Suatu ketika kamu tak sengaja menyakiti dia, entah teman, sahabat atau pacar. Kamu pun meminta maaf padanya. Tapi sekadar ucapan maaf pun kadang tak cukup. Karenanya kamu perlu meyakinkan bahwa permintaan maafmu benar-benar tulus dari hatimu dan bukan ucapan semata.

Kamu pun perlu melakukan pendekatan lagi sebagai bagian dari usaha untuk memperbaiki hubungan yang mulai renggang. Mungkin ucapan-ucapan berikut bisa membantumu memperbaiki hubungan dan bisa menunjukkan ketulusanmu untuk meminta maaf.

1. Setelah minta maaf pada sahabatmu yang sempat marah, kamu bisa bilang padanya: aku tahu kok kamu masih butuh waktu, sebagai bentuk pengertian.

aku tahu kamu butuh waktu via ilovehdwallpapers.com

Kadang saat sahabatmu marah, dia butuh waktu untuk akhirnya memaafkanmu. Walau dia udah bilang ngga papah. Karenanya sebagai bentuk pengertian, kamu bisa mengucapkan kalimat berikut aku tahu kok kamu masih butuh waktu. Kalimat ini menegaskan kalau kamu memberinya jeda waktu sampai dia siap untuk bertemu denganmu. Sampai dia siap untuk akrab lagi denganmu.

2. Saat temanmu marah padamu dan kamu sudah minta maaf, kamu bisa mengatakan padanya wajar kok kalau kamu marah.

Wajar kok kalau kamu marah.. via favim.com

Advertisement

Suatu ketika kamu lupa balas chat temanmu. Padahal pesan di chat itu penting banget baginya, menanyakan materi ujian besok. Kamu udah minta maaf tapi masih merasa ngga enak. Untuk meyakinkannya bahwa kamu tulus minta maaf, kamu bisa mengatakan padanya wajar kok kalau kamu marah. Kalimat tadi juga menandakan bahwa kamu sadar akan kesalahanmu. Sehingga kamu bisa akrab lagi dengannya.

3. Kamu boleh kok marah sama aku. Kalimat itu menunjukkan bahwa kamu menyadari betul kesalahanmu.

Biar bisa akrab kayak gini lagi.. via www.pinterest.com

Kalimat yang satu ini bisa kamu ucapkan setelah kamu bilang maaf pada teman, sahabat, atau pacar. Ini juga pertanda kalau kamu menyadari betul kesalahanmu. Selain itu juga pertanda bahwa kamu memberi waktu padanya sampai dia benar-benar memaafkanmu. Tapi bukan berarti kamu ngga peduli sama perasaannya. Kamu hanya berusaha untuk memahami perasaannya.

4. Atau kamu bisa bilang ucapan ini ke pacarmu yang ngambek: aku tahu kelakuanku kemarin memang kelewatan, sebagai bentuk pengakuan kesalahanmu.

Katakan ucapan ini setelah bilang maaf. Untuk mempertahankan hubunganmu dengan pacar. via www.huffingtonpost.com

Suatu ketika kamu 3 hari lebih ngga mengabari pacarmu. Tidak membalas chat-nya, tidak mengangkat teleponnya, pokoknya kamu sama sekali tidak mengabarinya apa-apa. Saat itu kamu ingin punya waktu sendiri. Padahal dia sangat mengkhawatirkanmu. Kamu pun minta maaf padanya. Tak cukup hanya maaf, kamu bisa bilang aku tahu kelakuanku kemarin memang kelewatan, sebagai bentuk pengakuan kesalahanmu. Dan pertanda kamu ingin dia benar-benar memaafkanmu.

5. Kadang maaf saja tidak cukup, kamu perlu meyakinkan dia dengan bilang aku janji ngga akan ngelakuin hal itu lagi.

Saat kata maaf saja belum cukup… via cuteasasutton.tumblr.com

Saat maaf saja dirasa belum cukup menutup rasa bersalahmu, kamu harus meyakinkan seseorang yang marah padamu bahwa kamu tidak akan membuatnya marah lagi. Kamu bisa bilang padanya aku janji ngga akan ngelakuin hal itu lagi, sebagai sebuah janji bahwa kamu ngga akan mengecewakannya lagi. Kalimat ini mungkin agak berat karena merupakan sebuah janji dan ada makna komitmen di dalamnya. Jadi kamu harus sungguh-sungguh mengucapkannya, sepenuh dan setulus hatimu.

Semoga kalimat di atas membantumu dalam memperbaiki hubungan dengan teman, sahabat, atau pacarmu yang sedang marah. Ketika kata maaf saja belum cukup, kamu butuh meyakinkan mereka dengan ucapan-ucapan di atas, bahwa permintaan maafmu benar-benar tulus :).

Kredit Featured Image : http://beglobal.club/learn-to-talk-about-please-thank-you-and-im-sorry/