Hmmm Setelah lebih dari 20 tahun menjadi manusia dan berinteraksi dengan mereka, manusia ternyata memiliki sifat-sifat yang cukup menarik dan sering kali membuat kita perlu untuk mengenali spesies kita lebih mendalam. Berikut adalah hal-hal yang saya rasakan mengenai spesies kita sebagai manusia.

 

1. Terkadang Punya "Tanduk" dan Terkadang Punya "Sayap"

Angel + Devil = Manusia

Angel + Devil = Manusia via http://shereelee.deviantart.com

Manusia itu ternyata tidak ada yang JAHAT sekali atau pun BAIK sekali seperti yang ada di sinetron - sinetron Indonesia. Setiap manusia mempunyai sifat keduanya dan muncul secara bergantian. Singkatnya, tidak ada manusia yang bisa di-labeli salah satu sifat tersebut, bahkan preman atau penjahat sekalipun karena dia bisa saja jahat dengan orang lain tapi sangat penyayang dengan orang yang dicintainya. Oleh karena itu manusia harus memutuskan untuk lebih dominan di sifat yang mana. Apakah lebih menuruti sisi malaikatnya atau sisi ke-iblis-annya.

2. Cenderung Tidak Bisa Mendengar Kabar Baik Tentang Orang Lain

Sometimes Good News is a Bad News!

Sometimes Good News is a Bad News! via http://www.nai500.com

Kebanyakan manusia ternyata tidak bisa mendengarkan KABAR BAIK tentang orang lain. Sahabat, saudara bahkan pertemanan yang cukup lama pun tidak bisa mengelak bahwa ada rasa ‘kurang nyaman’ di hatinya ketika mendengarkan kabar baik tentang hidup orang-orang terdekatnya. Sebagian dari mereka ada yang tertekan atau minder saat mendengar hal-hal baik terjadi dalam hidup kerabatnya. Hal tersebut menurut saya manusiawi, tetapi akan berubah menjadi buruk jika manusia tersebut memiliki penyakit hati seperti dengki, iri dan dendam ketika melihat membaiknya hidup orang lain.

3. Punya Banyak Kekurangan? Jadi Korban Bully.. Punya Banyak Kelebihan? DIBULLY JUGA COY!

Manusia, yang kamu lakukan ke saya itu... JAHAT!

Manusia, yang kamu lakukan ke saya itu... JAHAT! via http://blogs.dunyanews.tv

Manusia akan mem-BULLY orang lain karena dua alasan, Pertama, karena orang tersebut memiliki kekurangan yang cukup mencolok atau Kedua, orang tersebut memiliki banyak kelebihan. Banyak sekali manusia yang membuat lelucon/guyonan dari kekurangan orang lain kemudian tertawa dan menikmati hal tersebut. Rata-rata manusia seperti ini datang dari latar belakang yang tidak terlalu terdidik atau memang sudah memiliki hati yang keji. Kemudian ada juga karena melihat temannya memiliki banyak kelebihan seperti cantik/tampan, pandai, terkenal, baik, kaya dan disukai banyak orang, sebagian teman - temannya akan membuat julukan yang buruk untuknya atau berfokus kepada kekurangannya agar kelebihan temannya itu tidak terlalu kelihatan. Tapi ajaibnya, rata-rata kehidupan orang yang suka mem-bully cenderung biasa-biasa saja atau tidak special sama sekali jika dibandingkan dengan orang yang di-bully-nya. Jadi Stop Bullying Guys!

4. I am THE BEST!!

Be The Best = Human!

Be The Best = Human! via http://revolutionconditioning.com

Manusia akan sekuat tenaga untuk menjadi yang TERBAIK dalam kehidupan ini karena faktanya manusia hidup di dunia yang sebetulnya “tidak terlalu adil”. Mengapa? Sebab faktanya manusia hanya akan memperhatikan sebagian orang lain sedangkan sebagian lainnya sama sekali tidak diperhatikan. "Felix Y Siauw"

5. Peniru Terbaik di Muka Bumi!

Manusia belajar meniru orang yang di sukai nya.. Klasik!

