujuran adalah awal dari hubungan yang langgeng sampai tua? Toh dengan memberitahumu, itu tandanya ia percaya dan menghargai pendapatmu.

6. Dia sudah sering mengajakmu untuk datang ke acara nikahan temannya. Sembari berharap kalian yang suatu saat jadi mempelainya

Berharap kalian nanti yang jadi pengantinnya via elizabethwellsphoto.com

Undangan pernikahan dari teman-teman sudah sering kalian terima. Dari semua undangan yang datang, ia tak pernah sekalipun pergi tanpa kamu. Ia selalu setia menunggumu bisa dan siap dulu sebelum berangkat menghadiri pernikahan sahabatnya. Bukan tanpa sebab. Selain karena ia ingin agar orang lain tahu bahwa kamu adalah calon yang ia banggakan, ia juga mengajakmu karena ada harapan dalam hatinya. Mungkin sekarang kalian belum bisa bersanding di pelaminan, namun doa dalam hatinya bahwa suatu saat nanti, yang duduk di pelaminan itu adalah kamu dan dia.

7. Mengenal keluargamu jelas ia lakukan. Keseriusannya terlihat dari cara dia mengenalkan diri ke orangtuamu di rumah

Bertemu keluargamu tak pernah jadi halangan baginya via www.dustincantrellphotoblog.com

Puncak keseriusan seorang pria adalah saat ia berani berjalan masuk ke rumah pasangannya dan bertemu orangtua pasangannya. Tak hanya sekadar menjabat tangan Ayah-Ibumu, lelaki yang kamu cinta ini juga telah berani memperkenalkan diri pada mereka dengan cara yang istimewa. Keseriusannya terpancar dari mata dan senyumnya yang tulus saat bertemu Ayah dan Ibumu. Dia dengan mudah menggugah hati orangtuamu sehingga mereka dengan cepat menerimanya masuk dalam lingkaran keluarga.

Meski dia masih belum melamar, bukan berarti ia tak serius dengan cintanya padamu. Berikan ia sedikit lagi waktu jika memang tanda-tanda keseriusannya sudah tampak jelas di matamu. Ketika dia sudah merasa bisa membahagiakanmu sepenuhnya, lamaran darinya hanya tinggal menunggu waktu saja.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me