Anak dengan iPad via www.ineffableisland.com

Selamatkan “Generasi Menunduk”! Tanggal 17 April 2014 lalu, British Association of Teachers and Lecturers mengungkap kecenderungan yang terdapat di anak-anak usia 3 dan 4 tahun akhir-akhir ini: perkembangan kemampuan motorik halus yang terhambat akibat terlalu sering bermain iPad atau komputer tablet.

“Banyak anak yang lancar bermain iPad, tapi tidak bisa menyusun balok. Banyak juga yang lebih memilih main tablet daripada bergaul dengan teman-teman sekelasnya, sementara orang tua mereka bangga karena anak-anak ini ‘melek teknologi’,” kata seorang guru bernama Colin Kinney.

Ada juga guru yang mengatakan bahwa iPad membuat anak-anak didiknya kesulitan menulis dengan pensil dan kertas.

Kemampuan motorik halus adalah kemampuan seorang anak untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pengendalian gerak dan kemampuan memusatkan perhatian. Contoh sehari-harinya adalah memegang sendok dan garpu, menyusun mainan balok, serta menulis dengan pensil dan pulpen.

Advertisement

Menurut survey yang dilakukan Yahoo! Indonesia dan Mindshare di tahun 2013, pengguna iPad dan komputer tablet di Indonesia saat ini mencapai 6 juta orang. Diperkirakan pada tahun 2017 jumlahnya akan mencapai 16,2 juta.