Manusia belajar meniru orang yang di sukai nya.. Klasik! via http://youfollower.com

Manusia itu tidak ada yang ORIGINAL. Dirinya yang ideal terbentuk dari memperhatikan dan meniru orang-orang yang disukai/favoritnya, kemudian dia menjadi pribadi yang baik atau buruk tergantung dari siapa saja yang disukainya. Maka manusia disarankan untuk lebih berhati-hati saat mengidolakan seseorang/figure.

6. Waktu Adalah Sebaik-baiknya Alat yang Mengubah Hidup Manusia

Time can change a person!

Time can change a person! via http://statusmind.com

Manusia adalah mahluk yang bisa BERUBAH sewaktu-waktu. Setahun yang lalu mungkin dia adalah pribadi yang buruk, setelah tiga tahun kemudian dia menjadi sosok yang baik dan luar biasa atau sebaliknya. Setiap manusia bisa berubah dikarenakan beberapa hal terjadi dalam hidupnya seperti mendapatkan sebuah ujian yang dirasanya berat, bertemu dengan “seseorang”, kembali sehat/sembuh kembali atau mengalami penyakit yang parah dsb.

7. NOBODY'S PERFECT!

Manusia tidak ada yang SEMPURNA. Banyak sekali kasus orang-orang yang mengganggap kehidupan orang lain begitu sempurna dan bahagia sedangkan kehidupannya tidak indah sama sekali. Padahal kenyataannya tanpa mereka sadari ada hal yang dia miliki tidak kita miliki, dan ada yang kita miliki yang tidak dimilikinya.

8. Manusia Berpikir Punya Banyak Kawan Baik. Pas Lagi Apes? Yang Datang Mendekat Cuma Beberapa Saja

Coba hitung lagi kawan terbaikmu..

Coba hitung lagi kawan terbaikmu.. via http://epicmantips.com

Manusia biasanya akan TERSADAR tentang berapa banyak sahabat/kawan sejati yang dimilikinya setelah mengalami suatu kesusahan, kemalangan, atau sedang jatuh dalam hidupnya. Rata-rata yang sudi mendekatinya hanyalah kawan-nya yang benar-benar menerima dirinya apa adanya.
 

9. Pengkritik yang "Jujur" dan "Apa Adanya"!

Penilai yang jujur tentang manusia lain = Manusia juga

Penilai yang jujur tentang manusia lain = Manusia juga via http://searchquotes.com

Setiap manusia, sebaik apa pun dia, pasti akan ada yang tidak menyukainya. Mereka biasanya dikenal dengan istilah HATERS. Bahkan ada sebuah ungkapan yang mengatakan “ Terkadang manusia tidak perlu menjelaskan panjang lebar tentang kebaikan dirinya… Karena yang mencintainya tidak butuh itu sedangkan yang membencinya tidak percaya itu”.

10. Setiap Manusia Punya Latar Belakang dan Karakter Yang Berbeda-Beda

Karakter tiap Orang berbeda! Jadi Harus Pandai 'Melihat' orang..

Karakter tiap Orang berbeda! Jadi Harus Pandai 'Melihat' orang.. via http://4vector.com

Manusia dituntut agar PANDAI dalam situasi apapun khususnya dalam pergaulan karena selama hidupnya ia akan bertemu dan bergaul dengan banyak jenis orang. Ada orang yang baik, buruk, terlihat baik padahal penipu, terlihat seperti penjahat ternyata orang yang baik dsb. Jadi kepekaan hati dalam menilai seseorang harus diasah agar tidak salah dalam bergaul yang bisa berakibat fatal dimasa depan.

 

Pada Inti nya menjalani kehidupan sebagai Manusia memang tidak mudah. Tapi hal itu bukan menjadi alasan untuk tidak menjadi Manusia yang baik dan bermanfaat untuk Manusia lainnya. Be a Good Person!