Beberapa hari lagi 2016 akan berakhir dan akan berganti tahun, selama tahun 2016 banyak hal yang terjadi di indonesia dan di dunia yang menjadi viral di media sosial, untuk mengingatkan kembali kejadian – kejadian selama setahun terakhir, berikut hal – hal yang menjadi viral selama tahun 2016  :

1. Bom Sarinah

bom sarinah via http://kabar24.bisnis.com

Peristiwa bom Sarinah mengagetkan publik di awal tahun 2016. Sejumlah bom meledak di pos polisi, gerai Starbucks, dan Menara Cakrawala yang terletak di kawasan Sarinah tanggal 14 Januari. Akibat bom Sarinah, delapan orang meninggal dunia. Kejadian ini pun menjadi viral dimedia sosial, bahkan ada yang membuat hoax dan dibagikan melalui broadcast via whatsaap dan bbm bahwa bom di sarinah akan berlanjut.

2. Jessica Kumala Wongso dan Racun Sianida di Kopi Mirna

Kasus kopi sianida via http://www.kuliahhukum.com

Kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin juga mengejutkan orang-orang di awal tahun 2016. Wayan Mirna Salihin meninggal dunia setelah meminum es kopi Vietnam di kafe Olivier, Grand Indonesia, Jakarta tangga 12 Januari. Wayan Mirna Salihin diduga diracuni temannya, Jessica Kumala Wongso yang sampai di kafe lebih awal dan memesan minuman. Jessica Kumala Wongso dituduh memberikan racun sianida ke dalam minuman Wayan Mirna Salihin.

Advertisement

Persidangan ini pun dilaksanakan secara terbuka, sehingga banyak warga yang ingin melihat dan penasaran dengan kasus ini, komentar pro dan kontra pun bermunculan, sampai pada akhirnya hakim memutuskan hukuman untuk jessica dengan hukuman 20 tahun penjara.

3. Gerhana Matahari Total

gerhana matahari via http://global.liputan6.com

Gerhana Matahari Total yang terjadi di akhir bulan Maret 2016 juga tak luput dari sorotan para pengguna media sosial. Banyak sekali antusias dari masyarakat dalam menyambut datangnya Gerhana Matahari Total ini. Indonesia adalah salah satu wilayah terbaik untuk menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Total ini.

Serunya menikmati pemandangan alam yang sangat langka ini juga diabadikan oleh masyarakat melalui akun – akun pribadi mereka di media sosial. Gerhana Matahari Total ini menjadi viral yang pernah menghiasi dunia di tahun 2016.

4. Pokemon Go

pokemon go via http://youthlogix.com

Permainan Pokemon Go sempat menghebohkan masyarakat di seluruh dunia pada bulan Juli hingga Agustus 2016. Pokemon Go adalah permainan smartphone berbasis augmented reality. Permainan ini menggabungkan dunia virtual dan nyata. Lewat Pokemon Go, Anda akan diajak untuk mencari Pokemon yang tersebar di sejumlah lokasi. Wujud Pokemon hanya ada di dalam smartphone, tetapi lokasi yang ditampilkan adalah lokasi nyata.

5. PPAP

Video lucu yang diperagakan oleh Kazohiko Kosaka atau yang dikenal lewat nama panggungnya yaitu Piko – Taro yang berjudul PPAP (Pen Pineapple – Apple – Pen) ini juga mejadi viral dimedia sosial pada bulan september 2016. Pikotaro menyanyikan lirik berbahasa Inggris, "I have a pen, I have an apple. Apple pen". Lirik inilah yang menjadi kepanjangan dari kata PPAP. Kepopuleran PPAP membuat video ini kerap dijadikan parodi di media sosial oleh masyarakat awam hingga selebriti.

6. Terpilihnya Donal Trump menjadi Presiden Amerika Serikat

Donal Trump menjadi Presiden AS via http://www.bbc.com

Di luar dugaan banyak pihak, Pemilihan Presiden (Pilpres) AS kali ini dimenangkan kandidat dari Partai Republik Donald John Trump. Trump menyingkirkan Capres Partai Demokrat, Hillary Clinton. Dengan kata lain, Trump menjadi Presiden terpilih Amerika Serikat ke-45 dari penghitungan yang digelar hari Rabu, 9 November 2016. Kemenangan Trump ini pun menjadi viral di media sosial, banyak dari mereka yang membuat meme kocak tentang terpilihnya Donal Trump

7. Mannequin Challenge

Mannequin Challenge via http://www.youtube.com

Setelah PPAP menjadi viral, lalu ada lagi Mannequin Challenge yang menjadi viral sejak bulan November 2016. Tantangan ini menampilkan aksi sejumlah orang berdiam diri seperti patung manequin di sela-sela kegiatan mereka. Aksi mereka direkam dalam bentuk video dengan lagu latar 'Black Beatles' milik rapper Rae Sremmurd.

Walaupun sebenarnya di era 90 an Desi Ratna Sari sudah lebih dulu membuat mannequin challenge ini hehe..

8. Aksi Damai 411 & 212

Aksi 411 dan 212 via http://www.suara.com

Aksi damai 4 November (411) dan 12 Desember (212) . Aksi ini merupakan bentuk tuntutan masyarakat agar calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi tersangka kasus penistaan agama. Selain menjadi bentuk tuntutan, sejumlah masyarakat juga menjadikan aksi 411 dan 212 sebagai solidaritas terhadap sesama umat Islam.

Banyaknya jumlah masyarakat yang ikut berpartisipasi membuat aksi damai 411 dan 212 menjadi viral di media sosial. Netizen ikut menjadikan aksi ini trending topic di Twitter Indonesia, membagikan foto kejadian hingga membahas keunikan sejumlah orang yang ikut hadir dalam aksi tersebut. Bukan hanya di indonesia di beberapa negara pun menayangkan aksi ini

9. Video Dora Natalia yang Marah-marah Kepada Polisi

Aksi Dora Natalia via http://www.suaranews.com

Pertengahan Desember kemarin, sebuah video yang melibatkan aparat keamanan dan masyarakat awam beredar di media sosial. Video ini memperlihatkan seorang pegawai Mahkamah Agung bernama Dora Natalia marah-marah kepada polisi Aiptu Sutisna. Tidak hanya marah-marah, Dora Natalia bahkan mendorong, menarik rompi polisi, dan mencakar Aiptu Sutisna. Video kejadian ini pun di unggah di beberpa media sosial dan menjadi viral.

10. Om telolet Om

om telolet om via http://www.merdeka.com

Ini dia yang terakhir menjadi viral di media sosial di akhir tahun, Berawal dari postingan anak-anak yang mengabadikan hasil rekaman aksi 'Om Telolet Om' di akun media sosial seperti Facebook hingga kanal video di YouTube dan jadi viral.

selebriti internasional dari mulai Zedd, The Chainsmokers hingga Bambam GOT7 yang ikut menulis Om Telolet Om di media sosial. Beberapa DJ seperti Firebeatz bahkan berinisiatif membuat remix dari Om Telolet Om. Alhasil Om Telolet Om sukses menjadi trending topic Twitter dunia selama dua hari.

Itulah beberapa hal yang menjadi viral di media sosial selama tahun 2016. Beberapa hari lagi kita akan menuju pergantian tahun, semoga di tahun 2017 kita bisa menjadi semakin baik lagi, dan kita tunggu apa saja yang akan menjadi viral di tahun 2017.