Bagi banyak pasangan, mungkin long distance relationship atau LDR jadi sebuah momok untuk dirasakan, apalagi dijalani. Tapi, untuk pasangan yang memang harus menerima kenyataan sebagai pejuang LDR, tentu mau tak mau itu harus dihadapi. Rasa berat menahan rindu saat tak bisa bertemu pasti jadi salah satu rasa yang begitu akrab untuk dinikmati.

Perasaan tersebut mungkin saja jadi rasa yang begitu sendu, tapi di balik semua itu sejatinya ada banyak hal baik bagi dirimu. Sebab, secara tak langsung kamu pun akan dilatih jadi pribadi yang pandai menahan perasaan. Karena jarak pun tak pernah jadi penghalang untuk menuntaskan dan berbagi rasa nyaman. Bagi kamu yang sudah khatam dengan LDR, sadarilah jika tanda-tanda ini jadi bukti kalau hubungan kalian sudah masuk pada level nyaman yang tak sembarangan.

1. Di antara kamu dan dia tak ada lagi pertengkaran perihal minimnya kabar yang diberikan

Nggak ada lagi ribut soal kabar via nouba.com.au

Kabar dari pasangan biasanya memang jadi hal yang paling ditunggu, terlebih buat kamu yang ada dalam jarak dan susah bertemu. Kabar dari dia mungkin adalah satu-satunya obat rindu. Tak heran jika kemudian ada pertengkaran di antara kalian saat kabar yang dinanti tak kunjung datang.

Namun, jika di antara kamu dan dia tak ada lagi pertengkaran perihal minimnya kabar yang diberikan, maka kalian perlu berbahagia. Sebab hal itu seperti jadi sebuah bukti jika hubungan yang terjalin sudah berhasil dilewati. Dengan kata lain, sejatinya kamu dan dia dalam hubungan yang sehat dan dewasa.

2. Sebuah pertemuan pun bukan jadi hal yang harus dituntut. Meski begitu, kamu selalu tahu apa yang harus dilakukan saat waktunya bertemu

Advertisement

Pertemuan bukan tuntutan via elizabethwellsphoto.com

Meski jarak membuat kalian tak bisa bertemu setiap waktu, tapi tak lantas membuatmu dan dia saling menuntut untuk rutin bertemu. Sebab, kamu dan dia sama-sama mengerti jika pertemuan bukanlah sesuatu yang perlu diributkan. Kamu dan dia sudah paham jadwal masing-masing. Tanpa perlu kamu merengek.

Meski begitu, kamu selalu tahu apa yang harus dilakukan saat ada waktunya untuk bertemu. Kamu tahu betul jika saat waktunya tiba nanti, tak ada yang boleh disia-siakan. Kamu pun paham betul cara mengisi dan memanfaatkannya seperti apa. Ya, daripada menggerutu atas pertemuan yang belum bisa dilakukan, lebih baik membuat daftar apa yang akan kalian lakukan saat dalam pertemuan.

3. Tidak lagi setiap waktu berkomunikasi, karena kamu dan dia paham betul bagaimana cara untuk saling mengerti

Tak setiap waktu berkomunikasi via unsplash.com

LDR yang baik adalah LDR yang tahu kapan waktunya untuk berkomunikasi. Kenyamananmu sudah tak perlu diragukan lagi saat kamu dan dia tidak lagi setiap waktu berkomunikasi. Kalian sama-sama bisa memahami dengan baik bagaimana cara untuk saling mengerti.

Komunikasi yang berkualitas pun akan membawa kamu dan dia dalam hubungan yang jauh lebih berkualitas. Pasalnya dengan begitu, kamu dan dia akan sama-sama bisa fokus mengerjakan apa yang seharusnya dikerjakan. Mungkin dengan berkomunikasi di akhir hari lelah yang kamu rasakan bisa hilang dan rindu pun bisa lunas terbayar.

4. Meski sama-sama ada dan besar dalam jarak, tapi selalu ada cara untuk saling bertukar semangat

semangat, sayang. via www.dustincantrellphotoblog.com

Meski sama-sama ada dan besar dalam jarak, tapi kamu dan dia selalu punya cara untuk saling bertukar semangat. Itu pun jadi tanda kalau hubungan kalian sudah memasuki fase di mana nyaman jadi hal yang paling besar dirasakan.

Sekadar mengirim pesan manis atau voice note di awal hari pasti akan begitu punya arti. Pasalnya mendapat semangat dari seorang yang disayang atau dirindukan tentu akan jadi mood booster terbaik untuk melewati panjangnya hari yang akan dihadapi.

5. Menjaga komitmen pun bukan jadi hal yang sulit dilakukan, sebab itu sudah seperti kewajiban

Menjaga komitmen adalah kewajiban via unsplash.com

Dalam hubungan jarak jauh rasanya komitmen adalah sesuatu yang perlu dipegang teguh. Buat kamu yang sudah khatam dalam jarak dan sudah ada dalam hubungan yang dewasa, menjaga komitmen pun bukan jadi hal yang sulit untuk dilakukan. Sebab bagimu itu sudah seperti kewajiban, di mana tak ada lagi tawar menawar, pasti akan dikerjakan. Lain dengan kamu yang belum bisa menghargai sebuah hubungan, komitmen akan lewat begitu saja tanpa rasa bersalah ketika dengan sengaja atau tidaknya itu dilanggar.

6. Kepercayaan pun bukan lagi perkara yang harus diragukan. Bersamanya kamu yakin sekalipun kalian berjauhan

I trust you… via www.noisygeek.com

Kepercayaan di antara kamu dan dia yang harus berjauhan pun bukan lagi perkara yang harus diragukan. Meski ada di antara jarak, tapi bersamanya kamu selalu yakin. Ketika itu sudah bisa kamu jalani dengan baik, maka bisa dipastikan kalian jika hubungan yang terjalin di antara kalian memang layak untuk dipertahankan.

Jika tanda-tanda tersebut sudah terjalin di antara kamu dan dia, maka seperti bisa dipastikan kalau hubungan kalian sudah memasuki level nyaman. Tak lagi perlu diragukan jika LDR yang kamu jalani bersamanya adalah hubungan yang berkualitas dan dewasa, bahkan bisa jadi kamu melebihi mereka yang jalani hubungan dalam satu kota.