Punya pasangan tak selalu menciptakan ketenangan. Kadang-kadang, yang ada justru sebaliknya. Di masa awal, hubungan kita akan penuh dinamika — berkirim pesan setiap saat, mengobrol tak kunjung habis. Seiring waktu, hubungan juga kerap dibumbui pertengkaran kecil dan kejutan manis.

Lama-kelamaan mungkin kamu lelah dengan hubungan yang naik-turun seperti ini. Kamu ingin memiliki hubungan yang bahagia, tanpa harus dibumbui drama. Perubahan demi perubahan pun kamu lakukan demi hubungan yang tenang dan solid. Tidak jarang kamu harus mengorbankan egomu demi kebahagiaan bersama.

Setelah sekian lama berusaha, sekarang kamu bertanya: apakah kalian sudah berhasil memiliki hubungan yang solid? Apa kalian sekarang sudah berada di jalur yang tepat? Tak usah gamang. Jika kamu dan pasanganmu sudah bisa memahami tanda-tanda ini, tak ada yang perlu dikhawatirkan lagi.

1. Komunikasi yang tak lagi seintensif dulu bukan masalah buatmu

Komunikasi lewat telepon sesekali saja, tidak apa-apa via kyliejapzz.blogspot.com

Saat baru menjalin hubungan, kalian bisa bertengkar saat salah satu dari kalian lupa memberikan kabar. Namun setelah sekian lama, kalian merasa tidak akan terlalu banyak lagi basa-basi yang bisa dibicarakan. Komunikasi yang terjalin di antara kalian berdua pun “hanya” sebatas sapaan pagi, cerita singkat aktivitas hari ini, dan ucapan selamat malam. Tidak ada paksaan untuk mendengarkan celotehan panjang-lebar satu sama lain. Kalian sudah lebih dewasa dalam hubungan.

2. Kalian punya waktu pribadi untuk mengembangkan diri sendiri

Advertisement

Kalian saling menyemangati via geniusquotes.org

Semakin ke sini, kalian semakin paham kalau berpacaran bukan berarti harus bersama setiap saat. Masing-masing dari kalian perlu memiliki ‘ruang’ pribadi untuk mengembangkan diri demi masa depan. Walaupun tidak selalu bisa membantunya secara konkret, tapi sebagai pacar yang baik kamu selalu memberi semangat dan dukungan dengan memberi ‘ruang’ pribadi tersebut. Toh kamu juga nantinya yang akan bangga kalau dia bisa menjadi lebih baik dan sukses dibandingkan sekarang.

3. Pertengkaran tidak lagi menjadi arena untuk saling menyalahkan

Bertengkar? Biasa saja. via itiswrittenforyou.wordpress.com

Mustahil kalau sebuah hubungan bisa berjalan adem-ayem saja. Walaupun jarang, pertengkaran atau berbeda pendapat pasti pernah terjadi di setiap hubungan. Namun, pertengkaran itu tidak kalian jadikan sebagai arena adu argumen atau saling menyalahkan. Pertengkaran merupakan salah satu cara bagi kalian untuk lebih saling berkompromi dan memahami. Dengan begitu, kalian pun tidak berat untuk saling mengucap kata maaf dan berbagi senyuman termanis untuk satu sama lain.

4. Kalian menikmati jarak yang memisahkan

Jarak yang ada, kalian nikmati via www.independent.ie

Kalian akhirnya berhasil mendapat pekerjaan impian. Walaupun harus tinggal di kota yang berbeda, tapi itu tidak menjadi halangan untuk hubungan kalian. Rasa kangen yang dulu menyiksa pun berubah menjadi rasa yang indah karena kalian nikmati, bukan rasa yang dikutuki. Kalian pun tahu jika suatu hari nanti, jarak ini akan diganti dengan pertemuan dan masa depan gilang.

