Setelah menjalankan gaya hidup sehat, anda pasti mendapati masa tua dengan kehidupan yang sangat sehat. Jika cara-cara hidup sehat diterapkan secara teratur sudah pasti akan berujung pada baiknya kualitas hidup dan kualitas kesehatan seseorang. Hanya saja cukup banyak orang mungkin sudah terbiasa dengan pola hidup yang serba praktis akibat dari tren gaya hidup sekarang. Sebagian besar masyarakat sekarang ini cenderung lebih menyukai gaya hidup serba praktis dan cepat sehingga seringnya mereka mengesampingkan kesehatan, baik kesehatan fisik maupun kesehatan psikologi. Sebenarnya hidup sehat itu tidaklah sulit, murah, dan mudah.

Berikut 10 cara hidup sehat yang bisa anda praktekan dalam kehidupan sehari-hari :

 

1. Menghirup udara bersih

Menghirup udara bersih

Menghirup udara bersih via http://www.gudangkesehatan.com

Anda tidak perlu berkunjung ke pedesaan, pegunungan, atau area-area hijau lainnya hanya untuk mendapatkan udara bersih. Ada cara mudah untuk dapat dengan bebas di pagi hari. Anda hanya perlu bangun pagi untuk mendapatkan udara berkualitas baik. Udara di pagi hari masih bersih karena belum tercemar oleh polusi. Setelah bangun tidur, Anda dapat membuka jendela kamar, lalu menghirup nafas dalam-dalam. Segar bukan? Udara bersih tersebut baik untuk organ pernafasan kita, dan oksigen yang kita hirup dapat membuat lebih fresh dan bersemangat dalam beraktivitas. Jaga kebersihan udara di rumah kita dengan rutin membersihkan kipas angin, AC dan perabot rumah dari debu. Selain itu, hindari terpapar asap kendaraan, rokok, asap polusi pabrik karena mengandung gas CO (karbon monoksida) yang dapat berkompetisi dengan oksigen dalam tubuh kita. Dalam jumlah banyak, kondisi tersebut dapat menurunkan konsentrasi pikiran dan mengganggu metabolisme tubuh, bahkan menyebabkan kematian.

2. Konsumsi air putih

Konsumsi air putih

Konsumsi air putih via http://www.gudangkesehatan.com

Meminum air putih adalah cara lain untuk hidup sehat dengan mudah. Air putih baik untuk tubuh, tanpa bahan pengawet, dan mengandung molekul-molekul netral yang sesuai dengan cairan tubuh. Air putih tidak mengandung glukosa yang dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Kadar gula dalam tubuh yang sangat tinggi dapat menyebabkan penyakit kencing manis. Minumlah air putih delapan hingga sepuluh gelas air perhari. Untuk Anda yang  sibuk beraktivitas atau berolahraga apalagi di tempat yang terik, jangan sampai kesibukan Anda melupakan Anda meminum air putih. Bila tubuh kekurangan cairan, tubuh akan mengalami dehidrasi serta proses pembuangan racun dan logam berat tubuh tidak lancar. Dengan memenuhi kebutuhan cairan, tentunya tubuh akan terasa lebih bugar untuk beraktivitas sehari-hari.

3. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang via http://www.gudangkesehatan.com

Selain minum air putih, makanan sehat asupan tubuh kita juga penting untuk hidup sehat. Makanan sehat tidak harus mahal. Cukup dengan mengkonsumsi makanan rumah walaupun sederhana asalkan sesuai dengan kecukupan gizi dan diolah dengan higienis. Makanan dengan gizi yang cukup sehari-hari wajib mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Karbohidrat dan lemak berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh. Protein juga tidak kalah penting untuk menjaga fungsi enzim, sel-sel, dan senyawa dalam tubuh agar dapat bermetabolisme dengan optimal. Jangan lupa untuk mengkonsumsi serat. Serat dan air putih dapat membantu melancarkan pembuangan sisa-sisa makanan dan zat-zat berbahaya dari dalam tubuh. Saat makan, jangan berlebihan. Makanlah sesudah lapar dan berhenti sebelum kenyang.

4. Hindari stress

Salah satu cara mudah untuk hidup sehat yaitu mengurangi stress dan memberi ruang bagi otak Anda. Anda yang mungkin terlalu sibuk dengan pekerjaan Anda lebih berisiko mengalami stress. Untuk meminimalisir dan bahkan mencegah stress, alihkan pikiran Anda dari aktifitas kantor atau pekerjaan dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan atau kegiatan yang ringan, seperti mengerjakan hobi, berlibur bersama sahabat atau keluarga, atau bahkan dengan melakukan hal-hal yang sederhana seperti bekerja sembari mendengarkan musik, merilekskan tubuh sesaat, dan lain sebagainya.

