Kamu seorang perantau yang dari SMA, kuliah, dan kerja semuanya di luar provinsi tempat tinggal? Nih, beberapa hal yang mungkin udah fasih kamu rasain. Nggak cuma kenangan-kenangannya yang sukses bikin kita terharu, tapi hal-hal gila yang nggak akan didapatkan mereka jika belum pernah merantau. Penasaran apa saja?

1. Buta tempat baru. Kamu nggak tahu kafe yang lagi ngehits di kampung halamanmu saat ini? Fix, kamu pasti udah merantau lama!

Keep calm and go to reunion via https://www.pexels.com

Hey, lebaran pulang nggak? Reunian yok, di kafe xx yang di jalan Anggrek tanggal xx. Dateng lho!

Eum.. di kafe xx ya, oke gue dateng.

Dalam hati, Emaak, dimanakah itu kafe xx??

2. Nggak cuma buta tempat baru, buta arah juga. Mau ke suatu tempat tapi nggak tau jalannya? Udah biasa kamu rasain kalau udah merantau lama

Tempatnya di depan, eh beloknya kiri via http://bloomingedelweiss.blogspot.co.id

Gaes, gue udah di jalan Anggrek nih, tapi kafe xxnya di mana ya? Kok gue nggak nemu-nemu?

Elo ke jalan Anggrek masuk dari yang sebelah mana cuy? Kalau masuknya dari sebelah masjid, elo belok kanan terus belok kiri sampe nemu perempatan. Kalau elo masuknya dari sebelah gardu, elo tinggal lurus aja 500 meter ntar kafenya ada di sebelah kanan jalan

Kamu : tengok kanan-kiri. Gue tadi masuk dari mana? Tut.. tut.. tut..

3. Nggak dateng ke pernikahan teman atau saudara? Sebenarnya kamu nggak tega, tapi mai gimana? :’)

Advertisement

Ngasih kado dan nggak nyicip makanan.. T.T via https://www.pexels.com

Pas lagi teleponan sama emak dan emak bilang : Eh, ada undangan nih, dari temen SDmu, minggu depan dia nikah. Besoknya, Si Rita, sepupumu mau nikah Jumat ini, mau ngasih kado apa?

Iya, bagi kamu yang sedang merantau, pasti khatam rasanya cuma kirim kado ke pernikahan teman atau saudara dan nggak nyicipin makanan di kondangan. Kasian…

4. Bagi kamu yang pulang ke rumah pas lebaran aja, pasti kaget melihat keponakan-keponakan baru yang bermunculan

Gerombolan krucil darimana nih? via https://www.pexels.com

Tante/Om.. bagi THR dong..

Dih, siapa nih bocah-bocah kecil ini

Emak di sebelah langsung turun tangan melihat kamu kebingungan. Kenalin, itu anak-anaknya mbak Feni tetangga depan, itu anaknya sepupumu Nindy, itu anaknya tante Rini..

Kamu dalam hati cuma ooh..

5. Nggak cuma keponakan-keponakan baru, tapi juga suami, istri, sepupu, teman, tetanggamu yang baru kamu lihat

Maaf, mbak/mas siapa ya? via http://ahyapradana.blogspot.co.id

Mbak xx ya? Gimana tinggal di xx? Betah?

Eh ya gitu Mas, dibetah-betahin. Ngomong-ngomong Mas ini siapa ya?

Oh iya, kenalin. Saya Vino, suaminya Marsha. Bulan kemarin pas kami nikah, Mbak nggak bisa dateng ya?

Ooh iya.. kenalin, saya..

6. Kalau kamu merantau dari SMA, temanmu di kampung halaman pasti terbatas. Pas pulang kampung, pasti kamu bingung mau hangout sama siapa

Hangout yuk! *ngomong sama tembok T.T via https://www.pexels.com

Si ini udah nggak tau di mana, si itu udah nikah jadi agak susah diajak jalan. Si dia lagi S2 di Jepang. Si.. yah.. udah nggak ada lagi yang gue kenal..

7. Giliran kamu yang nikah, teman yang mau diundang pun terbatas

Mau undang siapa nih ya? via https://www.pexels.com

Undang si ini, itu, sama dia aja deh. Nggak ada yang gue kenal selain mereka. Yah nasib deh, teman-teman kebanyakan di daerah perantauan semua, teman di kampung halaman cuma segelintir.

8. Kaget sama perubahan-perubahan di lingkungan sendiri. Jangan-jangan kamu tersesat!

Hidup perantau! via https://www.pexels.com

Setahun nggak pulang, udah kaget sama jalan depan rumah yang sekarang udah dipasang lampu jalan. Jalan becek dekat SPBU yang sekarang udah nggak becek lagi. Garasi rumah yang udah berubah. Sampai pohon jambu air depan rumah yang ketika kamu merantau ditebang sama babe.

Yah Be kok ditebang? Kan jambunya manis, enak dibuat rujak.

Babe said : Ngehalangin kabel, lagian kamu nggak di rumah. Nggak ada lagi yang metikin jambunya.

Yah..

9. Nggak tahu objek wisata baru di kampung halaman yang lagi ngehits di Instagram

Sedih neng Bang, nggak tau tempat hits di kampung halaman via https://www.pexels.com

Eh Sis, lo dari Lampung kan?

Iya, kenapa Sis?

Udah pernah ke xx? Itu lagi ngehits banget tuh, katanya tempatnya bagus, jauh nggak dari rumah lo?

Ya.. kayaknya sih bagus..

Dalam hati, mana gue tahu, gue kan sepanjang tahun di sini bareng elo dan belum sempet pulang kampung

10. Tapi, pendewasaan dan keterbukaan pikiranmu dimulai dari sini. Bersyukurlah!

Mom and Dad, one day i’ll make you proud via https://www.pexels.com

Beberapa waktu nggak pulang, nggak cuma lingkungan yang banyak berubah. Orang-orang juga, dan juga.. orang tua kita. Mungkin pas kita pulang tahun kemarin, belum ada keriput di sudut mata orang tua kita. Pas kita pulang setahun kemudian, rambut orang tua kita mulai memutih. Kayak kata-katanya Bruno Mars "Love your parents, we are so busy growing up, we often forget they are growing old".

Merantaulah, tapi ingat, bahagiakan dan kunjungi orang-orang yang kamu sayangi yang menunggumu kembali pulang ke kampung halaman. Hidup perantau! Kita kudu strong!