5. Kalian sudah bisa berdamai dengan rasa cemburu

Dia tidak akan ke mana-mana via www.thelittledomain.com

Adanya sosok cewek atau cowok lain yang dekat dengan pacar pasti sesekali pernah menimbulkan rasa cemburu. Saat rasa cemburu itu muncul, dulu kamu bisa berubah menjadi sangat posesif. Kamu berkali-kali menyebutkan — entah lewat perkataan atau sindiran — kalau kamu tidak suka dia “melayani” cewek atau cowok lain yang mencoba mendekatinya.

Namun sekarang, kamu akan biasa-biasa saja saat rasa itu melanda. Kamu sudah bisa berdamai dengan rasa cemburu tersebut, karena tahu kalau pacarmu tidak akan ke mana-mana. Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah menerima kalau pacarmu bukan milik kamu saja. Kamu harus berbagi dia juga, termasuk ke teman-temannya yang bisa berbeda lawan jenis dengannya.

6. Kepercayaan adalah prinsip yang kalian pegang teguh

Kamu percaya padanya via huffingtonpost.com

Rasa percaya yang kalian pegang teguh berhasil mengurangi rasa curiga dan kesalahpahaman yang ada di antara hubungan kalian. Inilah sebabnya mengapa kalian pada akhirnya bisa berdamai dengan jarak dan rasa cemburu yang melanda. Kalian yakin semua akan baik-baik saja karena kalian telah berkomitmen untuk saling menghargai dan menghormati rasa percaya yang diberikan satu sama lain.

7. Diam bukan merupakan kecanggungan, tapi bentuk kenyamanan

Diam tidak lagi canggung via www.nanyangchronicle.ntu.edu.sg

Saat sedang bersama, pacarmu memilih untuk bermain game di laptop dan kamu pun asyik sendiri dengan novel yang baru saja dibeli. Suasana hening yang menyelimuti kalian tidak lagi menjadi keanehan. Apalagi menimbulkan kecanggungan.

Saat ini, semuanya adalah perwujudan dari rasa nyaman yang kalian rasakan. Kehadirannya sudah cukup membuatmu merasa hangat, tanpa perlu ada topik seru yang dibicarakan.

8. Hubungan kalian berjalan tanpa ada lagi yang saling menuntut, apalagi berharap selalu dimengerti

Kalian saling mengerti via vostip.mk

Hubungan kalian sudah bebas dari yang namanya drama atau kode-kodean. Kamu tidak lagi menuntutnya berubah demi menyenangkanmu, begitu juga sebaliknya. Kalian bisa dengan jujur mengungkapkan perasaan suka atau tidak suka terhadap sesuatu. Tidak ada lagi pihak yang diam-diam berharap untuk dimengerti, yang ada adalah kalian berusaha untuk saling mengerti dengan cara kalian masing-masing.

9. Tidak ada lagi yang namanya gengsi. Kalian sama-sama bisa menunjukkan jati diri

Tidak ada lagi yang namanya gengsi via vk.com

“Cewek jangan mau menghubungi duluan. Gengsi! Itu tugasnya cowok.”

Pikiran seperti itu sudah kamu buang jauh-jauh. Kalian sudah merasa nyaman kok dengan hubungan yang dijalani. Buat apa harus menyiksa diri tidak menghubunginya demi rasa gengsi yang tidak seberapa. Pokoknya kalau kamu kangen dan ingin tahu kabar dia, kamu tidak ragu lagi untuk menghubunginya duluan.

10. Hubungan kalian bukan lagi seperti arena arung jeram, tetapi berubah menjadi lautan yang tenang

Hubungan kalian sudah tenang via accorhotels.com.au

Bagaikan arena arung jeram, ujian sepertinya tidak henti-henti melanda hubungan kalian. Namun, itu tidak lantas membuat kalian menyerah dan berpisah. Ujian tersebut justru membuat kalian lebih saling memahami, berkompromi, dan bekerja sama dengan baik. Hubungan kalian sudah berubah menjadi lebih tenang dan solid. Dia tidak lagi hanya menjadi pacar, tetapi rekan terbaik yang kamu miliki untuk melewati berbagai suka dan duka. Kamu merasa dengan bersamanya kamu bisa bertahan di balik gilanya dunia ini.

Setelah mengecek tanda-tanda tersebut, apakah hubunganmu sekarang sudah solid?