5. Lakukan aktifitas dengan seimbang

Lakukan aktifitas dengan seimbang

Lakukan aktifitas dengan seimbang via http://www.gudangkesehatan.com

Imbangi aktifitas Anda dengan istirahat yang cukup. Orang dewasa idealnya membutuhkan waktu untuk istirahat atau tidur sekitar 7 hingga 8 jam per hari. Selain tidur cukup, lakukan olahraga secara teratur minimal 30 menit setiap hari. Tubuh akan melemah apabila terlalu diforsir untuk terus beraktifitas. Jam tidur yang terlalu banyak juga tidak baik untuk tubuh kita. Berolahraga secara terus menerus alias tanpa kenal waktu juga bukan cara yang tepat untuk hidup sehat. Menyeimbangkan kegiatan dengan istirahat sudah menjadi jalan terbaik untuk tubuh anda. Dibarengi dengan olahraga, guna merileksasikan otot-otot yang tegang akibat kegiatan-kegiatan keseharian anda.

6. Minum Suplemen

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk meminum suplemen gizi untuk tetap menjaga kualitas kesehatan tubuh Anda. Terlebih Anda memiliki aktifitas yang sangat padat. Meski Anda menambahkan suplemen ke dalam tubuh Anda, Anda tetap harus memperhatikan asupan nutrisi sehari-hari Anda. Pastikan bahwa nutrisi yang Anda konsumsi sehari-sehari mengandung gizi yang lengkap dan seimbang. Suplemen juga diperlukan ketika tubuh sedang dalam masa penyembuhan pasca sakit. Terdapat banyak sekali suplemen yang dijual di apotek. Pastikan Anda memilih suplemen yang tepat dan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Jika anda ingin suplemen untuk otak anda, anda dapat membeli vitamin ikan yang kaya akan Omega.

7. Kurangi atau bahkan hindari berbagai jenis minuman soda dan minuman beralkohol

Kurangi atau bahkan hindari berbagai jenis minuman soda dan minuman beralkohol

Kurangi atau bahkan hindari berbagai jenis minuman soda dan minuman beralkohol via http://www.gudangkesehatan.com

Mengapa minuman bersoda dan minuman beralkohol sangat tidak dianjurkan untuk diminum? Minuman yang mengandung soda memiliki kandungan pemanis buatan yang tinggi. Pemanis buatan yang terus menerus menumpuk di dalam tubuh akan membawa dampak yang tidak baik kesehatan tubuh. Ada beberapa risiko penyakit yang dapat ditimbulkan hanya karena terlalu sering meminum minuman bersoda. Sebut saja salah satunya adalah obesitas. Seseorang dengan tubuh yang obesitas memiliki risiko yang lebih tinggi untuk menderita diabetes. Sementara itu, minuman beralkohol juga berpotensi menimbulkan berbagai risiko penyakit berbahaya, seperti kerusakan hati, tumor hati, memperparah penyakit, darah tinggi, dan masih banyak lainnya.

8. Mencuci tangan itu wajib

Mencuci tangan itu wajib

Mencuci tangan itu wajib via http://www.gudangkesehatan.com

Biasakan untuk mencuci tangan karena mungkin tangan menjadi sarang kuman, bakteri, atau virus. Cucilah tangan dengan sabun yang mengandung zat antiseptik agar kuman, bakteri, dan virus yang menempel di tangan mati. Gunakan air bersih yang mengalir untuk membasuh kedua tangan.

9. Tidak merokok

Siapa yang tidak tahu bahaya rokok. Sebagian besar orang mengetahui bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Baik perokok aktif maupun perokok pasif, keduanya memiliki risiko tinggi untuk terkena beberapa penyakit kronis. Contohnya seperti hipertensi, kanker, gangguan pada janin, penyakit jantung, dan masih banyak lainnya. Oleh kerananya, bagi Anda yang saat ini masih aktif merokok, perlahan kurangi kebiasaan merokok Anda dan bila perlu hentikan kebiasaan merokok Anda. Selain merugikan kesehatan, merokok juga dapat ‘menguras’ isi dompet Anda.

10. Sarapan Sehat

Sarapan sebaiknya tidak dilewatkan karena sarapan yang Anda konsumsi di pagi hari dapat mensuport semua aktifitas Anda hingga siang hari. Menu sarapan yang sehat adalah menu-menu yang kaya akan serat. Jangan lupa pasangkan menu sarapan Anda dengan air putih. Sarapan yang kaya akan kandungan serat dan air putih adalah kombinasi makanan dan minuman yang sangat penting untuk membantu proses pembuangan berbagai racun dan sisa-sisa makanan yang ada di dalam tubuh. Selain serat, tambahkan jenis nutrisi lain yang mengandung lemak sehat, karbohidrat, dan protein hanya saja diatur porsinya. Menu sarapan sebaiknya tidak terlalu banyak kandungan karbohidrat karena akan membuat Anda mengantuk akibat lamanya proses pencernaan karbohidrat.