1. Bikin cerita versi kamu alias tulis fan fiction berdasarkan film favoritmu

Jika menurut kamu ending di film terasa datar, biasa-biasa saja, bahkan anti klimaks, ini saatnya kamu menuangkan imajinasimu dalam bentuk cerita fiksi. Tentu kamu ingat bagaimana perasaanmu ketika credit title tanda film sudah selesai, keluar bioskop, efek 3D yang keren sehingga kamu engga menyesal telah mengeluarkan kocek lebih daripada menonton film dengan harga reguler, soundtrack lagunya yang terus terngiang dikepala. Tapi ada yang kurang greget, entah jalan ceritanya atau endingnya yang anti klimaks. Hidupkan kembali semangat membangun cerita baru dengan mendengar lagu original soundtracknya atau melihat trailernya di YouTube.

2. Ciptakan karya ilustrasi buatanmu yang terinspirasi dari tokoh favoritmu di film

Lala Land ilustration via https://www.artstation.com

Untukmu yang mempunyai hobi gambar, kenapa engga memanfaatkan hobimu untuk membuat gambar ilustrasi tokoh film favoritmu lalu upload di social media yang kamu punya? Jika perlu beri caption yang berkesan mengapa kamu menyukai film tersebut, tag artis/aktor dan orang-orang yang telah berjasa membuat film tersebut. Hal ini tentunya lebih berkelas dibanding merekam film di bioskop lalu menguploadnya di social media. Para film maker pasti bangga dan terharu karena mereka telah menciptakan film yang membuat penontonnya susah move on hingga menciptakan ilustrasi untuk film yang mereka garap.

3. Tulis review film di blog membantu orang-orang mengetahui apakah film tersebut layak tonton atau sebaliknya.

Cara menulis ulasan film via http://nikenbicarafilm.blogspot.co.id

Advertisement

Cara ini tentunya sudah sering dilakukan dan sudah banyak kritikan film di internet. Idealnya mereview film sebaiknya ditulis setelah beberapa minggu film diputar di bioskop. Kecuali kamu berinisiatif memberi tahu pembaca bahwa tulisanmu mengandung spoiler dan memperingatkan agar jangan membaca sebelum menonton filmnya terlebih dahulu. Masih ingat kan Dian Sastro akan memblokir netizen yang membocorkan film AADC 2 di social media?

4. Dengan membeli official merchandise artinya kamu benar-benar menyukai film tersebut hingga rela berhemat demi membeli satu set brush face Wonder Woman seperti dibawah ini

cutest face brush ever! via https://www.instagram.com

Dengan membeli official merchandise film, berarti kamu mendukung industri perfilm tersebut. Tak hanya film-filmnya yang keren untuk dikoleksi, tapi juga pernak-pernik atau aksesoris yang menjadi simbol di film tersebut. Biasanya official merchandise dijual di official web mereka atau toko-toko offline dengan harga yang tentu tak bisa dibilang sedikit. Jadi kalau kamu benar-benar ingin mengkoleksi pernak pernik yang menjadi ciri khas film favoritmu, siapkan budget untuk mendukung keinginan tersebut.

5. Foto OOTD (Out Of The Day) dengan memakai atau bergaya ala tokoh film lalu upload di Instagram dengan hashtag yang mengandung film favoritmu

Sneezy Outfit Style via http://disneybound.co

It's time to fashion or ootd lovers! Film yang bagus tentunya didukung oleh penata busana yang hebat. Karena bagus atau tidaknya suatu film tidak lepas dari penataan busana itu sendiri. Atau pernah saat kamu sedang menonton suatu film lalu terkesima dengan pakaian yang mereka pakai? Bahkan kamu berniat membuat fashion item yang menginspirasi sang tokoh film? Bayangkan foto OOTD-mu muncul diantara upload-an rekaman isi film? Pastinya foto OOTD di akun instagram kamu paling beda diantara mereka yang hanya meng-upload potongan film tanpa tahu bahwa ada cara lain yag lebih keren untuk mengungkapkan "Susah move on dari film Beauty and The Beast!!" Engga salah kalau kamu mencontek gaya berpakaian atau memakai fashion item yang menggambarkan tokoh film tersebut. Engga harus beli baru untuk bergaya.

