Permasalahan introvert merupakan hal yang nyata dan itu bukan berarti bahwa kamu tidak menyukai orang lain, kamu hanya lebih nyaman dan perlu menghabiskan waktu untuk diri sendiri. Sementara kamu sangat senang ketika kamu menghabiskan waktu dengan teman-temanmu, ini merupakan hal yang kamu lakukan bahwa kamu menyayangi mereka.

Ada begitu banyak hobi yang bisa kamu terapkan untuk kamu yang berkepribadian introvert. Nah, dibawah ini ada beberapa kumpulan ide yang bisa kamu terapkan.

 

1. Membaca; Ritual Sederhana yang Akan Membuka Kembali Pikiran Para Introvert

Membaca itu menyenangkan

Membaca itu menyenangkan via http://aquariuslearning.co.id

Membaca merupakan kegiatan yang bagus dan menyenangkan bagi sebagian besar orang yang introvert. Kegiatan ini tentunya akan menghabiskan waktu beberapa jam, dimana pun dan kapan pun kamu menginginkannya. Membaca dapat mengalihkan pikiranmu dari penatnya kehidupan sehari-hari, Dengan membaca di tempat yang nyaman dan buku yang bagus membuatmu tenggelam dalam duniamu sendiri, di sisi lain dapat juga menambah kosakata dalam perbendaharaan kata-kata.

2. Menulis Juga Sama-Sama Ampuhnya!

La vita segreta di una bookblogger

La vita segreta di una bookblogger via http://www.unoscafalledilibri.blogspot.com

Menulis merupakan pilihan yang bagus untuk kamu yang introvert karena kamu dapat mengekspresikan dirimu dari sudut pandangmu sendiri dan dapat dilakukan sepanjang waktu. Kegiatan ini juga tidak melibatkan orang lain. Habiskan waktumu dengan menulis apa yang terlintas dalam pikiranmu di dalam blog, kumpulan puisi, menulis artikel ataupun novel. Siapa tahu karyamu diteribitkan dan kamu bisa mendapatkan penghasilan dari sini.

3. Kembangkan Minat dan Bakat yang Kamu Punya

Ini dia efek positif punya hobi

Ini dia efek positif punya hobi via http://www.lifestyle.liputan6.com

Cobalah untuk mencari tahu, berlatih, dan mengasah kemampuanmu dalam berbagai kegiatan seperti melukis, menggambar, menjahit, masak, website coding, fotografi, maupun berbagai kegiatan lainnya yang mengasah minat dan bakatmu. Kamu yang introvert pasti akan menikmati hal ini dimana hanya kamu, hobimu, dan media yang menjadi penyalur hobimu. Di sisi lain kamu mungkin akan menemukan dirimu penuh semangat membicarakan kegiatan yang kamu sukai yang berhubungan dengan hobimu. Tidak seperti extrovert yang lebih bersemangat ketika berinteraksi dengan banyak orang. 

4. Berlatih untuk Bermain Alat Musik

Jika ada alat musik yang ingin kamu mainkan, fokuslah untuk berlatih dalam memainkannya. Bagaimana jika belum pernah satu kalipun memegang maupun memainkan alat musik? Tidak ada salahnya untuk mencoba berlatih dari sekarang, tidak ada kata terlambat untuk mencoba. Bermain musik adalah cara yang baik untuk menantang diri sendiri dan sejauhmana kamu dapat menetapkan tujuanmu untuk bisa menguasai alat musik yang kamu pelajari. Kamu bisa berlatih pada guru musik yang berpengalaman maupun belajar dari internet mengenai video tutorial dan juga buku yang membantumu untuk belajar menguasai alat musik yang kamu pelajari.

