Berkomitmen untuk menikah adalah sesuatu yang rumit. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih pasangan, karena menikah adalah komitmen seumur hidup. Tentunya kita menginginkan pasangan yang benar-benar tepat untuk menyertai kita sampai penghujung usia.

Nah, buat kamu yang udah berpikir untuk maju ke jenjang hubungan selanjutnya, apa aja sih tandanya kalo kamu udah menemukan pasangan yang tepat? Temukan jawabannya di sini yuk.

1. Kamu mempercayainya sepenuh hati.

Kamu mempercayainya via projectm-online.com

Mempercayai seseorang memang bukan hal yang mudah, apalagi untuk mendampingi kamu seumur hidup. Tapi, kepercayaan terhadap pasangan adalah salah satu landasan yang paling penting dalam membina sebuah komitmen. Tanpa adanya rasa saling percaya, sebuah hubungan hanya akan jadi nggak sehat.

Mempercayai seseorang adalah sebuah risiko. Orang yang kepercayaannya dikhianati, lukanya gak akan sembuh begitu aja. Kepercayaan bakal sangat sulit dibangun kembali. Tapi, rasa percaya juga merupakan hal yang indah. Dengan ini, kamu menunjukkan bahwa kamu ikhlas membuka bagian paling berharga dari dirimu untuk orang lain.

Advertisement

Jadi ketika udah ada seseorang yang kamu yakini nggak akan mengkhianati kepercayaanmu, mungkin kamu udah menemukan orang yang tepat.

2. Dia adalah doronganmu untuk menjadi positif, alih-alih menimbulkan pengaruh negatif.

Dia mendorongmu untuk lebih positif via www.gottmanblog.com

Cinta itu kayak candu. Saat kita jatuh cinta, kita seakan lupa segalanya. Hampir mustahil bagi kita untuk menyadari apakah orang yang kita cinta itu memberi dorongan yang positif atau justru negatif buat kita. Inilah yang harus kamu pertimbangkan masak-masak ketika hendak membina rumah tangga.

Ada orang yang akan membimbingmu, mengkritikmu dengan cara yang membangun, serta membantumu belajar lebih banyak. Tapi ada juga orang yang suka mencela, membesar-besarkan kesalahan yang kamu lakukan, atau bahkan bertindak destruktif terhadap diri kamu.

Kalo ternyata pasanganmu itu seperti yang disebutkan terakhir, gak perlu pikir dua kali buat putus. Putus justru akan membuka kesempatanmu untuk menemukan orang yang lebih tepat.

3. Dia mempercayaimu dan memotivasimu untuk percaya diri.

Dia selalu memotivasimu untuk lebih baik via www.360coms.co.uk

Pernikahan adalah jalan panjang yang harus dilalui bersama-sama. Biar kamu gak kehilangan motivasi untuk terus maju, kamu butuh pasangan yang bisa mendorongmu untuk menjadi lebih baik, sekaligus tetap jadi dirimu sendiri.

Nah, memilih pasangan yang tepat untuk memotivasimu sepanjang waktu bisa menciptakan perbedaan. Seseorang yang bisa menjadikan dirimu lebih baik sebagai pendamping hidup adalah hadiah terindah bagi hidupmu.

4. Hidupmu jauh lebih baik jika bersamanya.

Dia melengkapi hidupmu via conquerdistancerelationships.com

Menentukan pasangan hidup gak bisa dilepaskan dari sisi emosional. Tapi, kesampingkan dulu rasa emosional dan berpikirlah secara logis. Hidupmu akan jauh lebih baik jika kamu memiliki pasangan yang bisa memberi nilai tambah bagi hidupmu, bukan justru mengambilnya darimu (misalnya, berkata bahwa impianmu tidak valid).

Oleh karena itu, kamu perlu merenungkan kembali, benarkah hidupmu akan jauh lebih baik jika bersamanya? Jika pandangan logismu mengatakan “ya”, tunggu apa lagi?

5. Dia ada di sampingmu karena kamu berarti baginya, apa adanya kamu.

Kamu berarti baginya via igniteyourvoice.blogspot.com

Kadang urusan cinta bisa sangat materialistis. Pasanganmu mau bersamamu hanya karena ingin bersenang-senang aja, tapi ketika kamu ada di titik terendahmu, dia gak mau ikut-ikutan.

Nah, ketika pasanganmu bersedia untuk tetap tinggal di sisimu pada saat kamu berada di titik terendahmu, berarti dia menganggapmu berarti buatnya. Dia punya keyakinan terhadap kamu, dan merekalah orang yang pantas untuk menjadi pendamping hidupmu.

6. Kalian punya visi yang sama dalam hidup.

Visi yang serupa dalam hidup via awakenmiracles.com

Gak ada yang lebih seru selain mengejar tujuan bareng pasangan. Untuk itu, kamu harus memahami dulu apa yang hendak dikejar oleh pasangan: apa yang ingin dia lakukan, impiannya, tujuan hidupnya, panggilan hatinya, passion-nya?

Bahtera rumah tanggamu akan jauh lebih bermakna jika kalian visi yang sama dalam hidup ini, sehingga kalian bisa senantiasa melangkah beriringan.

7. Pengalamanmu bersamanya adalah hal yang luar biasa bagimu.

Dia mengubah hidupmu via www.mindbodygreen.com

Selama ini, kalian udah menjalani banyak hal dan mengalami petualangan bersama. Bagimu, dia adalah sebab dan alasan kamu mengalami titik balik yang mengubah hidupmu. Dialah yang bisa membuka persepsimu tentang dunia serta membuatmu berhasil menemukan dirimu sendiri.

Ketemu dengan orang-orang yang mengubah takdirmu kemungkinannya cuma satu banding seribu. Jika kamu menemukan orang seperti ini, jangan dilepas ya.

8. Kalian saling mencintai secara mendalam

Cinta yang mendalam via brisbaneweddingweekly.com.au

Sebelum kamu bilang, “kami saling mencintai, kok!”, kamu perlu memahami apa itu cinta yang mendalam. Cinta yang mendalam itu cinta dua sisi: cinta yang romantis sekaligus cinta yang platonis. Ini berarti kamu bukan hanya mencintainya sebagai suatu individu, tetapi juga mencintai makna dirimu baginya. Dengan kata lain, kamu mencintai dirinya sama seperti kamu mencintai apa yang dia lakukan demi kamu.

Cinta yang terdalam adalah ketika kedua jenis cinta itu menciptakan ikatan yang kuat yang tidak bisa dirusak oleh kekuatan dari luar. Dan cinta seperti ini bukan cinta yang instan, melainkan cinta yang dibangun seiring waktu.

Menikah adalah sebuah keputusan seumur hidup, yang sayang banget jika kamu jalani dengan orang yang salah. Nah, setelah melihat tanda-tanda di atas, apakah kira-kira pacarmu yang sekarang itu adalah calon pendamping hidup yang tepat buatmu?