6. Datangi lokasi pembuatan film atau tempat-tempat yang menginspirasi film tersebut

Hagia Sophia in Dan Brown’s Inferno via http://www.istanbultours.com

Memang engga bisa dipungkiri bahwa film bisa mendongkrak popularitas suatu tempat menjadi lebih ramai sebelum film tersebut dibuat. Seperti cewek ini yang datang ke lokasi film Perancis berjudul Amelie di Paris lalu memotret tempat-tempat disana dengan menyertakan foto-foto scene film tersebut

Kalau kamu niat banget atau punya budget lebih, cara ini asyik dan seru untuk kamu yang doyan jalan-jalan. Engga ada yang lebih mengasyikan untuk seorang penggemar Harry Potter berkunjung ke Leadenhall Market yang merupakan kompleks pertokoan dimana penyihir bisa berbelanja kebutuhan sihir mereka-bernama Diagon Alley dan The Leakey Cauldron. Atau kamu penggemar film lawas, siapa yang engga kenal filmnya Julia Roberts dan Hugh Grant yang bersetting di sebuah tempat bernama Notting Hill di Inggris? Toko buku kecil di pinggiran kota di Inggris menjadi lokasi pertemuan Anna Scott dengan William Thacker. Sama seperti list nomor 4, kamu harus menyiapkan budget untuk berjalan-jalan di lokasi film favoritmu.

7. Bikin lirik lagu. Kalau bisa main alat musik, lebih bagus lagi coba bikin lagu.

Biarkan imajinasi tumbuh setelah menonton suatu film. Biarkan kata-kata bergelut dalam benakmu. Rangkai imajinasi, kata-kata, dan kalimat yang menginspirasimu setelah keluar dari studio bioskop menjadi sebuah lagu. Kalau kamu engga punya bakat main alat musik, bisa minta tolong teman atau saudaramu mengiringi lirik lagu buatanmu dengan alat musik. Berkreasi boleh tapi bedakan antara menginspirasi dengan menjiplak ya.

8. Crafting membuat barang-barang atau aksesoris yang menjadi ikon di film favorit

DIY Beauty and The Beast Enchanted Rose via http://nellecreations.com

Kamu pengen banget punya benda – benda yang ada di film kesukaan tapi di satu sisi juga memikirkan ketentraman dompetmu biar engga jebol. Sudah lama incer koleksi salah satu official merchandise, tapi pas duitnya sudah terkumpul ternyata sold out. Untuk kamu yang doyan otak-atik benda jadi lebih berguna atau suka sama printilan, hiasan yang cantik banget dipajang di kamar, coba putar otak kira-kira benda apa yang bisa kamu bikin untuk menyalurkan hobimu mengkoleksi barang – barang yang ada di film favoritmu. Pasti kamu ingat dong benda yang paling berarti untuk Beast di film Beauty and The Beast, yaitu setangkai mawar didalam wadah kaca? kalau merasa sekian juta itu terlalu mahal

9. Masak masakan yang ada di film – film bikin kamu beneran susah move on

Turkish Delight recipe from The Chronicles of Narnia via https://www.youtube.com

Bagaimana jika makanan yang dimakan tokoh film, juga dimakan olehmu? Mari bawa masakan yang ada di film fiksi ke dapurmu! Tak ada yang menyenangkan selain mencoba resep masakan terbaru untuk kamu yang suka masak apalagi inspirasinya dari film favorit. Makanan yang kamu tonton atau baca bisa kamu wujudkan di dunia nyata. Mungkin sudah ada yang kenal dengan Bryton Taylor? Dia blogger dan vlogger dari Australia yang terinspirasi membuat masakan dan crafting yang ada di buku dan film. Kamu bisa tonton di akun Youtube-nya untuk menemukan inspirasi. Lewat blognya yang bernama In Literature, Bryton membuat makanan dan minuman yang terinspirasi dari buku dan film, dari novel 50 Shades of Grey hingga The Great Gatsby.

10. Masih gagal move on juga? Tulis surat yuk untuk pemain film yang kamu tonton

pakai kartu pos biar epik via http://www.lovepanky.com

Katanya sebaik-baiknya cinta adalah cinta yang diungkapkan. Ungkapkan kesan dan pesanmu melalui surat untuk aktris/aktor bahkan crew yang terlibat dalam pembuatan film favoritmu.Surat yang bener-bener ditulis pakai kertas atau langsung via email. Bukan sekedar mention Twitter atau tulis di komen kolom Instagram ya! Kamu pasti berasa special ketika mendapat surat cinta dari orang kamu taksir/cinta. Berasa romantis karena hanya kita sendiri yang tahu perasaan orang tersebut ke kita.

Tulis surat untuk aktris/aktor yang bikin kamu baper setelah menonton filmnya. Isi suratnya terserah kamu seperti tujuan kamu menulis surat tersebut karena baper dan belum move on sama akting dia di film tersebut, scene mana aja yang jadi favorit kamu, sampai kesan kamu menonton film tersebut. Kenapa harus surat? Karena kalau kamu tulis di social media dan mention ke aktris/aktor lalu menceritakan semuanya, semua orang jadi tahu dong? Sama saja seperti kamu menceritakan keseluruhan isi film ke public. Biarkan hanya Tuhan, si cast, dan kamu yang tahu isi suratnya.