5. Kamu Bisa Menghabiskan Waktu dengan Menonton Video yang Edukatif di Rumah

Tips nonton film

Tips nonton film via http://www.brilio.net

Ada banyak video yang bisa kamu pilih untuk kamu tonton di rumah. Namun sesekali cobalah untuk menonton video edukatif seperti video dengan subtitle bahasa inggris untuk melatih kemampuanmu dalam bahasa inggris, video tutorial membuat kerajinan tangan maupun memasak, yang suka menyanyi carilah video tutorial bagaimana cara menghasilkan suara yang bagus ketika bernyanyi, atau menonton drama favoritmu.

6. Menjelajahi Tempat yang Belum Kamu Kunjungi Sebelumnya

First time traveling solo

First time traveling solo via http://www.huffingtonpost.com

Hampir sebagian besar introvert sangat menyukai jalan-jalan sendiri dan berkunjung ke tempat baru. Tidak harus berkunjung ke kota lain, tapi kunjungilah destinasi tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Kamu harus memutuskan pemandangan seperti apa yang ingin kamu lihat dan dimana kamu ingin makan karena waktu sepenuhnya milik dirimu sendiri dan tentu saja jalan-jalan membuat pikiranmu jauh lebih tenang.

 

7. Memilih Aktivitas Olahraga yang Kamu Inginkan

Ritme berjalan berpengaruh besar

Ritme berjalan berpengaruh besar via http://www.vebma.com

Lakukan latihan rutin seperti olahraga yang kamu sukai dengan bersama orang lain maupun tidak bersama dengan orang lain. Kamu bisa bersepeda, berenang, jogging, bermain golf, senam, maupun bermain bulu tangkis. Tentu saja selain sehat kamu juga dapat menggerakan badanmu sehingga badanmu tidak kaku dong tentunya. Kamu bisa memilih tempat yang tidak terlalu banyak orang sehingga membuatmu nyaman untuk beraktivitas.

8. Cobalah Berkontribusi sebagai Volunteer Lewat Hal Yang Kamu Sukai

Memberi makan orangutan

Memberi makan orangutan via http://www.thegreatprojects.com

Untuk kamu si introvert yang sangat peduli kepada orang lain dan ingin membantu orang lain, kamu dapat berkontribusi sebagai volunteer untuk menolong kehidupan di sekitarmu. Bisa mengajar anak-anak, orang dewasa, kampanye sosial media, maupun menolong hewan dalam komunitas hewan seperti WWF atau World Wide Fund for Nature, tentunya ini menambah pengalaman tersendiri untukmu. 

9. Meditasi Agar Hati dan Pikiran Tenang Seketika

Mencapai kebahagiaan melalui meditasi

Mencapai kebahagiaan melalui meditasi via http://www.solfoodcatering.com

Meditasi bisa kamu kamu lakukan dengan kegiatan apa saja, seperti yoga, beribadah, maupun usaha lain untuk membuat dirimu merasa tenang. Meditasi membantumu untuk menyelaraskan badan maupun pikiran yang membantumu untuk merasa santai dan rileks sehingga membantumu untuk terhindar dari stres.

10. Belajar untuk Menghargai Diri Sendiri

Hargai diri sendiri

Hargai diri sendiri via http://www.webfree.id

Kamu yang introvert terkadang cenderung menyalahkan diri sendiri mengenai kepribadianmu yang tidak bisa berbaur dengan orang lain. Belajarlah untuk menerima dan menghargai dirimu sendiri, kalau kamu saja tidak bisa menghargai dirimu sendiri bagaimana orang lain bisa mengerti kamu? Menjadi introvert tak seburuk yang kamu pikirkan!

Banyak hal yang tidak bisa orang-orang extrovert dapatkan dari dirimu yang introvert. Kelebihan orang introvert adalah mereka lebih introspektif terhadap diri mereka sendiri dibandingkan dengan orang yang extrovert. Bukan berarti extrovert buruk, hanya saja dalam konteks ini lebih membahas pada kelebihan introvert. Temukan potensi dan kelebihan yang ada pada dirimu dan kembangkanlah dan hargailah itu.

Nah itu dia 10 cara yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kalau bukan kamu yang menghargai dirimu sendiri lantas siapa lagi?